Latihan Bahasa Indonesia Kelas IV Gagasan Teks
# 5
Pilgan

Cermati teks berikut!

Arah Menuju Pasar

Pagi itu Gilang bermain sepak bola di lapangan samping sekolah. Ketika ia beristirahat, seorang bapak menghampirinya. "Nak, tahukah kamu jalan menuju Pasar Karang Anyar?" tanya sang bapak.

"Tahu, Pak. Pertama-tama Bapak menuju ke arah timur Jalan Mangga Besar Raya. Sebelah kiri Bapak ada sekolah dan sebelah kanan Bapak ada parkiran mobil. Jalan terus hingga bertemu lampu merah di simpang empat. Lalu Bapak belok ke selatan, masuk ke Jalan Industri. Susuri jalan hingga bertemu lampu merah lagi. Bapak sekarang ada di Jalan Kartini Raya dan di depan Bapak ada kali. Belok ke arah timur jalan. Pasar Karang Anyar adalah bangunan pertama di sebelah kiri Bapak," jawabku.

"Nak, Bapak kurang mengerti mana arah timur, mana arah selatan. Boleh diulang petunjuknya dengan arah kanan atau kiri saja?" tanya sang bapak lagi. "Baik, Pak. [...]," jawabku.

"Terima kasih banyak, Nak," kata si bapak sambil tersenyum dan berlalu.

Penjelasan Gilang yaitu ....

A

Dari Jalan Mangga Besar Raya belok kanan ke Jalan Industri. Susuri jalan dan belok kanan ketika bertemu Jalan Kartini Raya.

B

Dari Jalan Kartini Raya belok kanan ke Jalan Industri. Susuri jalan dan belok kiri ketika bertemu Jalan Mangga Besar Raya.

C

Dari Jalan Mangga Besar Raya belok kanan ke Jalan Industri. Susuri jalan dan belok kiri ketika bertemu Jalan Kartini Raya.

D

Dari Jalan Kartini Raya belok kanan ke Jalan Industri. Susuri jalan dan belok kanan ketika bertemu Jalan Mangga Besar Raya.