Latihan Bahasa Indonesia Kelas VII Teks Prosedur
# 3
Pilgan

Cermati teks prosedur kompleks berikut!

E-mail atau surat elektronik (surel) adalah sarana kirim mengirim online melalui jaringan komputer. Dengan memiliki surel, pengguna bisa melakukan berbagai aktivasi layanan digital melalui gawai apapun karena surel berfungsi sebagai identitas diri di internet. Selain itu, surel bisa menjadi sarana media pemasaran, karena melalui surel penggunanya bisa mengirimkan promosi produk kepada pengguna surel lain.

Salah satu platform surel yang ada di internet adalah Gmail. Gmail merupakan anak perusahaan Google dan siapapun bisa menggunakannya. Setelah mengetahui keuntungan memiliki surel, maka akan kami jabarkan cara membuat akun surel Gmail.

  1. Masukkan alamat www.gmail.com pada web browser Anda.
  2. Klik create an account, sebuah kotak akan terbuka.
  3. Isi data diri Anda dengan lengkap. Pada isian setelah nama, Anda bisa memilih nama untuk username.
  4. Jika ternyata terdapat tulisan That username is taken. Try another. Itu tandanya orang lain telah memakai username yang Anda pilih. Anda bisa mengakalinya dengan menambah angka.
  5. Isi semua kolom yang belum terisi dengan data yang benar.
  6. Klik Next Step, akan muncul agreement, atau kotak persyaratan. Anda harus membaca dengan teliti dan seksama perjanjian tersebut. Apabila Anda setuju, Anda bisa memilih opsi I Agree.
  7. Anda telah memiliki akun Gmail sekarang.

(Disadur dari berbagai sumber)

Teks prosedur tersebut merupakan jenis teks prosedur ....

A

melakukan sesuatu

B

menggunakan sesuatu

C

membuat sesuatu

D

memainkan sesuatu