Bank Soal Biologi SMA Cara Hidup dan Reproduksi Bakteri

Soal

Pilgan

Hana melakukan penelitian efektivitas proses pasteurisasi terhadap jumlah koloni mikroba pada susu. Uji awal dari penelitian Hana tersebut adalah mengecek keberadaan bakteri sebelum pasteurisasi dan menghasilkan lima bakteri dengan jumlah terbanyak, yakni Salmonella enterica., Eschericia coli, Streptococcus pyogene, Campylobacter jenuni, dan Bacillus cereus. Setelah itu dilakukan pasteurisasi pada suhu 63 0C selama 30 menit pada susu. Dari kelima bakteri di atas, menurut Anda jenis bakteri yang paling sedikit mengalami penurunan jumlah koloni adalah ....

A

Salmonella enterica

B

Eschericia coli

C

Streptococcus pyogene

D

Campylobacter jenuni

E

Bacillus cereus

Pembahasan:

Kunci dari soal di atas terletak pada struktur tambahan yang dimiliki bakteri yakni endospora. Endospora merupakan bentuk tidak aktif bakteri yang sedikit permeabel dan terbentuk ketika bakteri terkena panas dari proses pasteurisasi. Perlu diketahui juga, prinsip pasteurisasi adalah mereduksi bakteri patogen sampai di bawah jumlah normal yang aman dan tidak membunuh semua bakteri yang terdapat pada susu tersebut.

Dari kelima bakteri pada soal, satu-satunya bakteri yang mampu membentuk endospora adalah Bacillus cereus. Bacillus cereus adalah bakteri yang menyebabkan kerusakan pada susu. Dari penelitian Hana tersebut, dapat disimpulkan jika Bacillus cereus lah yang akan menunjukkan penurunan jumlah koloni lebih sedikit karena adanya pembentukan endospora. Perlu diketahui juga, susu pasteurisasi juga bisa basi jika didiamkan di suhu ruangan dalam waktu yang lama, karena endospora dari bakteri Bacillus cereus akan bergerminasi dan melakukan pembusukan pada susu.

Jadi jawaban pertanyaan di atas adalah Bacillus cereus.

Video
22 September 2020
Klasifikasi Makhluk Hidup | IPA | Kelas VII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal