Bank Soal Biologi SMA Sistem Endokrin Manusia

Soal

Pilgan

Mengonsumsi makanan mengandung karbohidrat atau gula secara berlebihan pada malam hari, dapat menyebabkan perasaan sangat lapar saat terbangun. Hal ini dipengaruhi oleh ….

A

pengeluaran hormon insulin yang lebih banyak

B

sekresi hormon adrenalin meningkat

C

metabolisme sel-sel tubuh

D

otak yang kekurangan nutrisi

E

berkurangnya simpanan lemak

Pembahasan:

Pusat pengatur lapar berada di otak, tepatnya di batang otak dan hipotalamus. Ada banyak hal yang dapat memengaruhi nafsu makan dan membangkitkan rasa lapar, seperti penurunan kadar gula darah dan produksi hormon glukagon.

Setelah makan, kadar gula dalam tubuh akan meningkat. Kadar gula yang tinggi ini akan memberikan sinyal ‘kenyang’ ke otak. Setelah itu, hormon insulin akan dikeluarkan oleh pankreas untuk memasukkan gula dari darah ke dalam sel. Setelah kadar gula darah turun setelah 5–6 jam, tubuh akan merasa lapar kembali.

Namun, ketika makan terlalu banyak karbohidrat atau gula pada malam hari, otomatis tubuh akan mengeluarkan insulin yang lebih banyak untuk memasukkan gula dari darah ke dalam sel.

Sepanjang malam, gula darah terus-menerus mengalami penurunan. Hal ini akan merangsang pelepasan hormon glukagon yang menyebabkan stimulasi pusat nafsu makan. Itulah sebabnya, tubuh merasa sangat lapar ketika bangun.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah pengeluaran hormon insulin menjadi lebih banyak.

Video
22 September 2020
Klasifikasi Makhluk Hidup | IPA | Kelas VII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal