Bank Soal Bahasa Indonesia SD Menguraikan Informasi

Soal

Pilgan

Bacalah informasi berikut!

Dalam buku Heartlifters for Teachers karya Susan Duke halaman 37 menjelaskan bahwa guru yang mampu membentuk potensi siswanya adalah guru yang dapat membimbing, membantu, dan mengikuti perkembangan potensi siswa. Guru akan mengamati dan melihat di mana kemampuan atau bakat asli seorang anak, kemudian dengan hati-hati akan mengarahkan dan memacu siswa ke arah potensinya agar berkembang.

Jelaskan penggolongan aspek yang terdapat pada paragraf tersebut!

A

Di mana → Sekolah

Bagaimana → Guru akan mengamati dan melihat di mana kemampuan atau bakat asli seorang anak, kemudian dengan hati-hati akan mengarahkan dan memacu siswa ke arah potensinya agar berkembang.

B

Siapa → Guru

Bagaimana → Guru akan mengamati dan melihat di mana kemampuan atau bakat asli seorang anak, kemudian dengan hati-hati akan mengarahkan dan memacu siswa ke arah potensinya agar berkembang.

C

Di mana → Buku "Heartlifters for Teachers".

Bagaimana → Guru akan mengamati dan melihat di mana kemampuan atau bakat asli seorang anak, kemudian dengan hati-hati akan mengarahkan dan memacu siswa ke arah potensinya agar berkembang.

D

Mengapa → Karena guru yang membentuk potensi siswa.

Bagaimana → Guru akan mengamati dan melihat di mana kemampuan atau bakat asli seorang anak, kemudian dengan hati-hati akan mengarahkan dan memacu siswa ke arah potensinya agar berkembang.

Pembahasan:

Untuk menemukan informasi yang terdapat dalam buku dapat menggunakan kata tanya penggolongan aspek. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

  • Apa: menunjukkan penjelasan mengenai suatu hal atau benda.
  • Di mana: menunjukkan penyebutan atau penjelasan tempat.
  • Kapan: menunjukkan penyebutan atau penjelasan waktu.
  • Siapa: menunjukkan penyebutan nama orang, jabatan, atau pekerjaan.
  • Mengapa: menunjukkan penyebutan alasan atau sebab dalam suatu cerita.
  • Bagaimana: menunjukkan keterangan cara atau proses, penjelasan ciri-ciri, atau penjelasan karakter tokoh.

Dalam informasi tersebut menjelaskan tentang peran guru dalam membentuk potensi siswanya (bagaimana), terdapat dalam kalimat kedua:

Guru akan mengamati dan melihat di mana kemampuan atau bakat asli seorang anak, kemudian dengan hati-hati akan mengarahkan dan memacu siswa ke arah potensinya agar berkembang.

Serta pelaku yang membentuk potensi siswa yaitu guru (siapa).

Jadi, penggolongan aspek yang tepat dalam paragraf tersebut yaitu

  • Siapa → Guru
  • Bagaimana → Guru akan mengamati dan melihat di mana kemampuan atau bakat asli seorang anak, kemudian dengan hati-hati akan mengarahkan dan memacu siswa ke arah potensinya agar berkembang.
K13 Kelas V Bahasa Indonesia Membaca Klasifikasi Informasi dan Penggunaan Kata Tanya Menguraikan Informasi Skor 2
LOTS
Video
13 Februari 2022
Menguraikan Informasi | Bahasa Indonesia | Kelas V
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4 | Tema 1 Indahnya Kebersamaan | Subtema 1 Keragam...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal