Rangkuman IPA SMP Kemagnetan

Kemagnetan | IPA | Kelas 9 | KD 3.6 & KD 4.6

Fisika Kemagnetan Kuis Kurikulum 2013 K13 IPA Mengetahui LOTS

Teori Dasar Kemagnetan

Magnet memiliki dua kutub 🡪 utara dan selatan.

Magnet berasal dari domain-domain magnet (magnet elementer) pada elektron di dalam bahan yang tersusun rapi.

Bahan-Bahan Magnetik

  1. Ferromagnetik (tertarik kuat oleh magnet) 🡪 misalnya: besi, kobalt, baja, nikel.
  2. Paramagnetik (tertarik lemah oleh magnet) 🡪 misalnya: magnesium, molibdenum, litium.
  3. Diamagnetik (sedikit ditolak oleh magnet) 🡪 misalnya: emas, perak, tembaga.

Cara Membuat Magnet

  • Menggosok bahan magnetik (besi atau baja) dengan magnet secara berulang-ulang dengan satu arah yang sama.
  • Induksi magnet 🡪 mendekatkan bahan magnetik (besi atau baja) dengan magnet.
  • Elektromagnet 🡪 mengalirkan arus listrik pada bahan magnetik (besi atau baja)

Kuis
5 Soal Level: Reguler
08 Juni 2020
Bilangan Cacah dan Pecahan Sederhana
Lihat
Rangkuman
16 Maret 2020
Komponen dan Interaksi Ekosistem

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Baca teks berikut ini dengan cermat.

Akibat adanya virus corona, segala jenis kegiatan belajar mengajar dalam lembaga pendidikan formal diliburkan untuk sementara waktu. Format pengajaran pun harus berubah. Sebagai gantinya guru dan siswa melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring/online. Namun kegiatan tersebut seringkali mengalami kendala. Hal itulah yang membuat seorang guru di Sumenep memutuskan datang ke rumah masing-masing siswa.

Guru tersebut adalah Avan Fathurrahman. Avan merupakan guru di Sekolah Dasar Negeri Batuputih Laok 3, Sumenep, Madura, Jawa Timur. Melalui unggahan di akun Facebook pribadinya, ia menceritakan perjuangannya mengajar di masa pandemi.

Pembelajaran dari rumah mewajibkan Avan memberikan instruksi dan materi pelajaran melalui gawai. Namun hal itu tidak semudah yang diharapkan. Penyebabnya adalah karena tak semua siswa memiliki gawai untuk belajar dari rumah. Jika pun mereka memiliki gawai, tak semua siswa tahu cara pemakaiannya. Selain itu, orangtua siswa sibuk bekerja di sawah, sehingga mereka tak memiliki waktu untuk membimbing anaknya.

Karena kendala tersebut, Avan mengaku terpaksa melanggar imbauan dari pemerintah. Ia berkeliling ke rumah-rumah siswa tiga kali dalam seminggu. Avan harus rela menempuh jarak yang lumayan jauh dan trek yang lumayan sulit karena masuk ke desa-desa. "Bahkan jika hujan, saya harus jalan kaki ke rumah siswa," ungkapnya ketika ditanyai mengenai kesulitannya dalam mengajar. "Saya sadar ini melanggar imbauan pemerintah, tapi mau gimana lagi?"

Unggahan Avan di Facebooknya tersebut kemudian viral. Banyak warganet yang tersentuh dan mendukung Avan. Sebuah akun yang bernama Uti Nyiut memberi komentar, "Semoga selalu diberi kesehatan, ya, Pak. Semoga ilmu yang diajarkan menjadi berkah." Akun lain yang bernama Rubi Rubiarsih juga memberi komentar, "Guru teladan, baik dijadikan contoh untuk semua guru di Indonesia."

Avan adalah guru yang sangat peduli terhadap keberlangsungan belajar siswanya. Semangatnya dalam mengajar bagaikan matahari yang senantiasa menyinari bumi. Ia rela mengorbankan waktu dan tenaganya agar siswanya bisa mendapat pelajaran yang layak. Inisiatifnya tersebut juga tetap ia sertai dengan kesadaran mematuhi protokol kesehatan.

(Sumber: Liputan6.com, dengan penyesuaian)

Penggunaan kata ekspresif dalam teks di atas terdapat pada paragraf ....

Bahasa Indonesia Level 9 Menulis Cerita Inspiratif Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Inspiratif KD3.12

Penyakit epididimitis ditandai dengan ....

IPA Level 9 Biologi Sistem Reproduksi Manusia Kesehatan Organ Reproduksi

Berdasarkan tokoh ceritanya, teks inspiratif dibagi menjadi beberapa jenis. Cerita yang mengisahkan pengalaman hidup seorang ahli agama adalah ....

Bahasa Indonesia Level 9 Menulis Cerita Inspiratif Identifikasi Cerita Inspiratif KD3.11

Cermati pidato berikut!

(1) Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera untuk kita semua,

(2) Yang saya hormati Bapak Ibu Wali Murid sekalian,

Dan anak-anak yang saya banggakan,

(3) Pertama-tama, marilah kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat bersilahturahmi dan berkumpul di tempat ini dalam keadaan tak kurang suatu apapun.

(4) Pada kesempatan ini, izinkanlah saya untuk menyampaikan gagasan dan pesan terkait dengan kenakalan remaja yang semakin marak di tengah perkembangan teknologi dan komunikasi saat ini. Di tengah gempuran perkembangan teknologi dan komunikasi, banyak anak-anak muda yang sukses dalam meniti kehidupan dan prestasi. Namun, di balik itu tidak sedikit juga yang terjerumus ke dalam kenakalan remaja seperti pergaulan dan sosial yang salah.

(5) Mudahnya informasi untuk didapatkan saat ini secara tidak langsung membuat perilaku anak-anak remaja juga di atas nalar pikir orang dewasa. Selain itu, kemudahan memperoleh informasi tersebut terkadang disalahgunakan oleh anak remaja untuk mengakses hal-hal yang seharusnya tidak diakses oleh remaja. Hal ini tentu saja meresahkan orang tua, karena anak remaja bisa mendapatkan pengetahuan mengenai sesuatu hal namun tanpa pengarahan yang tepat justru akan membuat anak remaja tersebut terjerumus ke hal-hal yang negatif. Penggunaan obat-obatan terlarang dan perilaku menyimpang, misalnya.

(6) Untuk itu, saya mengajak orang tua sekalian untuk semakin menjaga dan mengarahkan putra-putrinya dalam menelusuri dunia maya. Semakin banyak pemblokiran internet untuk jejaring yang dianggap tidak pantas untuk diakses yang seharusnya membantu para orang tua untuk menghindarkan putra-putrinya dari hal yang tidak diinginkan. Selain itu, saya mengajak anak muda sekalian, khususnya yang menghadiri acara ini. Berprestasilah setinggi mungkin, dan jadikan tiang agama dan norma sebagai pedoman dalam bersikap dan menjalani kehidupan agar tidak salah jalan. Ingatlah anak-anakku terkasih, jangan menyia-nyiakan kehidupan saat ini. Hiduplah agar menjadi berguna bagi sekitarmu. Mari berkarya dan berpartisipasi pula bagi kemajuan bangsa dan negeri kita ini.

(7) Demikian gagasan dan pendapat yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas perhatian Bapak-bapak, Ibu-ibu, dan teman-teman sekalian. Saya memohon maaf apabila terdapat kesalahan dan kekhilafan.

(8) Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Nomor (7) dan (8) termasuk dalam struktur pidato, yaitu ....

Bahasa Indonesia Level 9 Menulis Pidato Persuasif Struktur dan Kebahasaan Pidato Persuasif KD3.4

Bacalah kutipan novel berikut!

"Aku sudah berdoa dan berdoa dan berdoa terus menerus kepada Tuhan, tapi apa jawaban-Nya? Tidak ada! Nihil!" Arga nenghela nafas di sela-sela tegukan kopi panasnya. Bima tersenyum.

"Kawanku, sejak kapan kamu berdoa?" tanya Bima. "Sejak aku membutuhkan Tuhan!" jawab Arga.

"Dan kapan tepatnya kamu mulai membutuhkan Tuhan?" Bima kembali bertanya dengan tenang. "Saat aku membutuhkan pekerjaan ini untuk mencari uang," jawab Arga lagi.

"Begini, Ga, aku tidak ingin mengguruimu perihal urusan kepercayaanmu dan Tuhanmu. Tapi ketahuilah, hanya dengan berdoa saja Tuhan tidak akan menjawab doamu. Kau juga harus berusaha dalam tindakanmu. Mulailah bersedekah, melakukan hal baik, berusaha saat wawancara kerja, dan serahkan semuanya pada Tuhan. Tidak penting kamu mulai mencari Tuhan di saat kamu hanya butuh saja, tapi ketahuilah, Tuhan lebih menyukai umat-Nya yang selalu setia berdoa kepada-Nya dalam segala cobaan maupun sukacita hidup."

Nilai yang terkandung di dalam kutipan novel tersebut adalah ....

Bahasa Indonesia Level 9 Membaca Buku Fiksi dan Nonfiksi Hubungan Unsur-unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi KD4.13

Luas permukaan tabung yang memiliki diameter 18 cm dan tinggi 25 cm adalah ... cm2.

Matematika Level 9 Geometri Bangun Ruang Sisi Lengkung Luas dan Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung

Mekanisme biopulping sebagai salah satu teknologi yang ramah lingkungan adalah dengan ….

IPA Level 9 Fisika Teknologi Ramah Lingkungan Prinsip Teknologi Ramah Lingkungan

Perhatikan gambar berikut!


Jika AB = 15 cm dan BD = 9 cm, Hitunglah luas ABC\triangle ABC !

Matematika Level 9 Geometri Kesebangunan dan Kongruen Kesebangunan Kongruen dan Kesebangunan

Perhatikan jajaran genjang di bawah ini!

AE tegak lurus BC, AF tegak lurus CD, AB = 4 cm, BC = 8 cm, dan BE = 3 cm, maka panjang DF = ....

Matematika Level 9 Geometri Kesebangunan dan Kongruen Kesebangunan

Perhatikan tabel berikut!

Kesimpulan apakah yang dapat ditarik berkaitan dengan partikel-partikel subatom di atas? (Pilih semua jawaban yang benar!)

IPA Level 9 Kimia Partikel Penyusun Materi Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal