Latihan Bahasa Indonesia Kelas IX Laporan Percobaan
# 2
Pilgan

Membuat Slime Tanpa Boraks

Berdasarkan judul tersebut, penulisan tujuan laporan percobaan yang tepat adalah ...

A

Slime merupakan mainan yang sedang populer di kalangan remaja. Slime merupakan mainan unik yang tersusun dari polimer cross-link, bahan ini diklasifikasikan sebagai cairan yang biasanya dibuat dengan menggabungkan larutan polivinil alkohol dengan ion borat dalam wadah campur besar.

B

Cara membuat slime tanpa boraks cukup menggunakan bahan lem pivonal secukupnya, deterjen bubuk secukupnya, deterjen cair secukupnya, pembersih lantai secukupnya. Bahan-bahan ini sangat mudah didapat.

C

Mula-mula campurkan terlebih dahulu empat bahan yang telah tersedia dengan air, campuran ini disebut activator. Kemudian aduk campuran tersebut sampai rata.

D

Melatih kreativitas anak-anak agar mampu berinovasi membuat slime sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan tidak berbahaya.

Pembahasan:

Unsur teks laporan percobaan terdiri atas pendahuluan, kajian pustaka, metode percobaan/prosedur kerja, hasil dan pembahasan, dan simpulan. Tujuan merupakan pemaparan dari untuk apa percobaan tersebut dilakukan. Ciri kebahasaan dalam tujuan biasanya diawali dengan kata kerja seperti mengetahui, mengamati, dll.

Berdasarkan pilihan jawaban di atas, jawaban yang benar adalah Melatih kreativitas anak-anak agar mampu berinovasi membuat slime sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan tidak berbahaya. Kalimat tersebut diawali dengan kata kerja 'melatih' dan berisi uraian tentang tujuan dan manfaat slime tanpa boraks dibuat.