Bank Soal Biologi SMA Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan

Soal

Pilgan

Perhatikan gambar berikut!

sumber: learniseasy.com

Tanaman pada gambar A dan B terlihat mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda. Mengapa hal tersebut terjadi?

A

Hormon auksin pada tanaman A bekerja optimal di keadaan gelap sehingga tanaman tumbuh lebih panjang, sedangkan sebagian hormon auksin pada tanaman B rusak akibat cahaya matahari.

B

Hormon auksin pada tanaman A tidak bekerja karena keadaannya gelap, sedangkan hormon auksin pada tanaman B bekerja optimal dengan bantuan cahaya matahari.

C

Hormon auksin pada tanaman A dan B bekerja optimal, namun pertumbuhannya berbeda karena adanya faktor internal dan eksternal.

D

Hormon auksin pada tanaman A dan B bekerja optimal, tetapi pertumbuhan keduanya berbeda karena ada kompetisi antara kedua tanaman tersebut.

E

Hormon auksin pada tanaman A dan B rusak sehingga pertumbuhan keduanya berbeda.

Pembahasan:

Pertumbuhan pada tanaman A dan B terlihat berbeda karena hormon auksin pada tanaman B rusak akibat cahaya sehingga tanaman membelok ke arah datangnya matahari sedangkan hormon auksin pada tanaman A bekerja secara optimal di keadaan gelap. Tanaman yang diletakan pada ruangan gelap akan mengalami laju pertumbuhan yang lebih cepat (etiolasi) karena hormon auksin yang terdapat pada batang tidak rusak terkena sinar matahari. Akibatnya tanaman akan tumbuh lebih panjang, tetapi tumbuhan akan berwarna pucat dengan batang yang rapuh (mudah patah). Hal ini berbeda dengan tanaman yang terkena sinar matahari, tanaman cenderung lebih pendek dan batangnya akan membelok ke arah cahaya matahari. Hal ini karena hormon auksin sebagian rusak terkena cahaya matahari.

Jadi alasan yang tepat adalah "Hormon auksin pada tanaman A bekerja optimal di keadaan gelap sehingga tanaman tumbuh lebih panjang, sedangkan sebagian hormon auksin pada tanaman B rusak akibat cahaya matahari".

Video
28 Februari 2022
Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan | Biologi | Kelas XII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal