Rangkuman IPA SD Tata Surya

Tata Surya | IPA | Kelas 6 | Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar | Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan | KD 3.7 & KD 4.7

Astronomi Tata Surya Subtema 1 Tema 9 Kuis Konsep Kurikulum 2013 K13 IPA Mengetahui LOTS
Tata Surya
(IPA Kelas 6)

Kompetensi Dasar:
3.11 Memahami sistem tata surya, rotasi dan revolusi bumi, rotasi dan revolusi bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi
4.11 Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagi kehidupan di bumi, berdasarkan hasil pengamatan atau penelusuran berbagai sumber informasi

Tata surya terdiri dari Matahari (sebagai pusat) dan semua benda angkasa (planet, komet, dan asteroid) yang mengitarinya.
Teori heliosentris yang dikemukakan oleh Nicolas Copernicus, menyatakan bahwa planet bergerak mengelilingi Matahari.
Johannes Kepler menemukan bahwa bentuk orbit planet tidak melingkar, tetapi oval atau elips. Letak Matahari tidak di pusat orbit, tetapi sedikit offset.

KARAKTERISTIK ANGGOTA TATA SURYA
Matahari
Matahari adalah bintang berupa bola gas panas dan bercahaya yang menjadi pusat sistem tata surya.
Unsur utama yang membentuk Matahari adalah hidrogen (73,5%) dan helium (25%).
Matahari terdiri dari 4 lapisan.
-Inti matahari memiliki suhu 1,5 x 107 K untuk mempertahankan reaksi fusi termonuklir sebagai sumber energi Matahari.
-Fotosfer memiliki suhu sekitar 6.000 K dengan ketebalan 300 km. Radiasi Matahari keluar dan sampai ke Bumi. Terdapat bintik Matahari (sunspot), yaitu daerah dengan medan magnet yang kuat, dingin, dan lebih gelap.
-Kromosfer memiliki suhu sekitar 4.500 K dan ketebalan 2.000 km.
-Korona, lapisan terluar Matahari dengan suhu sekitar 1.000.000 K dan ketebalan 700.000 km. Korona terlihat seperti mahkota berwarna keabu-abuan saat terjadi gerhana matahari total.

Planet
Planet adalah benda langit yang tidak dapat memancarkan cahaya sendiri.
Planet dalam dan planet luar dibatasi dengan Sabuk Asteroid (di antara Mars dan Jupiter).


Komet
Komet atau bintang berekor merupakan benda langit yang mengelilingi Matahari dengan orbit yang sangat lonjong.
Bagian komet
Inti komet, bagian komet yang berukuran lebih kecil, padat, dan tersusun dari debu dan gas.
Koma, daerah kabut di sekitar inti.
Ekor komet, bagian yang berukuran lebih panjang dengan arah yang selalu menjauhi Matahari karena dorongan angin dan radiasi Matahari.

Asteroid
Asteroid terbentuk dari batu luar angkasa, mengandung sedikit logam seperti nikel dan besi, dan bergerak mengelilingi Matahari.
Asteroid berkumpul pada lintasan yang bernama Sabuk Asteroid (main asteroid belt) di antara Mars dan Jupiter.
Meteoroid, Meteor, dan Meteorit
Meteoroid memiliki sifat melayang-layang secara bebas dan tidak mengelilingi benda apa pun. Meteoroid berasal dari pecahan komet atau asteroid.
Meteor adalah meteoroid yang jatuh ke Bumi dan terbakar habis oleh atmosfer Bumi. Meteoroid jatuh karena tertarik oleh gaya gravitasi Bumi.
Meteorit adalah meteor yang tidak terbakar sempurna dan sampai ke permukaan Bumi.
ROTASI DAN REVOLUSI BUMI
Rotasi Bumi
Rotasi bumi adalah perputaran bumi pada porosnya. Periode rotasi bumi adalah 23 jam 56 menit 4 detik atau satu hari. Arah rotasi bumi dari barat ke timur atau berlawanan arah jarum jam.
Dampak Rotasi Bumi
Gerak semu harian matahari. Matahari seolah-olah terbit dari timur dan tenggelam ke arah barat.
Perbedaan waktu. Sekali berotasi, bumi menempuh 360° selama 24 jam. Artinya, 1° ditempuh selama 4 menit. Dengan demikian, tempat-tempat yang berbeda 15° bujur akan berbeda waktu 1 jam.
Pergantian siang dan malam. Bagian bumi yang sedang menghadap matahari akan mengalami siang. Sebaliknya, bagian bumi yang membelakangi matahari akan mengalami malam.
Bentuk bumi tidak bulat sempurna. Bentuk bumi yang sebenarnya adalah menggembung di bagian khatulistiwa dan mampat atau datar di bagian kutub-kutubnya.

Revolusi Bumi
Revolusi bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari. Periode revolusi bumi adalah 365 ¼ hari atau satu tahun. Ketika bumi berevolusi, poros bumi tidak tegak lurus terhadap bidang ekliptika, melainkan miring sebesar 23,5°.
Dampak Revolusi Bumi
Gerak Semu Tahunan Matahari
Berdasarkan gambar berikut, kedudukan matahari seolah-olah bergeser dari khatulistiwa (21 Maret), ke arah utara/23,5º LU (21 Juni), ke khatulistiwa lagi (23 September), ke arah selatan/23,5º LS (22 Desember) dan kembali lagi ke khatulistiwa (21 Maret). Pergeseran tersebut disebut dengan gerak semu tahunan matahari.


Perubahan Lamanya Siang dan Malam
Jika matahari sedang berada di belahan bumi utara, maka lama siang di bagian utara akan lebih panjang. Sebaliknya, jika matahari sedang berada di belahan bumi selatan, maka lama siang di bagian utara akan lebih singkat.
Saat matahari berada tepat di atas khatulistiwa, maka lama siang dan malam di seluruh wilayah bumi adalah sama, yaitu masing-masing 12 jam.

Terjadi Pergantian Musim

Angin Muson
Posisi matahari yang berubah-ubah menyebabkan pemanasan bumi menjadi tidak merata. Perbedaan suhu yang cukup tinggi antara belahan bumi utara dengan belahan bumi selatan menyebabkan terjadinya pergerakan angin dari kedua bagian bumi tersebut, yang disebut sebagai angin muson.


BULAN DAN PERGERAKANNYA
Bulan adalah satelit Bumi.
Permukaan bulan adalah dataran kering dan tandus, banyak kawah, terdapat pegunungan, tidak memiliki atmosfer, bunyi tidak dapat merambat, tidak ada siklus air, tidak ditemukan makhluk hidup, dan sangat gelap gulita.
Dalam peredarannya, bulan melakukan tiga gerakan sekaligus, yaitu rotasi, revolusi, dan bersama-sama dengan bumi mengitari matahari.
Periode rotasi bulan sama dengan periode revolusi bulan mengelilingi bumi, yaitu 27,3 hari. Akibatnya, muka bulan yang menghadap bumi selalu sama, yakni separuh bagian dan bagian lain tidak pernah menghadap bumi.
Satu bulan sideris adalah waktu yang diperlukan bulan untuk mengelilingi bumi atau bulan kembali ke kedudukan semula, yakni 27,3 hari.
Satu bulan sinodis adalah waktu yang diperlukan oleh bulan untuk mengelilingi bumi sampai tampak seperti semula, yakni 29,5 hari.
Kedudukan bulan yang berbeda-beda menghasilkan bentuk bulan yang berbeda pula yang disebut dengan fase bulan.
[Pakai ilustrasi dari Rangkuman Tata Surya Kelas 6, Fase Bulan]

PASANG-SURUT AIR LAUT
Pasang adalah peristiwa naiknya permukaan air laut.
Surut adalah peristiwa turunnya permukaan air laut.
Pasang-surut air laut terjadi akibat pengaruh gravitasi Matahari dan gravitasi bulan.
Pasang Purnama terjadi ketika bulan purnama. Ketinggian pasang maksimum karena arah gravitasi bulan dan matahari sama atau searah.
Pasang Perbani terjadi ketika kuarter pertama dan kuarter ketiga (bulan separuh). Ketinggian pasang minimum karena arah gravitasi bulan dan matahari tegak lurus.
[Ilustrasi pasang dan surut air laut]


GERHANA BULAN DAN GERHANA MATAHARI
Gerhana Bulan
Gerhana bulan terjadi jika bumi berada di antara matahari dan bulan.
Akibatnya, bulan tidak menerima cahaya dari matahari sehingga bulan tidak terlihat oleh pengamat di bumi.
Gerhana bulan terjadi pada malam hari dan durasinya relatif lebih lama.
Apabila bulan berada pada daerah umbra bumi, maka terjadi gerhana bulan total. Apabila bulan memasuki daerah penumbra, maka terjadi gerhana bulan sebagian (parsial).
[Pakai ilustrasi dari Rangkuman Tata Surya Kelas 6]
Gerhana Matahari
Gerhana matahari terjadi ketika bulan berada di antara matahari dan bumi, yang terjadi pada saat fase bulan baru.
Gerhana matahari terjadi pada siang hari dan durasinya relatif lebih singkat.
Gerhana matahari total (GMT) terjadi ketika umbra bulan menutupi suatu daerah di permukaan bumi.
Gerhana matahari sebagian (GMS) terjadi ketika penumbra bulan menutupi suatu daerah di permukaan bumi sehingga hanya sebagian cahaya matahari yang masih sampai di daerah tersebut. Akibatnya hanya terjadi gelap sebagian.
Gerhana matahari cincin (GMC) terjadi ketika bulan berada pada titik terjauhnya dari bumi. Akibatnya bulan tidak sepenuhnya menutupi cahaya matahari dan terlihat seperti cincin.
[Pakai ilustrasi dari Rangkuman Tata Surya Kelas 6]
Kuis
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Di dalam ruangan terdapat 15 tumpuk piring. Setiap tumpuk berisi 25 buah. Piring-piring tersebut akan dimasukkan ke dalam kardus. Setiap kardus berisi 12 buah. Banyak piring yang tidak masuk kardus adalah ...

Matematika Level 6 Bilangan Operasi Hitung Bilangan Bulat dan Pecahan Operasi Hitung Bilangan Bulat Matematika K13 Kurikulum 2013

Perhatikan garis bilangan dibawah ini!

Kalimat matematika yang sesuai dengan gambar di atas adalah ...

Matematika Level 6 Bilangan Operasi Hitung Bilangan Bulat dan Pecahan Operasi Hitung Bilangan Bulat Matematika K13 Kurikulum 2013

Manusia merupakan makhluk hidup yang berkembang biak dengan cara kawin antar jenis kelamin yang berlawanan (laki-laki dengan perempuan). Oleh karena itu, manusia termasuk makhluk hidup yang berkembang biak secara .…

IPA Level 6 Biologi Perkembangbiakan Makhluk Hidup Perkembangbiakan Manusia IPA K13 Kurikulum 2013

Seorang siswa memiliki nilai rata-rata tes 76 dari lima kali tes. Jika nilai terendah dihilangkan rata-rata nilai menjadi 85. Nilai terendah tersebut adalah ...

Matematika Level 6 Statistika Data Tunggal Mean Matematika K13 Kurikulum 2013 Video

Bacalah laporan berikut!

Siswa kelas V SD Sinar Terang melakukan penelitian untuk mengetahui dan memahami ciri-ciri pohon jati. Dalam rangka penelitian ini, mereka mengunjungi hutan jati di dekat sekolah pada tanggal 10 Januari 2019. Hasil pengamatan yang diperoleh yaitu pohon jati termasuk tumbuhan dikotil. Kesimpulan ini didapatkan karena pengamatan berikut: tulang daunnya menyirip, akarnya tunggang, jenis pohon berkayu. Selain itu, semakin lama batang jati semakin besar. Hal ini dapat diketahui karena adanya lingkaran tahun yang terlihat pada batang pohon yang telah ditebang. Lingkaran tahun ini dapat digunakan untuk menentukan umur pohon.

Kesimpulan laporan hasil pengamatan tersebut adalah ....

Bahasa Indonesia Level 6 Menulis Teks Laporan Hasil Pengamatan Menyimpulkan Informasi Bahasa Indonesia K13 Kurikulum 2013 KD3.1

Kalimat tanya yang sesuai untuk menanyakan informasi pada kalimat ketiga paragraf pertama adalah ….

Bahasa Indonesia Level 6 Membaca Buku Sejarah Menggali Informasi (5W+1H) Bahasa Indonesia K13 Kurikulum 2013

Ayam, kura-kura, dan kupu-kupu merupakan hewan yang berkembangbiak dengan cara ....

IPA Level 6 Biologi Perkembangbiakan Makhluk Hidup Perkembangbiakan Hewan IPA K13 Kurikulum 2013

Complete the sentence below.

Family hiking in the Mountains | Family cartoon, Drawing for kids, Hiking  pictures

Source: pinterest.com

Last holiday, my friends and I (1) ______. We went there by (2) ______. There, we (3) ______. It was a fun holiday!

The best word to complete point (1) is .... 

Bahasa Inggris Level 6 Bahasa Inggris Past Holidays Recount Text K13 Kurikulum 2013

Dian mempunyai sebuah karton berukuran 20×\times20 cm. Dian ingin membuat sebuah kerucut dengan diameter alas 14 cm, tinggi 6 cm, dan garis pelukis 8 cm. Sisa karton Dian adalah ... cm2.

Matematika Level 6 Geometri Bangun Ruang Volume dan Luas Permukaan Bangun Ruang Matematika K13 Kurikulum 2013 Kerucut

Filipina merupakan negara kepulauan dan memiliki 2 pulau terbesar yaitu ....

IPS Level 6 Geografi Karakteristik Geografis dan Kehidupan Negara-Negara ASEAN Karakteristik Negara-Negara ASEAN IPS K13 Kurikulum 2013

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal