Latihan Bahasa Indonesia Kelas VII Menentukan Isi Teks Deskripsi
# 3
Pilgan

Perhatikan teks deskripsi berikut!

Wisata Alam Ketambe yang Berkesan

Ketambe merupakan objek wisata yang terletak di kaki Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Nama Ketambe sebenarnya adalah nama salah satu kecamatan di Kabupaten Aceh Tenggara. Dibutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari pusat Kota Kutacane, Aceh Tenggara untuk sampai pada objek wisata tersebut. Objek wisata tersebut banyak menarik wisatawan karena hutannya yang masih asri. Hal ini menjadikan Ketambe sangat cocok bagi para wisatawan pencinta alam. Tidak hanya pemandangan alamnya yang menarik, beberapa jenis satwa seperti burung, orangutan, rusa, monyet, dan harimau Sumatra bisa ditemui di sini.

Selama perjalanan menuju lokasi, para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan bukit-bukit dan hamparan lahan pertanian yang elok. Udara sejuk pun menyapa dengan sangat lembut. Saat memasuki area hutan, orangutan Sumatra tampak bergelayutan di atas pohon, sedangkan yang lain tampak melompat dari satu dahan ke dahan yang lain. Suara burung juga terdengar bersaut-sautan.

Ketambe tidak hanya dikenal sebagai tempat wisata dengan hutan dan satwanya, ada satu destinasi lagi yang tidak kalah menarik di Ketambe yaitu sungai. Sungai yang ada di Ketambe dikenal dengan Sungai Alas atau penduduk biasa menyebutnya Lawe Alas. Nama ini diambil dari suku yang mendiami daerah tersebut. Sungai Alas memiliki arus yang sangat deras dan kelokan yang tajam sehingga sangat sesuai untuk olahraga arung jeram.

Sungai di Ketambe juga memiliki sumber air panas yang banyak digunakan sebagai tempat pemandian. Sumber air panas ini tersebar di beberapa titik sungai. Untuk membedakan sumber air panas dan air sungai biasa dapat dilakukan dengan melihat warna bebatuan. Jika warna bebatuan tampak kemerah-merahan maka dapat disimpulkan bahwa di situ terdapat sumber air panas, namun jika warna bebatuan tampak seperti batu pada umumnya maka di situ kemungkinan adalah air sungai biasa. Wisata alam Ketambe yang beragam ini membuat kesan yang tak akan pernah terlupa. 

(Diadaptasi dari berbagai sumber dengan penyesuaian)

Apa saja objek wisata yang dideskripsikan dari teks di atas?

A

Objek wisata di Ketambe, yaitu hutan, gunung, dan laut.

B

Objek wisata di Ketambe, yaitu hutan, sungai, dan pantai.

C

Objek wisata di Ketambe, yaitu hutan, sungai, dan pemandian air panas.

D

Objek wisata di Ketambe, yaitu hutan, sungai, dan kebun.