Video Bahasa Indonesia SD Cerita Rakyat

Malin Kundang

Membaca Teks Fiksi-Tokoh Cerita Cerita Rakyat Video KD4.10 Teks Fiksi - Tokoh Cerita Kalimat langsung dan tidak langsung Kurikulum 2013 K13 Bahasa Indonesia Mengetahui LOTS
Kuis
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

1052=...\frac{10}{52}=...

Pecahan yang senilai dengan pecahan di atas adalah ...

Matematika Level 4 Bilangan Pecahan Pecahan Senilai Kelas IV Kurikulum 2013 K13 Matematika

Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya pada buah adalah ….

IPA Level 4 Biologi Bagian Tubuh Hewan dan Tumbuhan Bagian Tubuh Tumbuhan Kelas IV Kurikulum 2013 K13 IPA

Ulasan: Mata di Tanah Melus oleh Okky Madasari

Ayo ikuti petualangan ajaib Mata dengan bangsa punah Melus! Begitu kira-kira ajakan seri pertama dari novel Mata ini. Mata adalah anak perempuan berusia dua belas tahun asal Jakarta. Suatu hari orang tuanya bertengkar dan ia dibawa ibunya ke Belu, NTT. Celakanya, Mata terpisah dari ibunya. Ia tersesat di kediaman suku Melus yang konon punah tapi ternyata masih hidup di tempat rahasia. Maka mulailah pertemuan Mata dengan hal-hal ajaib, seperti Bei Nai, Dewa Buaya pelindung Melus, dan Ratu Kupu-Kupu, seorang manusia dengan sayap indah. Tidak hanya itu, Mata juga berkunjung ke masa lalu, abad ke-15-17 ketika kapal-kapal negara Eropa mulai berdatangan ke tanah ini.

Sampul novel Mata di Tanah Melus oleh Okky Madasari

Tidak hanya menggugah khayalan, novel ini juga mengandung pelajaran ilmiah. Pelajaran-pelajaran ini dibungkus oleh hal-hal ajaib dalam cerita mulai dari makhluk-makhluk gaib, perjalanan ke masa lalu, hingga makanan terlezat dari bahan tanaman. Namun, sebenarnya di balik keajaiban itu, terkandung ilmu geografi (lokasi Belu, NTT), sejarah (peradaban Melus di abad lampau), dan antropologi (legenda, adat istiadat masyarakat Melus). Ini karena penulis novel benar-benar menggunakan informasi yang didapatnya ketika melakukan penelitian di Belu, NTT.

(Sumber: goodreads.com)

Berdasarkan ulasan buku sastra anak di atas, alasan Mata mengunjungi Belu, NTT adalah ....

Bahasa Indonesia Level 4 Membaca Buku Sastra Ulasan Buku Sastra Kelas IV Kurikulum 2013 K13 Bahasa Indonesia

Complete the gaps with the correct 'to be' in Simple Present Tense.

My mother ... an English teacher and her sisters ... nurses.

Bahasa Inggris Level 4 Bahasa Inggris Jobs Simple Present Tense Kelas IV Kurikulum 2013 K13

Minyak bumi tersebar di beberapa wilayah Indonesia, kecuali ....

IPS Level 4 Geografi Kenampakan Alam dan Sumber Daya Alam Persebaran Sumber Daya Alam Kelas IV Kurikulum 2013 K13 IPS

Seorang pedagang mempunyai 40 ekor ayam dan 50 ekor utik akan dimasukkan ke dalam kandang sama banyak. Banyak kandang terbanyak yang harus disiapkan adalah ... kandang.

Matematika Level 4 Bilangan FPB dan KPK FPB Kelas IV Kurikulum 2013 K13 Matematika

Segi banyak yang memiliki sepuluh sisi adalah?

Matematika Level 4 Geometri Bangun Datar Segi Banyak Kelas IV Kurikulum 2013 K13 Matematika

Perhatikan gambar berikut!

Benda pada gambar akan berubah bentuk jika ....

IPA Level 4 Fisika Gaya Gaya Mempengaruhi Bentuk Benda Kelas IV Kurikulum 2013 K13 IPA

Karung beras di dapur berisi 30 kg beras jika penuh. Beras sudah terpakai 8 kg. Berapa bagian beras yang sudah dipakai?

Matematika Level 4 Bilangan Pecahan Pecahan Senilai Kelas IV Kurikulum 2013 K13 Matematika

Burung elang mempunyai bentuk kaki yang kuat dan berkuku tajam yang berguna untuk ….

IPA Level 4 Biologi Bagian Tubuh Hewan dan Tumbuhan Bagian Tubuh Hewan Video Kelas IV Kurikulum 2013 K13 IPA

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal