kejarcita-logo

Kegiatan Pembelajaran

1

Contoh RPP 1 Lembar
Nama Sekolah
: kejarcita
Tema/Bab
: 4/Instructing, Inviting, Asking for Permissions, and Responding (Ungkapan Perintah, Undangan, Meminta dan Menanggapi Izin)
Subtema
:
Muatan Terpadu
: Bahasa Inggris
Kelas/Semester
: 8/1
Alokasi Waktu
: 4 x 2JP
Metode pembelajaran
: -
Tujuan Pembelajaran
  1. Setelah membaca teks dialog yang diberikan, peserta didik mampu memahami isi dari dialog yang diberikan benar.
  2. Setelah membaca teks dialog dan berdiskusi dengan temannya, peserta didik dapat mengidentifikasi ungkapan perintah, undangan, meminta izin dan respon yang terdapat pada dialog dengan benar dan tepat.
  3. Setelah menyimak penjelasan guru serta berdiskusi, peserta didik dapat menggunakan ungkapan meminta dan memberi informasi terkait ungkapan perintah, undangan, meminta izin dan respon dengan tepat sesuai konteks.

Kegiatan Pembelajaran

1

Contoh RPP 1 Lembar
Pendahuluan
  1. Guru melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik.
  2. Guru menjelaskan cakupan materi, tujuan pembelajaran, penilaian dan manfaat materi/kegiatan pembelajaran.


Kegiatan Inti
  1. Guru memberikan stimulus kepada peserta didik berupa gambar/video situasi atau pertanyaan terkait dengan materi ungkapan perintah, undangan, meminta izin dan respon.
  2. Setelah itu, guru mengarahkan peserta didik untuk mengamati dan menanyakan kepada peserta didik terkait stimulus (gambar/video situasi) yang berkaitan dengan ungkapan yang dipelajari.
  3. Guru memberikan siswa sebuah dialog dan meminta peserta didik untuk membaca dialog tersebut.
  4. Guru menanyakan, mendiskusikan isi dari dialog serta meminta siswa untuk mengidentifikasi kalimat yang termasuk dalam materi ungkapan perintah, undangan, meminta izin dan respon.
  5. Guru memaparkan serta menjelaskan beberapa jenis ungkapan serta responnya kepada peserta didik.
  6. Setelah itu, guru memberikan beberapa kartu situasi kepada peserta didik serta meminta mereka untuk menggunakan ungkapan tersebut dalam bentuk percakapan/dialog dengan tepat sesuai konteks.


Penutup
  1. Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. 
  2. Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.


Penilaian Sikap

Guru melakukan observasi mengenai sikap kerjasama siswa dengan teman sebangkunya ketika berdiskusi, serta keaktifan siswa selama proses pembelajaran.

Penilaian Pengetahuan

Guru memberikan tes tertulis serta meminta siswa untuk melengkapi dialog yang rumpang dengan ungkapan yang tepat yang telah tersedia.

Penilaian Keterampilan

Guru meminta siswa untuk menggunakan/mempraktekkan ungkapan yang telah dipelajari berdasarkan kartu situasi.