Bank Soal IPA SD Keseimbangan Ekosistem

Soal

Pilihan Ganda

Perhatikan gambar berikut!

sumber: dictio.id

Ekosistem pada gambar bernilai ekonomis tinggi, misalnya sebagai bahan makanan, kosmetik, obat, bahkan tempat objek wisata. Namun, pemanfaatan yang berlebihan dan tidak tepat dapat mengganggu keseimbangan ekosistem, kecuali ....

A

hilangnya keanekaragaman hayati di laut

B

menyebabkan abrasi pantai

C

memicu terjadinya pemanasan global

D

suhu di dalam laut akan menurun drastis

Pembahasan:

Ekosistem pada gambar adalah terumbu karang. Terumbu karang adalah ekosistem bawah laut yang terdiri dari sekelompok binatang karang yang membentuk struktur kalsium karbonat (semacam batu kapur) dan bersimbiosis dengan sejenis tumbuhan alga. Terumbu karang memiliki banyak manfaat, baik secara ekologi, ekonomi, maupun sosial.

Kerusakan pada terumbu karang akan mengganggu keseimbangan ekosistem, yaitu:

  • hilangnya keanekaragaman hayati. Terumbu karang merupakan habitat hidup sejumlah spesies bintang laut, tempat pemijahan, peneluran, dan pembesaran anak-anak ikan. Rusaknya ekosistem ini akan menyebabkan hilangnya keanekaragaman hayati yang tinggal di dalamnya.
  • menyebabkan abrasi pantai. Terumbu karang mampu memperkecil energi ombak yang menuju daratan. Jika terumbu karang rusak, maka ombak yang menuju pantai memiliki energi yang besar dan dapat menyebabkan abrasi pantai.
  • mempercepat terjadinya pemanasan global. Salah satu penyebab pemanasan global adalah gas karbon dioksida. Terumbu karang dapat menyerap karbon dioksida dan diubah menjadi zat kapur (bahan baku terumbu). Jika terumbu karang rusak, maka jumlah karbon dioksida yang dilepas ke atmosfer lebih banyak sehingga akan memicu pemanasan global.
Video
06 Juni 2020
Peran Cacing Pada Kesuburan Tanah dan Tanaman
Rangkuman
 
13 Oktober 2020
Rantai Makanan | IPA | Kelas 5 | Tema 5 Ekosistem | Subtema 2 Hubungan Antar Makhluk Hidup dalam ...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal