Rangkuman Matematika SMP Penyajian dan Pengolahan Data

Penyajian dan Pengolahan Data | Matematika Kelas 7 | KD 3.12 & KD 4.12

Statistika Penyajian dan Pengolahan Data Kurikulum 2013 K13 Matematika Konsep LOTS
Penyajian dan Pengolahan Data
Matematika Kelas 7
Pengertian dan Cara Mengumpulkan Data
Data adalah kumpulan informasi dari suatu objek, kejadian, atau narasumber. Berikut cara-cara mengumpulkan data:
Wawancara
Wawancara adalah cara mengumpulkan data dengan mengajukan pertanyaan secara langsung kepada narasumber. Sebagai contoh, data tentang kehidupan satu keluarga pada daerah pedesaan, maka informasi tersebut dapat dikumpulkan dengan melakukan wawancara langsung kepada anggota keluarga di daerah pedesaan.
Kuisioner
Kuisioner atau angket adalah cara mengumpulkan data dengan mengirimkan daftar pertanyaan ke narasumber. Sebagai contoh, untuk mengetahui fasilitas mana saja yang memuaskan dan yang perlu diperbaiki di suatu sekolah, maka informasi tersebut dapat dikumpulkan dengan membuat angket yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan fasilitas sekolah.
Observasi
Observasi atau pengamatan adalah cara mengumpulkan data dengan mengamati objek atau kejadian. Sebagai contoh, data tentang tinggi badan dan berat badan siswa dalam satu kelas dapat dikumpulkan dengan melakukan pengukuran tinggi dan berat badan masing-masing siswa dalam satu kelas.
Penyajian Data
Diagram Batang
Dalam diagram batang dibutuhkan sumbu datar yang menyatakan kategori tertentu dan sumbu tegak untuk menyatakan nilai data. Sumbu tegak dibagi menjadi beberapa skala dengan bagian yang sama. Berikut contoh data pekerjaan kepala keluarga di suatu wilayah RT yang disajikan dalam diagram batang.

Cara membaca diagram tersebut dengan melihat sumbu mendatar terlebih dahulu untuk mengetahui kategori yang bersangkutan. Selanjutnya melihat sumbu tegak yang sesuai dengan kategori yang ingin dibaca untuk mengetahui nilai kategori tersebut.
Dari diagram di atas dapat dilihat bahwa ada 15 kepala keluarga yang bekerja sebagai PNS, 20 kepala keluarga sebagai wirausaha, 15 kepala keluarga sebagai karyawan swasta, dan 25 kepala keluarga sebagai buruh.
Diagram Garis
Diagram garis biasanya digunakan untuk menyajikan data yang berkesinambungan seperti jumlah penduduk tiap tahun, hasil panen tiap tahun, atau nilai rupiah dalam satu tahun. Dalam diagram garis sumbu mendatar menunjukkan waktu pengamatan, sedangkan sumbu tegak menunjukkan nilai data pengamatan untuk suatu waktu tertentu. Berikut contoh data jumlah siswa di suatu sekolah dasar dari tahun 2015-2020 yang disajikan dalam diagram garis.

Cara membaca diagram garis sama dengan cara membaca diagram batang. Pertama dengan melihat sumbu mendatar terlebih dahulu untuk mengetahui waktu tertentu. Selanjutnya melihat sumbu tegak yang sesuai dengan waktu yang ingin dibaca untuk mengetahui nilai waktu tersebut.
Pada diagram garis di atas, dapat dilihat bahwa jumlah siswa di tahun 2015 ada 180 siswa, di tahun 2016 ada 200 siswa, di tahun 2017 ada 240 siswa, di tahun 2018 ada 200 siswa, di tahun 2019 ada 185 siswa, dan di tahun 2020 ada 250 siswa.
Diagram Piktogram
Diagram piktogram adalah penyajian data dengan menggunakan gambar atau lambang yang menyerupai keadaan fisik suatu objek atau informasi yang akan diberikan. Dalam diagram piktogram biasanya digunakan dua kolom dimana kolom pertama menyatakan kategori tertentu dan kolom kedua menyatakan nilai kategori tersebut. Berikut contoh data pesanan baju lebaran komunitas penjahit di suatu wilayah RT yang disajikan dalam diagram piktogram.








Langkah pertama membaca diagram piktogram adalah dengan mengetahui nilai dari satu gambar atau lambang yang diberikan. Selanjutnya melihat kolom pertama yang berisi kategori tertentu. Kemudian melihat kolom kedua untuk mengetahui nilai kategori tersebut dengan menyesuaikan nilai dari satu gambar atau lambang yang diberikan.
Pada diagram di atas kita dapat melihat bahwa satu bunga utuh bernilai 50 baju. Dikarenakan satu bunga memiliki 5 kelopak, maka masing-masing kelopak bunga bernilai 10 baju. Dengan demikian, Bu Beti memiliki pesanan sebanyak 120 baju, Bu Lina 135 baju, Bu Nurul 150 baju, Bu Jihan 140 baju, dan Bu Lutfi 120 baju.
Diagram Lingkaran
Diagram lingkaran adalah penyajian data dengan menggunakan gambar yang berbentuk lingkaran. Diagram lingkaran dapat disajikan dalam persen atau derajat. Untuk membuat diagram lingkaran, terlebih dahulu ditentukan besarnya persentase atau bagian lingkaran untuk setiap objek terhadap keseluruhan data.
Diagram lingkaran dalam bentuk persen
Penyajian data dalam diagram lingkaran terbagi atas beberapa juring yang dinyatakan dalam bentuk persen (%). Besarnya persentase dapat menentukan besarnya nilai data atau frekuensi dari suatu data tertentu. Jika juring dinyatakan dalam persen maka untuk satu lingkaran penuh adalah 100%.
Rumus diagram lingkaran dalam bentuk persen
Besar persentase
Berikut contoh data hobi 50 siswa dalam satu kelas yang disajikan dalam bentuk diagram lingkaran.

catatan untuk ilustrator: yg 10 % kalau bisa dimasukkin ke diagramny
Frekuensi dari masing-masing kategori hobi adalah:
Renang siswa
Membaca siswa
Menyanyi siswa
Bersepeda siswa
Lainnya siswa
Diagram lingkaran dalam bentuk derajat
Penyajian data dalam diagram lingkaran terbagi atas beberapa juring yang dinyatakan dalam bentuk derajat (). Besarnya derajat dapat menentukan besarnya nilai data atau frekuensi dari suatu data tertentu. Jika setiap juring dinyatakan dalam derajat maka besarnya sudut dalam satu lingkaran penuh adalah 360 derajat.
Rumus diagram lingkaran dalam bentuk derajat
Besar derajat
Berikut penyajian data sebelumnya berupa data hobi 50 siswa dalam satu kelas yang disajikan dengan diagram lingkaran bentuk derajat.
Kuis
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Read the text below and answer the question.

picture: freepik.com

My name is Kirana. I am an artist. I draw everyday. I work in my gallery at Jalan Laksa Adisucipto, Yogyakarta. I usually draw scenery and famous people.

What does Kirana do? She is ....

Bahasa Inggris Level 7 Bahasa Inggris Describing oneself Self Introduction K13 Kurikulum 2013

Pernyataan berikut yang merupakan pertidaksamaan linear satu variabel adalah ...

Matematika Level 7 Aljabar Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Kalimat Benar, Salah, dan Terbuka Matematika K13 Kurikulum 2013

Yang merupakan faktorisasi bentuk aljabar 10x + 5y adalah ….

Matematika Level 7 Aljabar Bentuk Aljabar Faktorisasi Bentuk Aljabar Matematika K13 Kurikulum 2013

Penulisan alamat pada kop surat yang benar adalah ….

Bahasa Indonesia Level 7 Menulis Surat Pribadi dan Surat Dinas Menulis Surat Pribadi dan Surat Dinas Bahasa Indonesia K13 Kurikulum 2013

Pada kubus PQRS.TUVW, tentukan kedudukan garis RT dan SU!

Matematika Level 4 Geometri Garis dan Sudut Hubungan Antar Garis Matematika K13 Kurikulum 2013

Dari keempat sifat berikut, yang bukan merupakan sifat belah ketupat adalah ....

Matematika Level 7 Geometri Segiempat dan Segitiga Sifat-Sifat Segiempat dan Segitiga Matematika K13 Kurikulum 2013

Hasil dari 12,625+51612,625+5\frac{1}{6} adalah ....

Matematika Level 7 Bilangan Bilangan dan Operasi Hitung Bilangan Operasi Hitung Pecahan Matematika K13 Kurikulum 2013

Ayahku orang yang sabar. Beliau tidak pernah memarahiku ketika aku berbuat kesalahan. Sebaliknya, beliau menasihatiku agar aku tidak mengulangi tingkah lakuku yang buruk. Aku sangat sayang pada ayahku.

Kalimat utama teks deskripsi tersebut terdapat pada kalimat ....

Bahasa Indonesia Level 7 Menulis Teks Deskripsi Struktur dan Kebahasaan Teks Deskripsi Bahasa Indonesia K13 Kurikulum 2013 KD3.2

Jumlah tiga bilangan ganjil positif berurutan adalah 15. Hasil kali ketiga bilangan tersebut adalah ....

Matematika Level 7 Aljabar Bentuk Aljabar Penerapan Bentuk Aljabar Matematika K13 Kurikulum 2013

Nilai q pada persamaan

5 (4q 8) = 2 (7q + 13) adalah ....

Matematika Level 7 Aljabar Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) Matematika K13 Kurikulum 2013

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal