Rangkuman IPA SD Perkembangbiakan Manusia

Perkembangbiakan dan Pertumbuhan pada Manusia | IPA | Kelas 6 | Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup | Subtema 3 Lestarikan Hewan dan Tumbuhan | KD 3.2 & KD 4.2

 

Biologi Perkembangbiakan Makhluk Hidup Perkembangbiakan Manusia Kuis Konsep Tema 1 Subtema 3 Memahami LOTS
Perkembangbiakan dan Pertumbuhan pada Manusia
(IPA Kelas 6)

Kompetensi Dasar:
3.2 Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi
4.2 Menyajikan karya tentang cara menyikapi ciri-ciri pubertas yang dialami

Perkembangbiakan dan Pertumbuhan di Dalam Rahim
[Ilustrasi ibu hamil]
Perkembangbiakan manusia dilakukan melalui perkawinan dan dengan cara melahirkan.
Perkembangbiakan manusia diawali dengan peleburan antara sel sperma yang dihasilkan dari laki-laki (ayah) dengan sel telur (ovum) yang dihasilkan dari perempuan (ibu), yang disebut dengan pembuahan.



Pertumbuhan dan Perkembangan di Luar Rahim
Pertumbuhan dan perkembangan manusia setelah lahir dibedakan menjadi 5 tahap, yaitu masa bayi, masa anak-anak, masa remaja, masa dewasa, dan masa lanjut usia.
Bayi
Masa bayi dimulai dari lahir hingga usia 2 tahun. Makanan utama bayi adalah air susu ibu (ASI). Pada masa awal kelahiran hingga berusia 1 tahun, bayi mengalami pertumbuhan yang sangat pesat.
[Buat ilustrasi di masing-masing kotak berikut. Keterangan pada kotak tetap dicantumkan di bawah ilustrasi]

Anak-anak
[Ilustrasi]
Usia 2 – 5 tahun disebut masa balita (bawah lima tahun). Pada usia ini, anak sudah mampu berbicara dan mengenal lingkungannya.
Setelah usia 5 tahun, anak sudah mampu bersosialisasi dan mulai sekolah. Kerja otaknya makin baik sehingga anak mulai dapat berpikir dan bersikap.


Remaja (Masa Pubertas)
[Ilustrasi]
Pada masa remaja, manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan penting menyangkut organ reproduksi (alat perkembangbiakan), yang disebut dengan masa pubertas atau akil balig.
Pada umumnya, awal periode pubertas perempuan dimulai pada usia 10-14 tahun dan laki-laki dimulai pada usia 12-16 tahun.
Pada masa pubertas akan terjadi perubahan secara fisik dan psikologis.

Dewasa
[Ilustrasi]
Pada masa ini pertumbuhan manusia sudah sampai pada puncaknya.
Manusia sudah mencapai kematangan fisik, emosi, dan pikiran sehingga dapat memutuskan dan melaksanakan pilihan terbaik dalam hidupnya.

Lanjut Usia (Lansia)
[Ilustrasi]
Masa lansia terjadi setelah melewati usia 60 tahun dan merupakan masa akhir dari perkembangan manusia.
Pada lansia, kemampuan organ-organ tubuh mulai mengalami penurunan, gerakan mulai lebih lambat, dan lebih rentan terhadap penyakit.
Perempuan akan mengalami menopause (berhentinya menstruasi) sehingga tidak dapat mengandung dan melahirkan.
Kuis
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Hasil dari -34 + 85 - (-14) adalah ....

Matematika Level 6 Bilangan Operasi Hitung Bilangan Bulat dan Pecahan Operasi Hitung Bilangan Bulat Kelas VI Kurikulum 2013 K13 Matematika

(0,5 ×\times 17,2) ++ a = 30,18. Nilai a adalah …

Matematika Level 6 Bilangan Operasi Hitung Bilangan Bulat dan Pecahan Operasi Hitung Campuran Kelas VI Kurikulum 2013 K13 Matematika

Bu Gina akan membeli kemeja batik yang digunakan untuk seragam sekolah. Ukuran kemeja yang dibeli Bu Gina sebagai berikut :

S, XL, L, S, S, XL, S, S, M, L, M, M, S, M, M, L, XL, M, M, S, S, S, M, M, S, M, M, dan XL.

Modus ukuran kemeja yang dibeli Bu Gina adalah ...

Matematika Level 6 Statistika Data Tunggal Modus Kelas VI Kurikulum 2013 K13 Matematika

Ibu membeli sebuah caping dari pasar. Caping tersebut berbentuk kerucut tanpa alas seperti gambar di atas. Luas permukaan caping tersebut adalah ... cm2 ( Gunakan π\pi = 3,14 )

Matematika Level 6,16 Geometri Bangun Ruang Volume dan Luas Permukaan Bangun Ruang AKM Asesmen Kompetensi Minimum Sosial-Budaya Geometri dan Pengukuran Numerasi Menghitung Level 3

Hasil dari 7×12-7\times12 berupa ...

Matematika Level 6 Bilangan Operasi Hitung Bilangan Bulat dan Pecahan Operasi Hitung Bilangan Bulat Kelas VI Kurikulum 2013 K13 Matematika

Perhatikan ciri-ciri bunga berikut!

  1. Serbuk sari banyak, kecil, dan ringan.
  2. Bentuk tangkai sari panjang.
  3. Bentuk mahkota kecil, bahkan sebagian besar tidak memiliki mahkota.
  4. Kepala putik terentang keluar dari bunga.

Tumbuhan yang memiliki ciri-ciri bunga seperti di atas biasanya berkembangbiak dengan bantuan ....

IPA Level 6 Biologi Perkembangbiakan Makhluk Hidup Perkembangbiakan Tumbuhan Kelas VI Kurikulum 2013 K13 IPA

Bacalah dengan seksama teks berikut!

Bandung Lautan Api

Pada bulan Maret 1946, dalam waktu 7 jam, sekitar 200.000 penduduk mengukir sejarah dengan membakar rumah dan harta benda mereka, meninggalkan kota menuju pegunungan di selatan. Setelah Proklamasi Kemerdekaan, 17 Agustus 1945, Indonesia belum sepenuhnya merdeka. Kemerdekaan itu harus dicapai dengan sedikit demi sedikit melalui perjuangan rakyat yang rela mengorbankan segalanya.

Ultimatum agar Tentara Republik Indonesia (TRI) meninggalkan kota dan rakyat, melahirkan politik "bumi hangus". Rakyat tidak rela bila kota Bandung dimanfaatkan oleh musuh. Mereka mengungsi ke arah selatan bersama para pejuang. Keputusan untuk membumihanguskan Bandung diambil melalui musyawarah Majelis Persatuan Perjuangan Priangan (MP3) di hadapan semua kekuatan perjuangan, pada 24 Maret 1946.

Kolonel A.H. Nasution selaku Komandan Divisi memerintahkan rakyat untuk meninggalkan Bandung. Hari itu juga, rombongan besar penduduk Bandung mengalir meninggalkan kota. Bandung dengan sengaja dibakar oleh TRI dan rakyat dengan maksud agar sekutu tidak dapat menggunakannya lagi. Banyak asap hitam mengepul membubung tinggi di udara. Semua listrik mati dan tentara Inggris mulai menyerang sehingga pertempuran sengit terjadi.

Pertempuran yang paling menegangkan terjadi di pabrik mesiu milik sekutu. TRI bermaksud untuk menghancurkan gudang tersebut. Untuk itu diutuslah pemuda bernama Muhammad Toha dan Ramdan. Kedua pemuda itu berhasil meledakkan gudang tersebut dengan granat tangan. Gudang besar itu meledak dan terbakar di dalamnya.

Sejak saat itu, kurang lebih pukul 00.00, Bandung Selatan telah kosong dari penduduk dan TRI. Namun api masih membubung membakar kota dan Bandung berubah menjadi lautan api. Strategi “bumi hangus” tersebut merupakan langkah yang tepat karena kekuatan TRI dan rakyat tidak akan sanggup melawan pihak musuh yang berkekuatan besar. Selanjutnya, TRI bersama rakyat melakukan perlawanan secara gerilya dari luar Bandung.

Istilah Bandung Lautan Api muncul dari seorang wartawan bernama Atje Bastaman, yang menyaksikan pemandangan pembakaran Bandung dari bukit Gunung Leutik di sekitar Pameungpeuk, Garut. Dari puncak, ia melihat Bandung yang memerah dari daerah Cicadas sampai dengan Cimindi.

(Sumber: materibindo.com dengan pengubahan seperlunya)


Kapan keputusan untuk membumihanguskan kota Bandung diambil?

Bahasa Indonesia Level 6 Membaca Buku Sejarah Menggali Informasi (5W+1H) KD3.4 Kelas VI Kurikulum 2013 K13 Bahasa Indonesia

Complete the sentence below.

Free Vector | Flat teamwork concept with people rowing

Because the weather was nice, Rino ________.

Bahasa Inggris Level 6 Bahasa Inggris Past Holidays Recount Text Kelas VI Kurikulum 2013 K13

Hasil dari 14+19-14+19 berupa ...

Matematika Level 6 Bilangan Operasi Hitung Bilangan Bulat dan Pecahan Operasi Hitung Bilangan Bulat Kelas VI Kurikulum 2013 K13 Matematika

Mayoritas penduduk di Brunei Darussalam memeluk agama ....

IPS Level 6 Geografi Karakteristik Geografis dan Kehidupan Negara-Negara ASEAN Karakteristik Negara-Negara ASEAN Kelas VI Kurikulum 2013 K13 IPS

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal