Bank Soal Bahasa Indonesia SMP Menulis Cerita Inspiratif

Soal

Pilgan

Baca teks berikut ini dengan cermat.

Bocah bernama Zhang Ze mengalami kelumpuhan pada kakinya yang membuatnya tidak bisa berjalan secara normal. Namun, dia masih bisa berangkat ke sekolah tanpa mengalami kendala berkat temannya yang bernama Xu Bingyang. Xu Bingyang adalah temannya yang baik, yang menggendongnya setiap hari selama enam tahun.

(Sumber: Liputan6.com dengan penyesuaian)

Kutipan teks di atas merupakan bagian abstrak dalam cerita inspiratif. Bagian komplikasi yang tepat untuk melengkapi teks di atas adalah ...

A

Selain menggendong Zhang ke sekolah, Xu Bing juga membantunya berpindah kelas sesuai mata pelajaran yang menjadi jadwalnya. Selain itu, Xu Bing juga membantunya mendapat makan siang ketika jam istirahat.

B

Zhang mengatakan dia sangat bersyukur memiliki teman seperti Xu Bing. "Xu Bing adalah sahabatku. Setiap hari, dia menemaniku belajar, mengobrol, dan bermain. Saya sangat berterima kasih padanya karena telah menjaga saya setiap hari," ungkap Zhang.

C

Xu Bing mengaku ia tidak pernah keberatan menggendong temannya, Zhang, setiap hari. Xu Bing berkata bahwa temannya harus bisa berangkat ke sekolah seperti teman-teman yang lain. "Berat saya lebih dari 40 kg, Sementara Zhang hanya memiliki berat sekitar 25 kg. Jadi, tidak masalah bagi saya untuk mengangkatnya," kata Xu.

D

Pada usia empat tahun, Zhang didiagnosis mengalami kondisi otot yang langka. Kondisi yang tidak dapat disembuhkan tersebut disebut myasthenia gravis, yang menyebabkannya kehilangan kendali atas otot-otot di kakinya. Kondisi tersebut membuatnya sulit berjalan. Zhang sangat sedih karena ia ingin bisa berangkat ke sekolah seperti teman-temannya yang lain.

Pembahasan:

Komplikasi adalah bagian dari cerita inspiratif yang berisi munculnya masalah atau terjadinya konflik dalam cerita.

Berdasarkan isi kutipan cerita di atas maka komplikasi yang tepat berisi permasalahan Zhang yang tidak bisa berangkat ke sekolah karena kondisi kakinya yang lumpuh.

Jadi, jawaban yang benar adalah

Pada usia empat tahun, Zhang didiagnosis mengalami kondisi otot yang langka. Kondisi yang tidak dapat disembuhkan tersebut disebut myasthenia gravis, yang menyebabkannya kehilangan kendali atas otot-otot di kakinya. Kondisi tersebut membuatnya sulit berjalan. Zhang sangat sedih karena ia ingin berangkat ke sekolah seperti teman-temannnya yang lain.

K13 Kelas IX Bahasa Indonesia Menulis Cerita Inspiratif Menulis Cerita Inspiratif Skor 2
KD4.12 LOTS Memahami
Video
26 April 2021
Menulis Cerita Inspiratif | Bahasa Indonesia | Kelas IX
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4 | Tema 1 Indahnya Kebersamaan | Subtema 1 Keragam...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal