kejarcita-logo

Kegiatan Pembelajaran

1

Contoh RPP 1 Lembar
Nama Sekolah
: Kejarcita
Tema/Bab
: 5/Wirausaha
Subtema
: 3. Ayo, Belajar Wirausaha
Muatan Terpadu
: Matematika, IPS, Prakarya
Kelas/Semester
: 6/1
Alokasi Waktu
: 6 JP
Metode pembelajaran
: -
Tujuan Pembelajaran
  1. Melalui kegiatan pengamatan gambar dan langkah pembuatan buklet, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri buklet dan membuat buklet dengan tepat.
  2. Melalui kegiatan mengerjakan soal, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari terkait bangun ruang gabungan dengan benar.
  3. Melalui kegiatan menggali informasi dari berbagai sumber, siswa dapat menjelaskan posisi dan peranan Indonesia di bidang ketenagakerjaan dalam lingkup ASEAN melalui debat dengan tepat. 
  4. Melalui kegiatan menggali informasi dari berbagai sumber, siswa dapat mempresentasikan posisi dan peranan Indonesia di bidang ketenagakerjaan dalam lingkup ASEAN melalui debat dengan terperinci.

Kegiatan Pembelajaran

1

Contoh RPP 1 Lembar
Pendahuluan
  1. Mengucapkan salam dan berdoa bersama.
  2. Apersepsi dengan menyebutkan cara mempromosikan suatu usaha.
  3. Menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti
  1. Siswa mengamati berbagai gambar buklet dan menuliskan pertanyaan tentang buklet yang diamati dilanjutkan dengan tanya jawab mengenai ciri-ciri buklet.
  2. Siswa membaca langkah-langkah pembuatan buklet dan membuat buklet secara berpasangan.
  3. Siswa berlatih menyelesaikan soal-soal bangun ruang gabungan secara mandiri.
  4. Siswa menyiapkan materi untuk melakukan debat secara berkelompok tentang kesiapan tenaga kerja Indonesia menghadapi MEA.
  5. Guru menjelaskan teknis pelaksanaan debat dan siswa memberikan argumen berdasarkan informasi, data dan fakta yang diketahui.
Penutup
  1. Siswa dan guru membuat rangkuman pembelajaran dan melakukan refleksi pembelajaran. 
  2. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari di pertemuan berikutnya. 
  3. Pembelajaran ditutup dengan do’a.
Penilaian Sikap
  1. Pengamatan terhadap sikap percaya diri, jujur dan kerjasama dalam pembelajaran.
Penilaian Pengetahuan
  1. Penilaian mengerjakan soal tentang bangun ruang gabungan.
Penilaian Keterampilan
  1. Terampil membuat buklet
  2. Terampil menyampaikan argumen mengenai posisi dan peran Indonesia di bidang ketenagakerjaan dalam debat.