kejarcita-logo

Kegiatan Pembelajaran

Nama Sekolah
: Kejarcita
Tema/Bab
: 8/Praja Muda Karana
Subtema
: 2. Aku Anak Mandiri
Muatan Terpadu
: Matematika, Bahasa Indonesia, Seni Budaya
Kelas/Semester
: 3/1
Alokasi Waktu
: 6 JP
Metode pembelajaran
: -
Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa mampu mengidentifikasi jenis lambang/simbol pramuka secara tepat melalui diskusi kelompok.
  2. Siswa mampu menceritakan makna lambang/simbol pramuka secara tepat melalui unjuk kerja. 
  3. Siswa mampu mengidentifikasi macam-macam bangun datar melalui gambar dan benda-benda di lingkungan sehari-hari secara tepat melalui tes tertulis.
  4. Siswa mampu mempraktekkan kombinasi gerak kuat lemah tangan, kaki dan kepala dalam tarian dengan benar melalui unjuk kerja.


Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan
  1. Guru membuka kelas dengan salam, menanyakan kabar dan menunjuk siswa untuk memimpin doa bersama. 
  2. Pengkondisian kelas dilakukan dengan yel-yel kelas. 
  3. Guru merefleksi kembali materi yang diajarkan sebelumnya. 
  4. Guru menjelaskan apa yang akan dipelajari pada pertemuan ini.
Kegiatan Inti
  1. Siswa mendiskusikan teks kemandirian dan kelengkapan seragam pramuka dan menyebutkan jenis lambang/simbol pramuka (Berpikir kritis).
  2. Siswa mendiskusikan perbedaan seragam biasa dan seragam pramuka serta menceritakan maknanya di depan kelas (Berpikir kritis).
  3. Siswa mengamati dan menyebutkan bentuk bangun datar yang ditemukan dalam atribut seragam pramuka (HOTS)
  4. Siswa membaca teks tentang lambang gerakan pramuka dan menari dengan tempurung kelapa sesuai dengan kombinasi gerak kuat badan (Kreatif).
Penutup
  1. Guru melakukan refleksi (tanya jawab) terkait Tema 8 Subtema 2. 
  2. Guru memberi apresiasi pada siswa dan penguatan.
  3. Kelas ditutup dengan doa dan salam penutup.
Penilaian Sikap
  1. Observasi sikap percaya diri saat praktik menari dan bercerita kembali
  2. Observasi sikap santun saat berdiskusi.
  3. Observasi jujur saat mengerjakan tes tertulis.
Penilaian Pengetahuan
  1. Tes tertulis 10 soal tentang jenis lambang/simbol pramuka
  2. Tes tertulis 10 soal  tentang membedakan bentuk bangun datar.
Penilaian Keterampilan
  1. Terampil menceritakan kembali makna simbol pramuka
  2. Terampil menari sesuai kombinasi gerak kuat badan.