Latihan Bahasa Indonesia Kelas VIII Unsur-unsur Berita
# 7
Pilgan

Cermati berita berikut!

Papua resmi memberlakukan penutupan akses jalan masuk dan keluar melalui transportasi bidang pelayaran dan penerbangan. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19. Keputusan ini merupakan hasil kesepakatan antarA Gubernur Papua Lukas Enembe bersama Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkompinda) serta para bupati, saat rapat penanganan dan penanggulangan Covid-19 di Papua, Selasa (24/3/2020), di Gedung Negara Dok V Atas, Jayapura. 

(Sumber: www.papua.go.id, dengan penyesuaian)


Urutan penyajian teks tersebut adalah ....

A

apa - mengapa - siapa - kapan - di mana

B

mengapa - siapa - apa - kapan - di mana

C

apa - di mana - siapa - kapan - mengapa

D

kapan - mengapa - siapa - siapa - di mana

Pembahasan:

Dalam teks berita terdapat unsur-unsur berita yaitu 5W+1H (what, where, when, who, why, how). Pengertian masing-masing unsur terdapat di bawah ini, yaitu:

  • what: unsur yang menyatakan apa yang terjadi dalam berita.
  • where: unsur yang menerangkan di mana kejadian tersebut terjadi (ditandai dengan kalimat di- ke- dari- atau kalimat penghubung yang merujuk ke tempat lainnya).
  • when: unsur yang menerangkan kapan kejadian tersebut terjadi (ditandai dengan kata-kata yang berhubungan dan menunjukkan waktu).
  • who: unsur yang menerangkan siapa yang terlibat di dalam berita tersebut (merujuk pada orang, nama orang).
  • why: unsur yang menerangkan mengapa kejadian tersebut bisa terjadi (menyatakan alasan kejadian tersebut bisa terjadi).
  • how: unsur yang menerangkan bagaimana kejadian tersebut terjadi (biasanya menerangkan rentetan kejadian secara jelas dan sistematis)


Apabila kita cermati penyajian berita tersebut maka:

Menggunakan unsur penyajian apa - mengapa - siapa - kapan - di mana. Hal ini dibuktikan dengan kalimat bukti sebagai berikut:

  • apa → Papua resmi memberlakukan penutupan akses jalan masuk dan keluar melalui transportasi bidang pelayaran dan penerbangan. (walaupun ada keterangan tempat di situ namun hal yang lebih menonjol adalah unsur "what" atau "apa".)
  • mengapa → Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19. (menunjukkan keterangan alasan mengapa dilakukan penutupan akses jalan masuk dan keluar Papua.)
  • siapa → Keputusan ini merupakan hasil kesepakatan antara Gubernur Papua Lukas Enembe bersama Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkompinda) serta para bupati... (kata yang dicetak miring tebal tersebut menunjukkan siapa yang berada dan berkontribusi dalam berita tersebut, menunjukkan kata yang menunjukkan keterangan orang.)
  • kapan → saat rapat penanganan dan penanggulangan Covid-19 di Papua, Selasa (24/3/2020).... (Kata saat menunjukkan konjungsi waktu dilanjutkan dengan keterangan waktu yaitu: Selasa (24/3/2020)).
  • di mana → di Gedung Negara Dok V Atas, Jayapura. (menunjukkan keterangan tempat)