kejarcita-logo

Kegiatan Pembelajaran

1

Contoh RPP 1 Lembar
Nama Sekolah
: Kejarcita
Tema/Bab
: 1/Hidup Rukun
Subtema
: 1. Hidup Rukun di Rumah
Muatan Terpadu
: Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Seni Budaya
Kelas/Semester
: 2/1
Alokasi Waktu
: 5 JP
Metode pembelajaran
: -
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan membaca, siswa dapat menyebutkan ungkapan hidup rukun yang ada dalam teks lagu dengan benar. 
  2. Dengan mengamati, siswa dapat menuliskan kalimat ungkapan hidup rukun yang ada dalam teks lagu dengan benar.
  3. Dengan bernyanyi, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi lagu tentang hidup rukun dengan benar.
  4. Dengan bernyanyi, siswa dapat menampilkan panjang pendek bunyi lagu tentang hidup rukun dengan benar.
  5. Dengan mengamati, siswa dapat membaca bilangan cacah sampai 999 melalui kumpulan gambar kubus dengan benar
  6. Dengan mengamati, siswa dapat menyebutkan bilangan yang bersesuaian dengan kumpulan objek, melalui kumpulan gambar kubus dengan benar

Kegiatan Pembelajaran

1

Contoh RPP 1 Lembar
Pendahuluan
  1. Guru membuka kelas dengan salam, menanyakan kabar dan meminta salah satu siswa untuk memimpin doa.
  2. Guru mereview kembali materi pada pertemuan sebelumnya.
  3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan materi yang akan dipelajari.
Kegiatan Inti

Mengamati 1:

  1. Guru meminta siswa mengamati syair lagu yang ada di dalam buku.
  2. Siswa mencocokkan makna dari kata-kata dalam syair lagu dengan ungkapan yang sudah ditentukan.
  3. Guru menuliskan tanda panjang pendek bunyi pada teks syair lagu di papan tulis dan meminta siswa mengamati tanda tersebut.

Mencoba:

  1. Guru meminta siswa menuliskan kalimat dengan menggunakan ungkapan yang ada di dalam syair lagu.
  2. Siswa menemukan makna dari kalimat ungkapan yang telah dibuat siswa.

Bernyanyi:

  1. Siswa memperhatikan guru dalam menyanyikan syair lagu dengan panjang pendek dan kuat lemah bunyi yang tepat
  2. Siswa menyanyikan syair lagu tersebut bersama-sama dengan guru sesuai dengan kuat lemah dan tanda panjang pendek yang sudah ditentukan guru.

Mengamati 2:

  1. Guru meminta siswa mengamati bilangan tiga angka yang ada pada gambar kubus di buku.
  2. Siswa menyebutkan bilangan tiga angka dengan menggunakan sekumpulan benda yang ada di sekitar siswa seperti kancing, atau lidi.

Berlatih:

  1. Siswa berlatih membaca bilangan tiga angka dan memasangkan gabungan gambar kubus di buku dengan bilangan yang sesuai
  2. Guru mengevaluasi kemampuan siswa.


Penutup
  1. Guru merefleksi dan memberi penguatan tentang materi pembelajaran yang telah dipelajari.
  2. Guru memberi kesempatan siswa untuk menjelaskan kembali poin-poin materi yang telah dipelajari.
  3. Guru menutup kelas dengan doa dan salam penutup.
Penilaian Sikap

Observasi dan pencatatan sikap disiplin, mandiri, percaya diri, jujur, dan tanggungjawab siswa selama kegiatan

Penilaian Pengetahuan
  1. Tes lisan tentang cara menyanyikan syair lagu dengan panjang pendek dan kuat lemah bunyi yang sesuai.
  2. Tes tertulis tentang memasangkan gabungan gambar kubus di buku dengan bilangan yang sesuai.
  3. Tes lisan tentang membaca bilangan tiga angka
Penilaian Keterampilan
  1. Penilaian praktik siswa saat menyanyikan syair lagu.
  2. Penilaian praktik saat membaca bilangan tiga angka