Bank Soal Biologi SMA Organ dan Sistem Pencernaan Manusia

Soal

Pilgan

Saat makanan melalui organ pencernaan, protein akan dicerna di ....

A

ileum dan hati

B

lambung dan duodenum

C

lambung dan hati

D

duodenum dan ileum

E

ileum dan pankreas

Pembahasan:

Mulut

Di mulut, terjadi pencernaan secara mekanis oleh gigi. Di dalam saliva terdapat enzim ptialin yang berperan dalam pencernaan secara kimiawi, yaitu mengubah amilum (polisakarida) menjadi maltosa (disakarida). Sedangkan protein belum dicerna secara kimiawi di dalam mulut.

Lambung

Pada lambung, terdapat enzim pepsinogen yang diubah menjadi enzim pepsin oleh HCl. Enzim pepsin berfungsi memecah molekul-molekul protein menjadi pepton.

Usus halus

Usus halus dibagi menjadi tiga bagian yaitu usus dua belas jari (duodenum), usus kosong (jejunum), dan usus penyerap (ileum).

  • Pada duodenum, enzim tripsinogen diaktifkan oleh enzim enterokinase menjadi enzim tripsin. Enzim tripsin berfungsi memecah protein menjadi pepton. Selanjutnya, pepton diubah menjadi asam amino.
  • Pada jejunum, erepsinogen atau peptidase diaktifkan oleh enzim enterokinase menjadi enzim erepsin. Enzim erepsin berfungsi memecah (menghidrolisis) pepton menjadi asam amino.

Jadi, berdasarkan pilihan jawaban yang ada, protein akan dicerna di dalam lambung dan duodenum.


*Ileum (usus penyerapan) berfungsi untuk menyerap sari-sari makanan melalui vili (jonjot-jonjot usus) yang banyak mengandung pembuluh darah.

*Hati merupakan salah satu kelenjar pencernaan. Hati akan menghasilkan cairan empedu yang disimpan di dalam kantung empedu. Cairan empedu berfungsi untuk mengemulsi lemak.

*Pankreas menghasilkan getah pankreas (bersifat basa) yang mengandung beberapa jenis enzim seperti amilase, tripsinogen dan lipase. Enzim-enzim tersebut akan disalurkan ke duodenum (usus 12 jari) untuk membantu pencernaan.

K13 Kelas XI Biologi Biologi Sistem Pencernaan Manusia Organ dan Sistem Pencernaan Manusia Skor 2
LOTS Memahami
Video
23 Februari 2023
Organ dan Sistem Pencernaan Manusia | Biologi | Kelas XI
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal