Video IPS SMP Interaksi Antarruang di Benua-Benua di Dunia

Interaksi Antarruang di Bidang Politik

Geografi Benua-Benua di Dunia Interaksi Antarruang di Benua-Benua di Dunia Video Kuis Konsep LOTS Memahami
Kuis
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Bagian cerita inspiratif yang berisi amanat dan pesan-pesan positif yang bisa kita petik dari teks adalah ....

Bahasa Indonesia Level 9 Menulis Cerita Inspiratif Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Inspiratif Bahasa Indonesia K13 Kurikulum 2013 KD3.12

BPH (Benign Prostatic Hyperplasia) adalah kondisi di mana kelenjar prostat mengalami pembesaran. BPH dapat menyebabkan ....

IPA Level 9 Biologi Sistem Reproduksi Manusia Kesehatan Organ Reproduksi IPA K13 Kurikulum 2013

Baca teks berikut ini dengan cermat.

Melisa, Siswi SD Berprestasi Meski Menulis dengan Menggunakan Kaki

16-wap-Melisa-Diana-Putri-menulis-dengan-kakinya | Harian Bhirawa Online

Melisa Diana Putri adalah seorang siswi difabel di SDN Tukul II Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Ia tidak masuk Sekolah Luar Biasa karena lokasinya jauh di kota dan keluarganya terbilang kurang mampu. Melisa bercita-cita menjadi guru matematika. Semangatnya sangat tinggi meski ia belajar dan beraktivitas menggunakan kaki.

Untunglah sekolah Melisa menjalankan program pendidikan inklusif. Ini artinya ada penyesuaian agar anak-anak difabel seperti Melisa dapat bersekolah bersama dengan anak-anak lainnya. Contohnya, di sekolah, ia disediakan meja tulis khusus yang lebih rendah dari tubuhnya. Saat menulis di buku tulis, dia menggenggam pensil dengan jari kakinya. Ketika berdiri di depan papan tulis, kaki kirinya menopang tubuh agar seimbang, sementara kaki kanannya lincah menulis di papan tulis. Walaupun ditulis dengan kaki, tulisan Melisa rapi.

Keterbatasan fisiknya ini ternyata tidak menjadi halangan. Melisa sangat tekun dalam belajar. Ia sangat bersemangat meraih prestasi dan nilai baik. Menurut pengakuan gurunya, Melisa memang sangat jago matematika. Selain itu, Melisa juga hobi membaca. Buku apa pun ia baca. Melisa mengaku, ia membaca buku untuk memperluas wawasan.

Menurut Tri Adi Nurfeni, guru bahasa Indonesia, Melisa meraih cukup banyak prestasi. Melisa pernah juara lomba baca, tulis, dan hitung tingkat kecamatan, dan ditunjuk menjadi duta sekolah karena pengetahuannya yang luas. Berkat pencapaian Melisa, Wakil Bupati Timbul Prihanjoko mengunjungi Melisa di sekolah. Joko, panggilan akrab Wakil Bupati Probolinggo, terharu melihat semangat Melisa untuk meraih cita-cita. Joko dan sejumlah pejabat Pemkab Probolinggo memberi sejumlah bantuan untuk kelanjutan belajar Melisa. Tidak hanya itu, kabupaten Probolinggo juga merencanakan untuk meluaskan jangkauan sekolah inklusif dan mengadakan pelatihan bagi guru pembimbing khusus di sekolah inklusif.

Melisa menjadi bukti bahwa keterbatasan fisik tidak menghalangi seseorang dalam meraih prestasi. Berkat ketekunan dalam belajar, Melisa dapat mengatasi keterbatasan yang ada.

(Sumber: Kompas.com, dengan penyesuaian)

Yang mendorong Wakil Bupati Probolinggo menemui Melisa adalah ....

Bahasa Indonesia Level 9 Menulis Cerita Inspiratif Menulis Cerita Inspiratif Bahasa Indonesia K13 Kurikulum 2013 Video

Cermati kutipan novel di bawah ini!

Perempuan muda itu berteriak kepada seorang kakek di hadapannya, "Jangan sampai aku bertemu kamu lagi di masa depan! Gara-gara kamu, aku dipecat!"

Kakek yang sudah berusia 60 tahunan itu menatap perempuan itu ragu di balik gurat wajahnya yang terlihat jelas. Perempuan itu masih sibuk mengomelinya karena sebagai driver ojek online, ia tidak sanggup ngebut di atas kecepatan standar. Bahkan mereka hampir menabrak seseorang ketika perempuan itu terus berteriak kepada kakek tersebut karena terlalu lambat menjalankan sepeda motornya.

"Maafkan saya, Mbak," ucap kakek tersebut masih menunduk. Mendung gelap menggantung di langit, menutupi matahari yang hampir tenggelam. Sesaat kemudian, hujan deras turun. "Lihat sekarang aku terjebak hujan di sini denganmu! Dasar pembawa sial!" bentak perempuan itu lagi.

Nilai yang terkandung di dalam kutipan novel tersebut adalah ....

Bahasa Indonesia Level 9 Membaca Buku Fiksi dan Nonfiksi Hubungan Unsur-unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi Bahasa Indonesia K13 Kurikulum 2013 KD4.13

Cermati penggalan pidato persuasif berikut!

Hadirin yang terhormat, seperti pemaparan saya mengenai bahaya dan dampak dari pergaulan bebas yang dapat merusak masa depan generasi penerus bangsa, maka sepatutnya kita melakukan tindakan preventif agar hal tersebut tidak terjadi pada diri kita maupun orang-orang di sekitar kita.


Kata teknis preventif dalam penggalan pidato tersebut berarti ....

Bahasa Indonesia Level 9 Menulis Pidato Persuasif Struktur dan Kebahasaan Pidato Persuasif Bahasa Indonesia K13 Kurikulum 2013 KD3.4

Kumpulan sel di dalam ovarium, tempat berkembangnya sel telur disebut dengan ....

IPA Level 9 Biologi Sistem Reproduksi Manusia Struktur dan Fungsi Sistem Reproduksi IPA K13 Kurikulum 2013

Percobaan membuat pelangi buatan dengan kaca.

Langkah kerja:

(1) Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.

(2) Buatlah ruangan menjadi gelap tanpa ada lubang cahaya yang masuk ke dalam ruangan.

(3) Masukkan kaca ke dalam toples secara serong miring.

(4) Sorotkan cahaya lampu senter ke hadapan kaca dalam toples. Dan perhatikan apa yang terjadi.

(5) Tuangkan air ke dalam toples kaca yang telah disiapkan.

(6) Pelangi akan muncul dari sudut kaca.

Urutan langkah-langkah percobaan tersebut yang benar adalah ....

Bahasa Indonesia Level 9 Menulis Laporan Percobaan Menulis Laporan Percobaan Bahasa Indonesia K13 Kurikulum 2013 KD4.2

Perbandingan luas dua bola yang masing-masing berdiameter 4,5 cm dan 6 cm adalah ....

Matematika Level 9 Geometri Bangun Ruang Sisi Lengkung Luas dan Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung Matematika K13 Kurikulum 2013

Jumlah sisi pada bangun ruang sisi lengkung kerucut, tabung, dan bola berturut-turut adalah ....

Matematika Level 9 Geometri Bangun Ruang Sisi Lengkung Unsur dan Ciri Bangun Ruang Sisi Lengkung Matematika K13 Kurikulum 2013

Hasil dari (125)23\left(125\right)^{\frac{2}{3}} adalah...

Matematika Level 9 Bilangan Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar Bilangan Berpangkat Matematika K13 Kurikulum 2013

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal