Rangkuman Bahasa Inggris SMP Continuous tenses

Future Continuous Tense | Bahasa Inggris | Kelas 9

Bahasa Inggris Continuous tenses Kuis Mengetahui LOTS

Definisi Future Continuous Tense

Future Continuous Tense merupakan pola kalimat yang digunakan untuk menyatakan bahwa suatu kejadian sedang berlangsung selama waktu tertentu pada waktu depan (future). Future Continuous Tense juga disebut dengan Future Progressive karena menyatakan kejadian yang progresif atau sedang berlangsung. 

Fungsi dari Future Continuous Tense

Menyatakan aktivitas di masa depan yang mendahului kejadian yang lebih pendek atau waktu lain.

Kejadian yang menggunakan future continuous tense dimulai sebelum dan akan berlanjut setelah kejadian/waktu kedua. Kita menggunakan kata ‘when’ untuk kejadian yang waktunya lebih pendek.

  • She will be waiting when you arrive. 

(Dia akan sedang menunggu ketika kamu datang.)

  • When he is in Japan, he will be staying in Nagoya Hotel. 

(Ketika dia di Jepang, dia akan tinggal di Hotel Nagoya.)

Menyatakan kejadian yang kita prediksi di masa depan di waktu yang spesifik.

  • Tonight at 9 pm, he will be watching a movie with me.

(Malam ini jam sembilan, dia akan sedang menonton film bersamaku.)

  • This time next week I will be enjoying how amazing Bali’s beach is.

(Pada waktu ini minggu depan aku akan sedang menikmati betapa indahnya pantai di Bali.)

Bertanya kepada orang dengan lebih sopan.

  • When will you be leaving?

(Kapan kamu akan pergi?)

Kalimat ini lebih sopan daripada ‘When you will leave?’ karena ini bukan sebuah permintaan untuk pergi atau mengusir seseorang.

  • Will Jim be coming with us?

(Apakah Jim akan datang bersama kita?)

Kalimat ini terdengar lebih sopan karena bermaksud untuk bertanya, bukan memaksa untuk datang.


Kuis
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Baca teks berikut ini dengan cermat.

Melisa, Siswa SD Berprestasi Meski Menulis Hanya Menggunakan Kaki

Melisa Diana Putri adalah seorang siswi difabel di SDN Tukul II Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Melisa duduk di kelas 8. Ia bercita-cita menjadi guru. Semangatnya sangat tinggi meski ia belajar dan beraktivitas menggunakan kaki.

Melisa mengikuti pelajaran di sekolah bersama teman-temannya seperti biasa. Namun saat menulis di buku tulis, dia menggunakan jari kaki. Oleh sekolah, meja khusus dia menulis dibuat lebih rendah dari tubuhnya. Saat menulis di papan tulis untuk mengerjakan tugas dari guru, ia juga menggunakan kaki. Kaki kirinya menopang tubuh agar seimbang, sementara kaki kanannya lincah menulis di papan tulis. Meski menggunakan kaki sejak lahir, tulisan Melisa rapi.

Meskipun memiliki keterbatasan fisik, Melisa sangat tekun dalam belajar. Ia sangat bersemangat meraih prestasi dan nilai baik. Menurut pengakuan gurunya, Melisa memang sangat jago matematika. Selain itu, Melisa juga hobi membaca. Buku apa pun dia baca. (1) Melisa mengaku, ia membaca buku untuk memperluas wawasan.

(2) Menurut Tri Adi Nurfeni, guru Bahasa Indonesia, Melisa meraih cukup banyak prestasi. Melisa pernah juara lomba baca, tulis dan hitung tingkat kecamatan, dan ditunjuk menjadi duta sekolah karena pengetahuannya yang bagus. Berkat pencapaian Melisa, Wakil Bupati Timbul Prihanjoko mengunjungi Melisa di sekolah. (3) Joko, panggilan akrab Wakil Bupati Probolinggi, terharu melihat semangat Melisa untuk meraih cita-cita. (4) Joko dan sejumlah pejabat Pemkab Probolinggo memberi sejumlah bantuan untuk kelanjutan belajar Melisa.

Melisa menjadi bukti bahwa keterbatasan fisik tidak menghalangi seseorang dalam meraih prestasi. Berkat ketekunan dalam belajar, Melisa dapat menghilangkan keterbatasan-keterbatasan itu tadi.

(Sumber: Kompas.com, dengan penyesuaian)

Kalimat yang menunjukan sikap empati yaitu ....

Bahasa Indonesia Level 9 Menulis Cerita Inspiratif Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Inspiratif Bahasa Indonesia K13 Kurikulum 2013 KD3.12

Kebiasaan memakai celana berbahan ketat akan mengganggu sistem reproduksi. Pada laki-laki, kebiasaan ini dapat meningkatkan suhu pada daerah kelamin. Apa akibat dari kondisi tersebut?

IPA Level 9 Biologi Sistem Reproduksi Manusia Struktur dan Fungsi Sistem Reproduksi IPA K13 Kurikulum 2013

Baca teks berikut ini dengan cermat.

Bukan Uang, Sekolah Ini Minta Siswanya Bayar Pakai Sampah Plastik

Akshar School in Assam

sumber gambar: https://www.iamrenew.com/



Selama ini, plastik selalu dipandang sebagai masalah dan limbah yang mengotori lingkungan. Tapi sebenarnya sampah juga mempunyai nilai guna apabila didaur ulang. Bahkan bagi sebagian orang, sampah adalah barang yang berharga dan menjadi tumpuan hidup. Contohnya, ada sekolah di India yang meminta sampah plastik sebagai pengganti uang sekolah yang harus dibayar oleh siswa.

Akshar Foundation adalah sekolah yang menerapkan program penerimaan limbah plastik untuk didaur ulang. Sekolah yang berada di Desa Pamohi, Guwahati, India tersebut didirikan oleh Parmita Sharma dan Mazin Mukthar. Program daur ulang limbah yang diterapkan oleh sekolah mereka juga mengajak siswa terlibat dalam pengumpulan dan pemisahan sampah.

Ketika awal membuka Akshar Foundation, Parmita dan Mazin mengalami kesulitan. Sebagian besar orangtua tidak mau memasukkan anak-anak mereka ke sekolah. Penyebabnya adalah karena mereka tidak punya biaya untuk membayar uang sekolah anaknya. Para orang tua memilih mengajak anaknya untuk bekerja di pertambangan. Namun Parmita dan Mizan tak patah semangat. Mereka mempunyai satu misi ingin memberikan pendidikan bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu.

Parmita dan Mazin pun akhirnya memulai program sekolah gratis untuk semua anak. Lebih tepatnya bukan gratis, melainkan mengganti uang sekolah dengan sampah plastik. Akshar Foundation mewajibkan para siswanya untuk mengumpulkan 25 buah sampah plastik per minggu dan membawanya ke sekolah. Program tersebut berawal ketika mereka menyadari ada masalah sosial dan lingkungan di sekitar sekolah mereka. Di sekolah, anak-anak belajar tentang pentingnya ramah lingkungan dan berperan aktif di masyarakat. Mereka juga belajar keterampilan yang sesuai dengan kesempatan kerja, seperti memasang panel surya, perkayuan, hingga memperbaiki peralatan elektronik.

Gerakan yang dilakukan Parmita dan Mazin didukung oleh masyarakat sekitar. Banyak toko dan rumah tangga yang menyebarkan pesan mereka dan ikut berperan dalam membersihkan daerah itu. Dukungan juga dirasakan dengan banyaknya anak yang mendaftar di Akshar Foundation. Sekolah yang bermula dengan 20 siswa tersebut kini sudah memiliki hampir 100 siswa yang berusia antara 4 - 15 tahun. Parmita dan Mizan berencana untuk membangun 100 sekolah serupa dalam 5 tahun ke depan.

(Sumber: Liputan6.com, dengan penyesuaian)

Tokoh utama dalam cerita di atas adalah ....

Bahasa Indonesia Level 9 Menulis Cerita Inspiratif Menulis Cerita Inspiratif Bahasa Indonesia K13 Kurikulum 2013 KD4.12 Video

Berikut merupakan unsur intrinsik yang terdapat dalam buku nonfiksi adalah ....

Bahasa Indonesia Level 9 Membaca Buku Fiksi dan Nonfiksi Hubungan Unsur-unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi Bahasa Indonesia K13 Kurikulum 2013 KD4.13

Cermati pilihan berikut!

  1. Kita harus menjaga kesehatan bukan karena ingin hidup abadi, karena kekekalan hanyalah milik Tuhan semata.
  2. Dalam memilih barang berharga, sudah sepatutnya kita menguji keasliannya agar tidak mudah tertipu.
  3. Data mengenai jumlah kematian yang diberikan oleh WHO akurat karena persis seperti apa yang terjadi di lapangan.
  4. Kebahagiaan dan kesedihan seseorang tidak diukur dari banyaknya harta kekayaan yang dimiliki.


Dari pilihan kalimat tersebut yang termasuk kalimat yang mengandung kosakata bersinonim adalah pilihan kalimat bernomor ....

Bahasa Indonesia Level 9 Menulis Pidato Persuasif Struktur dan Kebahasaan Pidato Persuasif Bahasa Indonesia K13 Kurikulum 2013 KD3.4

Bakteri Treponema pallidum adalah penyebab penyakit ....

IPA Level 9 Biologi Sistem Reproduksi Manusia Kesehatan Organ Reproduksi IPA K13 Kurikulum 2013

Langkah-Langkah Percobaan Membuat Tinta Tidak Terlihat

(1) Peras jus lemon ke dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes air ke dalam mangkuk tersebut.

(2) Tunggu jus tersebut kering sehingga tidak terlihat.

(3) Untuk membaca pesan tersebut dapat dilakukan dengan memanaskan kertas yang dipegang dengan mendekatkannya ke bola lampu.

(4) Kemudian aduk air dan jus lemon dengan menggunakan sendok.

(5) Celupkan cotton bud ke dalam campuran dan tulis pesan di atas kertas putih.

Urutan langkah-langkah percobaan tersebut yang benar adalah ...

Bahasa Indonesia Level 9 Menulis Laporan Percobaan Menulis Laporan Percobaan Bahasa Indonesia K13 Kurikulum 2013 KD4.2

Gambar Caping -  Bambu yang dipilih sebagai media hias caping tidak sembarang pengrajin akan memilih bambu yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda sehingga dihasilkan caping berbentuk kerucut yang sempurna. Pelindung kepada sesebuah perahu merupakan beberapa bentuk hiasan yang letakkan di hadapan perahu seperti bangau okok dan caping.  Terjual Caping Gunung Sawah Ladang Kebun Ternak Bahan Bambu - Download  Marttiini Rapala Classic Birch Caping Fixed Blade Knife 3 25 Satin Cbc35 - Download

Sumber Gambar: pinterest.com

Caping bambu pada umumnya berbentuk kerucut. Volume kerucut adalah ....

Matematika Level 9 Geometri Bangun Ruang Sisi Lengkung Luas dan Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung Matematika K13 Kurikulum 2013

Ciri-ciri dari bangun ruang sisi lengkung bola adalah ....

Matematika Level 9 Geometri Bangun Ruang Sisi Lengkung Unsur dan Ciri Bangun Ruang Sisi Lengkung Matematika K13 Kurikulum 2013

Nilai dari 727×525×329328×525×726\frac{7^{27}\times5^{25}\times3^{29}}{3^{28}\times5^{25}\times7^{26}} adalah...

Matematika Level 9 Bilangan Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar Bilangan Berpangkat Matematika K13 Kurikulum 2013

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal