Latihan Bahasa Indonesia Kelas VIII Unsur-unsur Berita
# 8
Pilgan

Bacalah kutipan kedua teks berita di bawah ini!

Teks 1

Gempa hari ini kembali terjadi di Indonesia. Hingga pukul 18.00 WIB, setidaknya ada dua lindu getarkan Nusantara. Melansir laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kedua gempa yang terjadi berada di lokasi yang sama. Meski terjadi di lokasi yang sama, waktu dan kekuatan magnitudonya berbeda-beda. Gempa tersebut menggetarkan wilayah Provinsi Sulawesi Selatan. Gempa pertama terasa pada pukul 09:08:04 WIB. Lindu tersebut berkekuatan magnitudo 3,3 dengan kedalaman 15 kilometer.

Teks 2

Ratusan korban banjir dari Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, mengungsi ke ruko. Banjir setinggi leher pria dewasa membuat mereka meninggalkan desanya. Pantauan di lokasi, pengungsi didominasi perempuan bayi dan anak kecil. Namun bantuan untuk mereka masih belum mencukupi.


Persamaan penyajian kedua kutipan teks berita di atas adalah ....

A

kedua teks di awali dengan "di mana"

B

kedua teks di awali dengan "kapan"

C

kedua teks di awali dengan "bagaimana"

D

kedua teks di awali dengan "apa"

Pembahasan:

Kedua kutipan teks berita di atas sama-sama diawali dengan "di mana". Hal ini dibuktikan dengan penyebutan latar tempat di awal kalimat, yaitu:

Teks 1: Gempa hari ini kembali terjadi di Indonesia.

Teks 2: Ratusan korban banjir dari Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, mengungsi ke ruko.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan kutipan kedua teks berita di atas adalah kedua teks di awali dengan "di mana".