Bank Soal Bahasa Indonesia SMP Menulis Cerita Pendek

Soal

Pilgan

Cermati penggalan cerpen berikut!

Kata ibuku, pagi adalah hari yang paling dinantikan banyak orang di dunia. Tapi, aku dan teman-temanku di sini sepakat, kami benci pagi. Karena di waktu pagi, kami harus berpisah dengan ibu-ibu kami. Berpisah dengan orang yang paling kami sayangi.

Teman-temanku selalu menantikan waktu sore tiba. Atau, kata Mbak Ratih, waktu senja. Tapi, kami lebih suka menyebut sore saja. Kami tak begitu sering mendengar orang mengucapkan kata senja. Di waktu pergantian cerah dan gelap itulah, kami bersukaria. Karena, ada sepasang tangan cantik yang menggendong kami dan membawa kami kembali ke rumah.

Kadang, saking tak sabarnya menunggu dijemput ibu, aku menangis. Seperti sore ini. Mbak Ratih pun selalu tahu apa yang harus dilakukan. Ia memberiku mainan dan permen agar air mataku tak jatuh lagi.

Tapi, aku tetap menangis. Aku berjanji pada diriku sendiri akan menghentikan tangisanku jika ibu sudah menjemputku. Kupandangi terus pintu ruangan yang berwarna-warni dan ada berbagai lukisan-lukisan dan gambar-gambar lucu itu. Ibu belum juga datang.

Ibu mengatakan, sayang sekali padaku setiap waktu. Katanya, aku anak paling ganteng sedunia. Berkulit putih, berambut lurus, dan calon pilot yang menerbangkan pesawat yang amat besar. Tapi, kenapa setiap hari ia meninggalkanku dan menitipkanku di tempat ini? Walaupun tempat ini lebih indah daripada rumahku, tapi akan lebih indah jika bersama ibu saja, bukan bersama Mbak Ratih.

Ibuku bekerja di bank. Kata ibu, ia bekerja untuk membelikanku mainan yang banyak, permen, dan cokelat kesukaanku. Aku senang sekali mendengar itu.

(Dikutip dari cerpen berjudul "Setelah Dibawa ke Ruangan Besar" oleh Wildan Pradistya Putra)

Ringkasan yang tepat dari penggalan cerpen di atas adalah ...

A

Aku membenci penitipan anak ini. Aku merasa bukan menjadi anak-anak lagi. Aku hanya ingin melihat ibuku setiap hari tanpa jeda. Aku tidak suka harus terpisah dari ibuku.

B

Aku sangat menyukai permen dan cokelat yang selalu dibelikan ibuku ketika ia pulang dari bekerja. Kebosananku berada di rumah seharian terbayar ketika melihat ibu pulang.

C

Seorang anak yang setiap hari menghabiskan waktu bersama ibunya karena ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Anak tersebut memiliki pembantu bernama Mbak Ratih dan ia tidak suka menghabiskan waktu bersama Mbak Ratih.

D

Aku lebih suka menghabiskan waktu bersama ibuku daripada berada di tempat penitipan ini. Maka dari itu, aku dan teman-temanku lebih suka waktu sore hari, karena pada saat itu, orang tua kami akan menjemput kami dari tempat ini.

Pembahasan:

Ringkasan merupakan penyajian kembali sebuah cerita dalam bentuk yang lebih ringkas dan padat tanpa menghilangkan pokok-pokok dari cerita tersebut. Cara membuat ringkasan sebuah cerpen adalah dengan mengambil hal-hal pokok atau hal-hal yang penting dari cerpen tersebut dan menggabungkan inti tersebut menjadi satu paragraf.

Ada beberapa hal pokok yang bisa kita ambil dari penggalan cerpen di atas, antara lain:

  1. Tokoh Aku adalah seorang anak.
  2. Cerita tersebut menggambarkan sudut pandang dari seorang anak yang dititipkan ke tempat penitipan anak. Tokoh Aku merupakan tokoh yang sangat suka menghabiskan waktu bersama ibunya.
  3. Tokoh Aku dan teman-temannya sangat menyukai waktu sore hari karena saat itulah mereka kembali bersama orang tua mereka.

Dari beberapa hal pokok tersebut, dapat diketahui bahwa ringkasan yang tepat dari penggalan cerpen tersebut adalah

Aku lebih suka menghabiskan waktu bersama ibuku daripada berada di tempat penitipan ini. Maka dari itu, aku dan teman-temanku lebih suka waktu sore hari, karena pada saat itu, orang tua kami akan menjemput kami dari tempat ini.

K13 Kelas IX Bahasa Indonesia Menulis Cerita Pendek Menulis Cerita Pendek Skor 3
KD3.6 LOTS Mengaplikasikan
Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4 | Tema 1 Indahnya Kebersamaan | Subtema 1 Keragam...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal