Latihan Bahasa Indonesia Kelas VI Menggali Informasi (5W+1H)
# 9
Pilgan

Bacalah dengan seksama teks berikut!

Peristiwa Rengasdengklok

Peristiwa Rengasdengklok terjadi karena adanya perbedaan pendapat antara golongan muda dan tua tentang masalah kapan dilaksanakannya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Golongan tua menginginkan proklamasi didiskusikan terlebih dahulu dengan PPKI agar lebih aman dan menghindari pertumpahan darah. Sedangkan golongan muda ingin kemerdekaan segera diumumkan tanpa pengaruh dan campur tangan dari Jepang.

Pada tanggal 16 Agustus 1945 pukul 03.00 WIB, Sukarni dan sekelompok pemuda membawa Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat. Rengasdengklok dipilih karena hanya berjarak 80 km dari Jakarta, serta dianggap aman karena dekat dengan markas Pembela Tanah Air (PETA). Soekarno dan Hatta diungsikan ke rumah seorang petani yang bernama Djiaw Kie Song. Tujuan “penculikan” tersebut adalah untuk mengamankan keduanya dari penyerbuan yang rencananya akan dilakukan oleh ribuan rakyat dan PETA untuk melucuti Jepang.

Aksi “penculikan” Soekarno dan Hatta diketahui oleh Ahmad Soebardjo. Ahmad Soebardjo pun menanyakan keberadaan Soekarno dan Hatta kepada Wikana. Setelah berdiskusi, akhirnya diketahui jika keduanya disembunyikan di Rengasdengklok. Ahmad Soebardjo pun berinisiatif untuk menjemput Soekarno dan Hatta untuk dibawa kembali ke Jakarta. Ia langsung menuju ke sana dan tiba di Rengasdengklok pukul 18.00 WIB. Ahmad Soebardjo berusaha meyakinkan Shodancho Soebono, penanggung jawab di lokasi PETA tersebut, bahwa ia datang atas persetujuan para pemuda, termasuk Wikana, yang ada di Jakarta. Ahmad Soebardjo bahkan berani menjamin bahwa Proklamasi Kemerdekaan akan segera dilaksanakan di Jakarta.


Apakah pemicu terjadinya peristiwa Rengasdengklok?

A

Kekalahan Jepang atas Perang Dunia II.

B

Invasi dari Belanda setelah Jepang menyerah.

C

Perbedaan pendapat antara pemuda dan golongan tua tentang waktu pelaksanaan proklamasi.

D

Keinginan pemuda untuk segera melaksanakan proklamasi kemerdekaan.

Pembahasan:

Pemicu terjadinya peristiwa Rengasdengklok adalah perbedaan pendapat antara pemuda dan golongan tua tentang waktu pelaksanaan proklamasi. Informasi ini terdapat pada paragraf pertama dalam kalimat berikut:

Peristiwa Rengasdengklok terjadi dikarenakan adanya perbedaan pendapat antara golongan muda dan tua tentang masalah kapan dilaksanakannya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.