Rangkuman IPA SD Ekosistem

Ekosistem | IPA | Kelas 5 | KD 3.5 & KD 4.5

Biologi Ekosistem Kuis Konsep Kurikulum 2013 K13 IPA Mengetahui LOTS
(Ekosistem)
(IPA Kelas 5)

Kompetensi Dasar:
3.5 Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar
4.5 Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem

Komponen Ekosistem
Ekosistem adalah interaksi antara makhluk hidup (biotik) dan benda-benda tak hidup (abiotik) di sebuah lingkungan.
Komponen biotik dan abiotik saling berinteraksi dan bergantung satu sama lain.
Bagian yang hidup (biotik) terdiri atas tumbuhan, hewan, dan makhluk hidup lainnya.
Bagian lingkungan yang tak hidup (abiotik) terdiri atas cahaya matahari, air, udara dan tanah.
Ekosistem tersusun atas individu, populasi, dan komunitas.
Individu adalah makhluk hidup tunggal, misalnya seekor sapi, seekor belalang, dan sebuah pohon mangga. Tempat individu tinggal disebut habitat.
Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang menempati suatu daerah tertentu. Contoh, di sebuah kolam, terdapat populasi ikan, populasi tumbuhan teratai, dan populasi lumut.
Komunitas adalah kumpulan populasi di suatu daerah tertentu.
Jenis-Jenis Ekosistem
Secara umum, ekosistem dibagi menjadi dua, yaitu ekosistem air dan ekosistem darat.
Ekosistem air terdiri atas ekosistem air tawar dan ekosistem air asin.

Ekosistem air tawar contohnya ekosistem danau, kolam, dan sungai. Tumbuhan yang hidup adalah ganggang atau tumbuhan yang mengapung, seperti eceng gondok dan teratai. Hewan yang tinggal adalah ikan, katak, dan jenis reptil air.
Ekosistem air asin contohnya ekosistem terumbu karang dan ekosistem laut dalam. Tumbuhan yang hidup adalah jenis alga atau ganggang. Hewan yang tinggal adalah berbagai jenis ikan, kerang, cumi-cumi, atau udang.


Ekosistem darat dibedakan oleh tingkat curah hujan dan iklimnya. Perbedaan tersebut menyebabkan jenis tumbuhan dan hewan yang ada di dalamnya juga berbeda.

Keseimbangan Ekosistem
Ekosistem mengalami perubahan, baik secara alami maupun karena kegiatan manusia.
Faktor alami contohnya adalah perubahan musim dan bencana alam, seperti gunung meletus, gempa, dan tsunami.
Faktor manusia contohnya sebagai berikut.
Penebangan pohon-pohon di hutan dan pembakaran hutan. Kegiatan ini akan merusak ekosistem hutan dan menghilangkan fungsi tumbuhan sebagai penahan air dan penghasil oksigen. Berbagai jenis hewan hutan juga bisa mati.
Perburuan hewan hutan yang tidak terkendali, termasuk memperjualbelikan hewan langka dan dilindungi. Hal ini akan berakibat pada terganggunya rantai makanan dan jaring-jaring makanan, serta punahnya beberapa jenis satwa.
Pemakaian pupuk buatan yang berlebihan akan merusak tanah sebagai sumber makanan dan tempat tinggal berbagai jenis organisme.
Penggunaan insektisida buatan juga akan membunuh hewan-hewan selain hama yang memengaruhi keseimbangan ekosistem.
Kegiatan pembuangan sampah dan limbah secara sembarangan akan menimbulkan pencemaran lingkungan.

Usaha untuk Memelihara Ekosistem
Melarang penebangan hutan secara sembarangan dan menerapkan sanksi tegas pada pelakunya.
Mengurangi penggunaan pupuk kimia dan pestisida dalam kegiatan pertanian.
Menangkap ikan dengan alat dan cara yang aman dengan menghindari penggunaan pukat harimau dan bahan peledak.
Membuat suaka margasatwa, cagar alam, hutan lindung, atau taman nasional untuk melestarikan keberagaman flora dan fauna, terutama yang berstatus “langka” dan “terancam punah”.
Menanam pohon sebanyak-banyaknya dan membuat lebih banyak taman terbuka untuk serapan air.
Memelihara wilayah aliran sungai dengan tidak membuang sampah ke sungai dan menanam lebih banyak pohon di bantaran sungai.
Membuat kompos dengan memanfaatkan sampah rumah tangga, seperti sisa-sisa sayuran dan daun kering.
Mengurangi sampah plastik (reduce), melakukan daur ulang (recycle), dan memilih peralatan yang dapat digunakan berulang kali (reuse).
Kuis
5 Soal Level: Reguler
08 Juni 2020
Bilangan Cacah dan Pecahan Sederhana
Lihat
Rangkuman
16 Maret 2020
Komponen dan Interaksi Ekosistem

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Read the text below. Then, fill in the blank with a correct verb to be.

Boy and Girl clipart

Source: creazilla.com

My name is Claire. I live in Arizona. I am in fifth grade. I have a brother. His name is Peter. He is in fourth grade.

Based on the text, we know that Claire and Peter ... students.

Bahasa Inggris Level 5 Bahasa Inggris Friendship Self-Introduction

Secara alami, air hujan yang jatuh ke permukaan bumi akan mengalami, kecuali ....

IPA Level 5 Biologi Siklus Air Proses Daur Air

Jenis alur dalam sebuah cerita yaitu .... (Pilih semua jawaban yang benar!)

Bahasa Indonesia Level 5 Membaca Teks Fiksi dan Nonfiksi-Urutan Peristiwa Menguraikan Urutan Peristiwa KD3.8

Sifat bahan yang tepat untuk membuat pegangan pada alat memasak adalah ....

IPA Level 5 Fisika Kalor Sifat Benda

Perjuangan para pahlawan dulu salah satunya mengajarkan sikap nasionalisme. Cara untuk meningkatkan sikap nasionalisme adalah ....

IPS Level 5 Sejarah Perjuangan Melawan Penjajah Menghargai Perjuangan Pahlawan

Jenis otot yang bekerja tanpa dipengaruhi kesadaran adalah .... (Pilih semua jawaban yang benar!)

IPA Level 5 Biologi Alat Gerak Otot

Air adalah materi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh makhluk hidup. Air adalah contoh dari ....

IPA Level 5 Kimia Materi Zat Tunggal

Berikut diagram batang yang menunjukkan jarak sekolah dengan rumah 6 siswa.

Siapakah siswa yang rumahnya paling dekat dengan sekolah?

Matematika Level 5 Statistika Pengumpulan dan Penyajian Data Membaca Data Diagram Batang Diagram Kurikulum 2013 K13 Matematika

Bagaimanakah cara mengerjakan soal ini?

12:34=...\frac{1}{2}:\frac{3}{4}=...

Matematika Level 5 Bilangan Operasi Hitung Pecahan Operasi Hitung Pecahan Biasa dan Campuran

Bacalah teks berikut dengan cermat!

Perjanjian Renville

Pada tanggal 1 Agustus 1947, PBB memerintahkan agar Indonesia dan Belanda menghentikan peperangan di antara mereka. Akhirnya, pada tanggal 4 Agustus 1947 Belanda mengumumkan gencatan senjata terhadap Indonesia. Setelah itu, pihak PBB pun turut membantu untuk menyelesaikan persengketaan yang terjadi antara Indonesia dan Belanda. PBB membentuk Komisi Tiga Negara (KTN) sebagai wadah untuk menyelesaikan persengketaan tersebut. Anggota KTN terdiri atas tiga negara yang masing-masing dipimpin oleh seorang delegasi, yakni Australia yang dipimpin oleh Richard C. Kirby, Belgia yang dipimpin oleh Paul van Zeeland, dan Amerika Serikat yang dipimpin oleh Frank Porter Graham.

Komisi Tiga Negara yang telah terbentuk menjadi pemrakarsa terjadinya perundingan antara Indonesia dan Belanda. Setiap pemimpin delegasi KTN beserta delegasi Indonesia, yaitu Mr. Amir Syarifuddin, dan delegasi Belanda, yaitu R. Abdul Kadir Wijoyoatmojo kemudian melakukan perundingan untuk menyelesaikan persengketaan antara Belanda dan Indonesia di atas kapal Renville (kapal angkatan laut Amerika Serikat). Hasil Perjanjian Renville sangat merugikan Indonesia. Wilayah kekuasaan Republik Indonesia menjadi semakin sempit.

Sumber: BSE IPS Kelas V

Makna kata gencatan senjata pada paragraf pertama adalah ....

Bahasa Indonesia Level 5 Membaca Teks Narasi Sejarah Menulis Informasi Penting KD4.5

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal