Cermati kutipan berikut!

Liberalisme merupakan salah satu ideologi yang terdapat di dunia. Sebelum mengenal lebih jauh mengenai liberalisme, kita harus terlebih dahulu mengerti apa itu ideologi. Harold H. Titus dalam buku The Living Issues of Philosophy mendefinisikan ideologi adalah sebagai suatu istilah yang dipergunakan untuk sekelompok cita-cita mengenai berbagai macam masalah politik serta ekonomi yang dilaksanakan dalam suatu rencana sistematis serta dijalankan oleh kelompok atau lapisan masyarakat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ideologi adalah kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat (kejadian) yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ideologi adalah pemikiran manusia yang tertuang dalam hukum dan aturan yang ada dalam suatu negara dan digunakan untuk menjalankan pemerintahannya agar tercapai tujuan dan kesejahteraan masyarakatnya.

Ideologi liberalisme merupakan salah satu jenis ideologi yang menjunjung kebebasan, mengakui hak-hak individual dalam beberapa bidang, hingga kesetaraan di hadapan hukum. Liberal berasal dari bahasa Latin yaitu liber yang berarti bebas atau bukan budak. Orang-orang yang menganut ideologi ini disebut liberalis.

Kelebihan dari ideologi ini adalah masyarakat terdorong untuk terus berkembang dan berkreativitas karena tidak adanya batasan antar individu. Selain itu, setiap manusia memiliki hak yang sama, baik dalam bidang sosial, politik, ekonomi, agama maupun budaya. Dilihat dari sudut pandang ekonomi, negara penganut ideologi ini lebih maju karena ideologi ini mengedepankan untuk mencari sebuah keuntungan.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Gagasan utama paragraf pertama adalah ....

A

pengertian ideologi oleh ahli yaitu Harold H. Titus

B

 liberalisme adalah satu dari sekian banyak ideologi di dunia

C

ideologi adalah suatu pemikiran manusia yang digunakan dalam sistem pemerintahan untuk mencapai kesejahteraan masyarakatnya

D

adaptasi liberalisme dalam kehidupan sehari-hari sebagai salah satu ideologi yang dibuat oleh manusia

Pembahasan:

Mencari gagasan utama dapat melalui kalimat utama paragraf tersebut. Kalimat utama paragraf pertama berada di kalimat akhir, yaitu

Sehingga dapat disimpulkan bahwa ideologi adalah pemikiran manusia yang tertuang dalam hukum dan aturan yang ada dalam suatu negara dan digunakan untuk menjalankan pemerintahannya agar tercapai tujuan dan kesejahteraan masyarakatnya.

Dari kalimat tersebut dapat disimpulkan bahwa gagasan utama paragraf pertama berkaitan dengan pengertian ideologi, yaitu ideologi adalah suatu pemikiran manusia yang digunakan dalam sistem pemerintahan untuk mencapai kesejahteraan masyarakatnya.

Bahasa Indonesia Kelas 9 Membaca Buku Fiksi dan Nonfiksi Menggali informasi Buku Fiksi dan Nonfiksi KD3.13
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 43.926 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini