Latihan Bahasa Indonesia Kelas VII Menulis Teks Deskripsi
# 5
Pilgan

Perhatikan teks deskripsi berikut!

Tempat yang paling menarik di sekolahku adalah perpustakaan. Sekolahku memiliki perpustakaan yang unik. Tidak seperti perpustakaan lainnya dengan desain yang hampir tidak pernah berubah. Perpustakaan sekolahku selalu mengganti tema ruangan pada setiap semester. Sehingga saat para siswa masuk sekolah setelah libur semester, tema ruangan perpustakaan telah berganti dengan tema yang baru. Kali ini perpustakaan memilih tema keajaiban dunia. Kesan ketika memasuki ruang perpustakaan, rasanya seperti sedang berkeliling dunia.

Suasana yang unik sudah terasa sejak akan memasuki perpustakaan. Para siswa diharuskan menyerahkan kartu perpustakaan kepada petugas, kemudian kami akan mendapatkan gelang sebagai tanda bahwa kami sudah diperbolehkan masuk. Ini seperti masuk sebuah wahana wisata. Selanjutnya, kesan takjub saat masuk ke dalam ruang perpustakaan adalah ketika kami disambut dengan replika patung Liberty dan menara Eifel yang tingginya kurang lebih dua meter di sebelah kanan kiri pintu masuk. Replika ini terbuat dari karton yang dilukis dan disangga dengan pipa alumunium.

Dinding perpustakaan dilukis sedemikian rupa. Tampak gambar Spinx, Kabah, menara Pisa, dan Piramida yang memenuhi seluruh dinding di ruang perpustakaan. Rak-rak buku tersusun berjajar rapi dengan koleksi buku yang beraneka ragam disusun sesuai bidang ilmu. Terdapat juga sepuluh komputer yang disedikan untuk siswa yang ingin mengakses buku digital. Selain itu pada setiap meja terdapat katalog yang berisi informasi tentang situs-situs keajaiban dunia.

Penulisan judul yang tepat untuk teks deskripsi di atas adalah ....

A

Perpustakaan yang Unik dan Menyenangkan

B

Perpustakaan Yang Unik Dan Menyenangkan

C

perpustakaan yang unik dan menyenangkan

D

Perpustakaan Yang Unik dan Menyenangkan

Pembahasan:

Kaidah penulisan judul yang tepat pada teks deskripsi perlu diperhatikan. Kaidah penulisan judul yang tepat pada teks deskripsi sama dengan penulisan judul pada teks-teks lainnya, yaitu dengan memperhatikan ketentuan berikut:

  1. Setiap huruf di awal kata menggunakan huruf kapital
  2. Gunakan huruf kecil untuk preposisi, konjungsi, dan interjeksi
  3. Jika ada kata ulang, baik kata ulang murni dan kata ulang semu maka semua harus ditulis dengan huruf kapital di setiap awal kata

Dari pilihan jawaban yang diberikan, "Perpustakaan yang Unik dan Menyenangkan" adalah yang paling sesuai dengan kaidah penulisan judul yang benar.