Bank Soal Bahasa Indonesia SD Menjelaskan Teks Eksplanasi Ilmiah

Soal

Pilgan

Perhatikan teks berikut!

Banjir merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi di beberapa kota di Indonesia. Banjir dapat diartikan sebagai peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. 

Terdapat beberapa faktor penyebab banjir. Faktor alam penyebab banjir adalah curah hujan yang tinggi di suatu daerah sehingga sungai atau penampung air tidak bisa menampung kelebihan kapasitas air. Hal ini mengakibatkan air meluap ke daratan.

Selain faktor alam, terdapat faktor sosial yang menyebabkan banjir. Faktor sosial tersebut antara lain kebiasaan membuang sampah ke sungai/kali yang menyebabkan sungai/kali menjadi mampet dan aliran air menjadi tidak lancar. Membangun gedung di daerah resapan air dan menggunduli hutan juga menjadi faktor sosial penyebab banjir.

Dapat disimpulkan bahwa terdapat 2 faktor penyebab banjir, yakni faktor alam dan sosial. Faktor alam dapat dicegah dengan cara seperti membangun tanggul. Faktor sosial dapat dicegah dengan cara seperti menghilangkan kebiasaan membuang sampah ke sungai. Dengan mengendalikan 2 faktor ini, maka banjir dapat dicegah.

Berikut yang bukan penyebab banjir berdasarkan teks di atas adalah ....

A

membangun gedung di daerah resapan air

B

membuang sampah ke sungai

C

perluasan daerah resapan air

D

curah hujan tinggi

Pembahasan:

Penyebab banjir berdasarkan teks eksplanasi ilmiah di atas adalah:

  1. Faktor alam: Curah hujan tinggi (paragraf ke-2)
  2. Faktor sosial: Membuang sampah ke sungai/kali, membangun gedung di daerah resapan air, dan menggunduli hutan (paragraf ke-3)

Maka, yang bukan penyebab banjir berdasarkan teks di atas adalah "perluasan daerah resapan air". Pilihan ini tidak disebut dalam teks.

Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Bab 4 | Sudah Besar | Bahasa Indonesia | Kelas 4

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal