Cermati teks berikut!

Kampung Banjarsari, yang terletak di Cilandak Barat, belasan tahun yang silam merupakan salah satu pemukiman kumuh di Jakarta Selatan. Dipelopori oleh Bambang Wahono dan tetangganya, mereka membagikan tanaman secara gratis kepada warga sekitar. Setiap rumah membuat penghijauan dengan berbagai macam tanaman, khususnya tanaman obat keluarga. Merekapun berhasil memanfaatkan sampah kebun dan sampah rumah tangga untuk pembuatan pupuk kompos.

Apa yang akan terjadi jika tidak ada yang mempelopori pembenahan? (USBN 2018/2019)

A

Pemerintah merelokasi warga Kampung Banjarsari.

B

Warga Kampung Banjarsari mendapat teguran.

C

Kampung Banjarsari akan tetap menjadi kampung kumuh.

D

Warga dari kampung lain menjadi gelisah.

Pembahasan:

Soal ini meminta kita untuk memprediksi kejadian, yang dapat disimpulkan dengan penggunaan frasa "Apa yang akan terjadi jika ... ?" Prediksi kejadian dapat ditentukan dengan membaca teks secara utuh, kemudian menentukan kejadian yang mungkin terjadi dengan mempertimbangkan hubungan sebab akibat dalam cerita. 

Pada paragraf tersebut, Bambang Wahono dan tetangganya memelopori pembagian tanaman gratis bagi warga sekitar sehingga akibatnya lingkungan menjadi hijau dan bersih. Jika tidak ada yang memelopori pembenahan, maka prediksi kejadian yang mungkin terjadi adalah “Kampung Banjarsari akan tetap menjadi wilayah yang kotor dan rentan terhadap penyakit”.

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 34.732 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini