Latihan Bahasa Indonesia Kelas V Kalimat Utama
# 5
Pilgan

Baca teks berikut ini dengan cermat!

Pohon kina bukan tanaman asli Indonesia, melainkan berasal dari Pegunungan Andes di Amerika Selatan. Kina dibawa ke Indonesia oleh seorang ahli botani dari Jerman bernama Franz Wilhelm Junghuhn pada abad ke-19. Kina dibudidayakan di Indonesia pertama kali untuk mengobati penyakit malaria yang menyerang pada saat itu. Kina tergolong dalam genus Cinchona, yaitu tanaman perdu besar atau pohon kecil hijau abadi yang tumbuh hingga ketinggian 5–15 meter.

Kina sangat cocok tumbuh di tanah pegunungan. Umumnya, pohon kina tumbuh pada ketinggian 1.050 hingga 1.500 meter di atas permukaan laut. Di Indonesia, pohon ini dapat hidup di tempat yang mempunyai ketinggian 800 hingga 2.000 mdpl. Pohon ini cocok dibudidayakan di tempat yang mempunyai curah hujan 2.000 hingga 3.000 mm/tahun. Karakteristik tanah yang cocok untuk budi daya kina adalah tanah yang subur, gembur, tidak bercadas, dan tidak berbatu.

(Dikutip dari berbagai sumber, dengan penyesuaian)

Kalimat utama paragraf kesatu adalah ...

A

Kina dibawa ke Indonesia oleh ahli botani dari Jerman.

B

Kina pertama kali dibudidayakan di Indonesia untuk mengobati penyakit malaria.

C

Pohon kina bukan tanaman asli Indonesia.

D

Pohon kina banyak tumbuh di dataran tinggi.

Pembahasan:

Kalimat utama adalah kalimat yang berisi ide pokok yang menjadi gagasan utama untuk mengembangkan paragraf. Kalimat utama biasanya terletak di awal, di akhir, atau di awal dan akhir paragraf. Kalimat utama memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Berisi pernyataan umum.
  2. Berupa kalimat lengkap yang mempunyai arti jelas.
  3. Mengandung permasalahan yang dapat diuraikan lebih lanjut.
  4. Dalam paragraf induktif, kalimat utama ditandai dengan kata kunci, seperti jadi, oleh karena itu, dan dengan demikian.

Kalimat utama paragraf kesatu adalah Pohon kina bukan tanaman asli Indonesia. Kalimat tersebut mengandung ide pokok yang dijelaskan lebih lanjut pada kalimat-kalimat setelahnya. Kalimat-kalimat setelahnya berisi penjelasan tentang asal-usul tanaman kina di Indonesia.