Rangkuman Bahasa Indonesia SD Gagasan Teks

Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4 | Tema 1 Indahnya Kebersamaan | Subtema 1 Keragaman Budaya Bangsaku | KD 3.1, KD 3.2, KD 4.1 & KD 4.2

 

Membaca Gagasan Teks Kuis Konsep Kurikulum 2013 K13 Bahasa Indonesia Mengetahui LOTS
GAGASAN POKOK TEKS

Gagasan pokok teks adalah hal pokok yang diungkapkan dalam teks. Nama lain gagasan pokok ialah gagasan utama, gagasan inti, ide pokok, pokok pikiran, pikiran utama, pokok pembicaraan, pokok masalah, dan inti masalah.
Ide pokok dapat diketahui dalam kalimat utama atau kalimat pokok. Maka dari itu, kita harus mengetahui terlebih dahulu posisi kalimat utama dalam teks atau paragraf. Ciri-ciri kalimat utama adalah
merupakan pernyataan umum;
berisi permasalahan (topik) yang diuraikan lebih lanjut;
kalimat lengkap yang berdiri sendiri; dan
mempunyai arti yang jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lain.
Posisi kalimat utama bisa terletak di awal, akhir, atau awal dan akhir paragraf. Berdasarkan posisi kalimat utama tersebut, paragraf dibedakan menjadi tiga sebagai berikut:
1. Paragraf Deduktif
Paragraf deduktif adalah paragraf yang posisi kalimat utamanya terletak di awal paragraf.
Contoh:
Matahari sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Sinar matahari di pagi hari dapat membantu pembentukan vitamin D dalam tubuh. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk berjemur di pagi hari. Selain bermanfaat untuk tubuh, matahari juga menghasilkan energi yang bermanfaat bagi kehidupan.
Sumber: bobo.grid.id dengan penyesuaian
Kalimat utama paragraf di atas terletak pada kalimat pertama.
Matahari sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.
Kalimat tersebut merupakan pernyataan umum. Kalimat tersebut dijelaskan lebih lanjut pada kalimat-kalimat setelahnya. Karena fungsinya menjelaskan kalimat utama, kalimat-kalimat setelahnya ini disebut sebagai kalimat penjelas. Kalimat-kalimat setelahnya pada paragraf di atas menjelaskan manfaat matahari bagi kehidupan manusia.
Setelah menemukan kalimat utama, kita bisa menentukan gagasan pokoknya. Gagasan pokok teks biasanya lebih pendek daripada kalimat utama karena hanya mengambil inti kalimat utama.
Kalimat utama: Matahari sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.Gagasan pokok: Manfaat matahari bagi kehidupan.
2. Paragraf Induktif
Paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf. Kalimat-kalimat sebelumnya merupakan kalimat penjelas.
Contoh:
Kemasan yang menarik menjadi kunci penting agar jamu bisa laku di pasar Tiongkok. Hal tersebut disampaikan oleh Djauhari Oratmangun, Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok dan Mongolia. Selain itu, Djauhari menambahkan penceritaan terkait kisah di balik produk jamu juga menjadi daya tarik pembeli. Itulah dua faktor penting yang menjadikan jamu bisa diterima di pasar Tiongkok.
Sumber: kompas.com dengan penyesuaian
Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat terakhir.
Itulah dua faktor penting yang menjadikan jamu bisa diterima di pasar Tiongkok.
Kalimat tersebut merupakan pernyataan umum. Penjelasan lebih lanjut diuraikan terlebih dahulu di kalimat-kalimatnya sebelumnya.
Kalimat tersebut adalah pernyataan umum. Kalimat tersebut dijelaskan lebih lanjut pada kalimat-kalimat setelahnya. Dengan kata lain, kalimat-kalimat penjelas mendahului kalimat utama.
Kalimat utama yang terletak di akhir paragraf biasanya ditandai dengan kata kunci, seperti jadi, oleh karena itu, dan dengan demikian. Kata kunci yang menandai kalimat utama pada paragraf di atas adalah itulah.
Setelah menemukan kalimat utama, kita bisa menentukan gagasan pokoknya. Gagasan pokok teks biasanya lebih pendek daripada kalimat utama karena hanya mengambil inti kalimat utama.
Kalimat utama: Itulah dua faktor penting yang menjadikan jamu bisa diterima di pasar Tiongkok. Gagasan pokok: Dua faktor penting yang menjadikan jamu bisa diterima di pasar Tiongkok.
3. Paragraf Campuran (Deduktif-Induktif)
Paragraf campuran (deduktif-induktif) adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal dan akhir paragraf.
Contoh:
Air kelapa memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat. Air kelapa mengandung karbohidrat setara dengan sepuluh gram setiap butirnya. Air kelapa juga mengandung lemak, tetapi hanya sedikit. Selain itu, air kelapa juga sedikit mengandung protein. Vitamin C dan B1 juga ditemukan dalam air kelapa. Mineral, elektrolit, dan zat antioksidan juga terkandung dalam air kelapa. Jadi, kandungan dalam air kelapa sangat bermanfaat bagi tubuh.
(Sumber: sehatq.com dengan penyesuaian)
Kalimat utama pada paragraf di atas terletak di awal dan akhir paragraf. Kalimat pertama paragraf merupakan pernyataan umum.
Air kelapa memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat.
Kalimat tersebut dijelaskan lebih lanjut pada kalimat-kalimat setelahnya. Selain itu, kalimat terakhir paragraf menyimpulkan kembali permasalahan yang sudah dijelaskan. Kata penanda yang digunakan adalah jadi.
Jadi, kandungan dalam air kelapa sangat bermanfaat bagi tubuh.
Setelah menemukan kalimat utama, kita bisa menentukan gagasan pokoknya. Gagasan pokok teks biasanya lebih pendek daripada kalimat utama karena hanya mengambil inti kalimat utama.
Kalimat utama:Air kelapa memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat.Kandungan dalam air kelapa sangat bermanfaat bagi tubuh.
Gagasan pokok: Air kelapa memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat bagi tubuh.








Kuis
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Puncak gunung tertinggi di dunia adalah Mount Everst. Tinggi Mount Everst 8.848 m. Perkiraan tinggi Mount Everst adalah ... m

Matematika Level 4 Bilangan Penaksiran dan Pembulatan Pembulatan Kelas IV Kurikulum 2013 K13 Matematika

Zat gizi Omega 3 banyak manfaatnya seperti untuk perkembangan otak dan kesehatan jantung. Dalam 150 gram ikan salmon terkandung 3 gram Omega 3. Berapa % kandungan Omega 3 dalam ikan salmon?

Matematika Level 4 Bilangan Pecahan Bentuk Pecahan Kelas IV Kurikulum 2013 K13 Matematika

Dari 10 pekarangan rumah yang ada di RT 01, ada 5 yang ditanami pohon cabai. Berapa bagiankah pekarangan di RT 01 yang terdapat pohon cabainya?

Matematika Level 4 Bilangan Pecahan Pecahan Senilai Kelas IV Kurikulum 2013 K13 Matematika

Zaka pergi bertamasya ke kebun binatang bersama keluarganya. Tepat di sebelah kandang singa, dia melihat seekor unta. Unta tersebut memiliki punuk. Punuk unta berfungsi untuk ....

IPA Level 4 Biologi Bagian Tubuh Hewan dan Tumbuhan Bagian Tubuh Hewan Kelas IV Kurikulum 2013 K13 IPA

Amanat adalah ....

Bahasa Indonesia Level 4 Membaca Buku Sastra Ulasan Buku Sastra KD3.5 Kelas IV Kurikulum 2013 K13 Bahasa Indonesia

Faktor persekutuan 18 dan 24 yang habis dibagi 3 adalah ...

Matematika Level 4 Bilangan Faktor dan Kelipatan Faktor Persekutuan Kelas IV Kurikulum 2013 K13 Matematika

Look at the following photo.

Source: kapanlagi.com

Do you know Sule? He is a comedian on TV series.

What does a comedian do?

Bahasa Inggris Level 4 Bahasa Inggris Jobs Information about Jobs Kelas IV Kurikulum 2013 K13

Hal yang mungkin terjadi apabila tidak terdapat penguasaan dalam kelancaran dan kecepatan saat membaca puisi adalah ....

Bahasa Indonesia Level 8 Menulis Puisi Menulis Puisi KD3.8 Kelas VIII Kurikulum 2013 K13 Bahasa Indonesia

Bentuk paruh burung pemakan daging ditunjukkan oleh gambar ….

IPA Level 4 Biologi Bagian Tubuh Hewan dan Tumbuhan Bagian Tubuh Hewan Kelas IV Kurikulum 2013 K13 IPA

Download this Portrait of young woman dancing with grace Free Photo

Fill in the blank with the correct verb.

She is a dancer. She ____ on the stage.

Bahasa Inggris Level 4 Bahasa Inggris Jobs Simple Present Tense Kelas IV Kurikulum 2013 K13

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal