Cermati penggalan naskah drama berikut!

Lula: (melempar kotak bekal makan siang yang dibuatkan ibunya) Aku tidak mau membawa makanan ini ke sekolah! Aku malu! Teman-temanku makan-makanan yang enak setiap hari! Aku tidak mau membawa makanan murahan ini ke sekolah! (membentak ibunya)

Ibu: (terkejut) Dari mana kamu belajar berbicara seperti itu? Mengapa kamu tidak bisa bersyukur dan berterima kasih? Ibu membuatkan makananmu sudah sejak lama dan kamu malah tidak menghargainya? (bertanya tegas atas sikap anaknya yang kurang ajar)

Ayah: Sudah, sudah! Lula! Minta maaf kepada ibumu! Belajarlah menghargai orang tua dan sekitarmu! Banyak orang yang tidak bisa makan setiap harinya, setidaknya bersyukurlah! (menasehati baik-baik untuk memecah ketegangan)


Konflik yang terdapat di dalam penggalan naskah drama tersebut adalah ....

A

Lula yang berani bersikap kurang ajar kepada ibunya

B

Ayah yang menasehati Lula untuk tidak bersikap tidak sopan dan lebih bersyukur

C

Ibu yang seharusnya tidak merespon Lula

D

Lula yang tidak mau berangkat ke sekolah

Pembahasan:

Konflik merupakan bagian dari struktur komplikasi dalam drama yang memuat tentang permasalahan inti dari drama tersebut. Menentukan sebuah konflik, penyebab konflik, dan akibat dari konflik yang ditimbulkan bisa dengan cara membagi-baginya dan menganalisisnya.

Mari kita menganalisis konflik yang terdapat di dalam penggalan naskah drama tersebut!

Konflik puncak di dalam penggalan naskah drama tersebut yaitu Lula yang berani bertindak kurang ajar kepada ibunya. Penyebab konflik ini adalah Lula yang merasa minder dan merasa bekal makanan yang dibawanya murahan. Hal ini dibuktikan dengan kalimat pada dialog Lula yaitu: (melempar kotak bekal makan siang yang dibuatkan ibunya) Aku tidak mau membawa makanan ini ke sekolah! Aku malu! Teman-temanku makan-makanan yang enak setiap hari! Aku tidak mau membawa makanan murahan ini ke sekolah! (membentak ibunya)

Konflik yang hampir mereda dapat diketahui dari ibu yang mencoba bersikap tegas kepada Lula. Hal ini dibuktikan dengan kalimat pada dialog ibu yaitu: Dari mana kamu belajar berbicara seperti itu? Mengapa kamu tidak bisa bersyukur dan berterima kasih? Ibu membuatkan makananmu sudah sejak lama dan kamu malah tidak menghargainya?


Sehingga, dapat disimpulkan bahwa konflik yang terdapat di dalam penggalan naskah drama tersebut adalah Lula yang berani bersikap kurang ajar kepada ibunya.

Bahasa Indonesia Kelas 8 Menulis Drama Struktur dan Kebahasaan Teks Drama KD3.18
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 44.092 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini