Bank Soal Biologi SMA Mengenal Tumbuhan (Plantae)

Soal

Pilgan

Perhatikan gambar di bawah ini!

Sumber: dream.co.id

Rumput laut dapat digunakan sebagai sumber makanan. Meski demikian, rumput laut tidak dapat dikategorikan sebagai tumbuhan. Ciri-ciri tumbuhan yang tidak dimiliki oleh rumput laut adalah ....

A

berkloforil

B

berfotosintesis

C

hidrofit

D

sumber serat/fiber

E

berbatang

Pembahasan:

Rumput laut adalah salah satu jenis Chlorophyta (ganggang hijau), yaitu Protista yang menyerupai tumbuhan, sehingga bukan termasuk kingdom Plantae (tumbuhan). Chlorophyta memiliki klorofil a dan b dan dapat berfotosintesis, hidup di air (hidrofit), dan kaya akan serat, tidak memiliki batang seperti pada tumbuhan. Organ yang menyerupai batang adalah stipe.

Sementara tumbuhan memiliki akar, batang, dan daun. Meskipun pada tumbuhan lumut akar belum berkembang secara sempurna dan belum jelas dibedakan dengan batangnya, tumbuhan lumut mempunyai rizoid atau akar semu. Pada tumbuhan paku, akar berupa rizoid dan batang ada yang berupa rizom dan ada pula yang berbentuk batang berkayu. Pada tumbuhan Spermatophyta, akar, batang dan daun sudah dapat dibedakan dengan jelas. Tumbuhan memiliki klorofil a dan b dan dapat berfotosintesis, berserat dan mengandung zat makanan lain yang berfungsi bagi organisme lain sebagai sumber makanan.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah berbatang.

K13 Kelas X Biologi Biologi Tumbuhan (Plantae) Mengenal Tumbuhan (Plantae) Skor 2
Memahami LOTS
Video
22 September 2020
Klasifikasi Makhluk Hidup | IPA | Kelas VII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal