Latihan Bahasa Indonesia Kelas V Teks Eksplanasi
# 7
Pilgan

Bacalah teks berikut!

Adat istiadat merupakan suatu sistem norma atau tata kelakuan yang tumbuh, berkembang, dan dijunjung tinggi oleh masyarakat secara turun-temurun. Adat istiadat juga merupakan kebiasaan sosial yang sejak lama telah ada di masyarakat dan bertujuan untuk mengatur tata tertib dalam masyarakat tersebut.

Keberagaman budaya menjadikan adat istiadat beragam pula. Adat istiadat terbentuk sesuai dengan kebiasaan masyarakat setempat. Setiap suku yang ada di Indonesia memiliki adat istiadat yang berbeda. Sebagai contoh, tradisi masyarakat Jawa berbeda dengan masyarakat NTT, Bali, maupun Papua. Adat istiadat memiliki aturan khusus yang mengikat masyarakat. Adat istiadat memiliki nilai budaya yang luhur, bersifat mengikat suatu kelompok masyarakat yang tinggal di daerah tertentu, dan memiliki sistem hukum yang tegas bagi seluruh masyarakat.

Meskipun setiap daerah memiliki adat istiadatnya masing-masing, namun Indonesia harus tetap hidup rukun dan damai. Saling menghormati antar suku dan budaya seperti semboyan Bangsa Indonesia yaitu Bhinneka Tunggal Ika, yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. Perbedaan juga menjadi sebuah kekuatan sehingga memperkaya sifat budaya bangsa Indonesia serta persatuan dan kesatuan bangsa.

Teks tersebut termasuk jenis eksplanasi ....

A

alam

B

sosial

C

budaya

D

ekonomi