Bank Soal Biologi SMA Gangguan Sistem Saraf

Soal

Pilgan

Gangguan pada sistem saraf yang ditandai dengan berubahnya susunan cairan serebrospinal adalah ....

A

ensefalitis

B

neuritis

C

meningitis

D

ayan

E

kebas

Pembahasan:

Cairan serebrospinal merupakan cairan pelindung yang terdapat di sistem saraf pusat, yaitu di otak dan sumsum tulang belakang. Letaknya pada ruang subaraknoid. Fungsi dari cairan ini yaitu untuk melindungi dan menghantarkan zat makanan ke jaringan sistem saraf pusat, menahan goncangan, dan menjaga agar bagian otak mempunyai tekanan yang sama.

Gangguan pada sistem saraf yang ditandai dengan berubahnya susunan cairan serebrospinal adalah meningitis. Meningitis merupakan peradangan pada selaput otak dengan gejala bertambahnya jumlah cairan serebrospinal. Cairan serebrospinal dalam keadaan normal terdiri dari 99% air, sisanya berupa protein, glukosa, elektrolit, enzim, dan sel darah putih. Dominansi jumlah air mengakibatkan warna cairan ini jernih atau bening. Penyakit ini bisa disebabkan oleh bakteri atau virus.

Pada saat cairan serebrospinal seseorang meningkat, susunan kandungan di dalamnya berubah. Kemungkinan besarnya, susunan laktat akan semakin meningkat sehingga menjadi tempat yang cocok untuk perkembangbiakan virus atau bakteri.

Penyakit ini ditandai dengan gejala, seperti demam tinggi secara mendadak, sakit kepala parah, leher kaku, mual dan muntah. Meningitis dapat menyebabkan kematian.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah meningitis.


*Ensefalitis adalah peradangan jaringan otak yang disebabkan oleh virus.

*Neuritis adalah gangguan pada saraf tepi.

*Kebas adalah gangguan pada sistem saraf sensor akibat gangguan metabolisme, kekurangan vitamin neurotropik, dan tertutupnya aliran darah.

*Ayan adalah penyakit saraf menahun yang menimbulkan serangan mendadak, biasanya disebabkan trauma kepala.

Video
22 September 2020
Klasifikasi Makhluk Hidup | IPA | Kelas VII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal