Bank Soal Bahasa Indonesia SMP Struktur dan Kebahasaan Teks Tanggapan

Soal

Pilgan

Bacalah teks berikut dengan cermat!

(1) Gadget dapat membuat remaja kecanduan. (2) Gadget yang terlalu canggih cenderung digunakan remaja untuk membuka situs-situs terlarang dan game. (3) Hal ini dapat menurunkan konsentrasi mereka dalam belajar. (4) Jika dilihat dari usia seharusnya remaja tidak diperbolehkan untuk menggunakan gadget karena gadget dapat menguhubungkan dengan hal-hal yang seharusnya belum saatnya mereka ketahui.

(5) Akan tetapi, alasan yang tersajikan tentu dapat terbantahkan karena ada juga sisi positif yang didapatkan oleh remaja ketika mereka menggunakan gadget seperti mempermudah mencari tugas-tugas mereka dari sekolah jika tidak mendapat informasi dari buku. (6) Gadget juga mempermudah orang tua mengontrol anak-anaknya, selain itu mempermudah remaja memberi kabar kepada orang tua jika terjadi sesuatu yang mendadak. (7) Secara umum saya setuju dengan alasan-alasan yang mendukung, tetapi jika dilihat dari bidang akademis serta keamanan remaja sendiri lebih berdampak negatif. (8) Jadi, sebaiknya orang tua tidak memberikan kebebasan kepada anaknya untuk bermain dan memiliki gadget.

(Sumber: mypurohith.com, dengan penyesuaian)

Kalimat di atas yang merupakan ungkapan penolakan adalah kalimat bernomor ....

A

(4)

B

(5)

C

(7)

D

(8)

Pembahasan:

Salah satu ciri kebahasaan dalam teks tanggapan kritis adalah menggunakan ungkapan penolakan, yaitu ungkapan yang menyatakan ketidaksetujuan atas pemikiran yang diajukan sebelumnya, misalnya pandangan-pandangan itu dapat terbantahkan, pendapat yang penulis ungkapkan tidak berdasarkan fakta, dan lain-lain.

Kalimat di atas yang menggunakan ungkapan penolakan adalah kalimat bernomor (5), yaitu

Akan tetapi, alasan yang tersajikan tentu dapat terbantahkan karena ada juga sisi positif yang didapatkan oleh remaja ketika mereka menggunakan gadget seperti mempermudah mencari tugas-tugas mereka dari sekolah jika tidak mendapat informasi dari buku.

Karena mengandung pernyataan alasan yang tersajikan tentu dapat terbantahkan.

K13 Kelas IX Bahasa Indonesia Menulis Teks Tanggapan Struktur dan Kebahasaan Teks Tanggapan Skor 2
KD3.8 Memahami LOTS
Video
27 Mei 2022
Struktur dan Kebahasaan Teks Tanggapan | Bahasa Indonesia | Kelas IX
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4 | Tema 1 Indahnya Kebersamaan | Subtema 1 Keragam...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal