Latihan Bahasa Indonesia Kelas V Kalimat Utama
# 6
Pilgan

Baca teks berikut ini dengan cermat.

Pemanasan global memicu perubahan iklim. Akibatnya, banyak satwa yang mencari tempat baru untuk bertahan hidup. Contohnya adalah spesies penghuni laut. Mereka merespons menghangatnya air laut dengan bermigrasi mencari perairan yang lebih dingin.

Namun yang menjadi masalah, tidak semua spesies hewan dasar laut adalah perenang yang andal. Sebuah studi yang diterbitkan jurnal Nature Climate Change menemukan ada beberapa spesies di Landas Kontinen Atlantik Barat Laut yang kurang andal berenang. Hewan tersebut, di antaranya, kerang, siput, bintang laut, dan cacing.

(Sumber: tempo.co dengan penyesuaian)

Kalimat utama paragraf pertama adalah ...

A

Para hewan laut bermigrasi karena terjadi perubahan iklim.

B

Perubahan iklim berdampak buruk bagi kehidupan hewan laut.

C

Karena pemanasan global, banyak satwa mencari tempat baru.

D

Pemanasan global memicu perubahan iklim.

Pembahasan:

Kalimat utama adalah kalimat yang berisi ide pokok yang menjadi gagasan utama untuk mengembangkan paragraf. Kalimat utama biasanya terletak di awal, di akhir, atau di awal dan akhir paragraf. Kalimat utama memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Berisi pernyataan umum.
  2. Berupa kalimat lengkap yang mempunyai arti jelas.
  3. Mengandung permasalahan yang dapat diuraikan lebih lanjut.
  4. Dalam paragraf induktif, kalimat utama ditandai dengan kata kunci, seperti jadi, oleh karena itu, dan dengan demikian.

Kalimat utama paragraf tersebut adalah Pemanasan global memicu perubahan iklim. Kalimat tersebut mengandung ide pokok yang dijelaskan lebih lanjut pada kalimat-kalimat setelahnya. Kalimat-kalimat setelahnya berisi penjelasan tentang dampak perubahan iklim bagi hewan laut.