Bank Soal Bahasa Indonesia SD Struktur Teks Eksplanasi

Soal

Pilgan

Kekeringan

Kekeringan adalah kondisi saat pasokan air pada suatu wilayah sangat kurang dalam jangka waktu yang berkepanjangan. Kondisi kekeringan termasuk ke dalam kategori bencana alam bila menimbulkan kerugian bagi manusia. Kerugian bisa berupa kehilangan sumber pendapatan akibat gagal panen hingga kematian ekosistem lingkungan.

Kekeringan dapat disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah musim kemarau yang berlangsung terlalu lama. Musim kemarau membuat tingkat curah hujan menurun drastis dari biasanya. Di Indonesia, musim kemarau terjadi antara tiga sampai enam bulan. Jika kemarau terjadi melebihi jangka waktu tersebut, ketersediaan sumber air tanah akan berkurang sehingga memicu terjadinya kekeringan.

Selain musim kemarau yang berlangsung terlalu lama, tidak adanya daerah resapan juga merupakan penyebab terjadinya kekeringan. Tidak adanya daerah resapan ini terjadi karena berkurangnya pohon-pohon yang menyerap dan menyimpan air hujan di dalam tanah. Berkurangnya pohon-pohon tersebut bisa disebabkan oleh banyaknya pembangunan lahan.

Bagaimanapun juga, air merupakan komponen penting bagi manusia. Karena itu, kekeringan bisa memberikan dampak besar bagi kehidupan. Kekeringan dapat menyebabkan berkurangnya sumber air minum, gagal panen, hingga bencana kelaparan. Kita perlu melakukan pencegahan untuk menghindari terjadinya kekeringan. Caranya adalah dengan melakukan reboisasi pada hutan yang gundul dan menghemat penggunaan air.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Ide pokok paragraf ketiga adalah ....

A

musim kemarau sebagai penyebab hilangnya daerah resapan

B

manfaat adanya daerah resapan bagi kehidupan

C

penyebab banyak pohon berkurang

D

tidak adanya daerah resapan sebagai penyebab terjadinya kekeringan

Pembahasan:

Ide pokok merupakan pokok pikiran yang dibahas dalam paragraf. Ide pokok terdapat pada kalimat utama (kalimat paling umum). Kalimat utama paragraf ketiga terdapat pada kalimat pertama.

Selain musim kemarau yang berlangsung terlalu lama, tidak adanya daerah resapan juga merupakan penyebab terjadinya kekeringan.

Ide pokok mengambil inti kalimat utama. Maka dari itu, ide pokok paragraf ketiga adalah tidak adanya daerah resapan sebagai penyebab terjadinya kekeringan.

K13 Kelas V Bahasa Indonesia Membaca Teks Eksplanasi Struktur Teks Eksplanasi Skor 2
LOTS
Video
19 Juli 2022
Struktur Teks Eksplanasi | Bahasa Indonesia | Kelas V
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4 | Tema 1 Indahnya Kebersamaan | Subtema 1 Keragam...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal