Rangkuman IPA SD Keseimbangan Ekosistem

Rantai Makanan | IPA | Kelas 5 | KD 3.5 & KD 4.5

Biologi Ekosistem Keseimbangan Ekosistem Kurikulum 2013 K13 IPA Mengetahui LOTS
(Rantai Makanan)
(IPA Kelas 5)

Kompetensi Dasar:
3.5 Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar
4.5 Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem

Rantai makanan adalah hubungan makan dan dimakan antarmakhluk hidup.
Kumpulan dari beberapa rantai makanan di dalam sebuah ekosistem disebut dengan jaring-jaring makanan.

Contoh rantai makanan (sesuai gambar di atas): Padi dimakan oleh tikus, kemudian tikus dimakan oleh ular, ular dimakan oleh burung elang. Burung elang yang telah mati akan diuraikan oleh pengurai (jamur) dan bercampur dengan tanah membentuk humus. Humus akan digunakan oleh tumbuhan untuk dapat tumbuh dan berkembang.
Peran Makhluk Hidup dalam Rantai Makanan
Produsen, yaitu organisme yang dapat menghasilkan makanannya sendiri. Contohnya adalah tumbuhan hijau dan fitoplankton yang dapat melakukan fotosintesis untuk menghasilkan makanan.
Konsumen I, yaitu organisme yang memakan produsen secara langsung. Contohnya adalah hewan herbivor, seperti kambing, sapi, atau burung pipit.
Konsumen II, yaitu organisme yang memakan konsumen I. Contohnya adalah hewan karnivor, seperti ular atau burung elang.
Pengurai, yaitu organisme yang menguraikan zat organik dari sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati. Contoh pengurai adalah bakteri dan jamur.
Kuis
5 Soal Level: Reguler
08 Juni 2020
Bilangan Cacah dan Pecahan Sederhana
Lihat
Rangkuman
16 Maret 2020
Komponen dan Interaksi Ekosistem

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Read the conversation below.

Greetings and introductions ESL Games

Source: games4esl.com

What are they doing?

Bahasa Inggris Level 5 Bahasa Inggris Friendship Greeting & Leave Taking

Penggunaan air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari harus secara ....

IPA Level 5 Biologi Siklus Air Dampak Siklus Air

Cermati teks berikut!

Semut dan Belalang

Ilustrasi by Muhammad Ridlo for kejarcita


Menjelang akhir musim panas, hari masih terasa hangat dan cerah. Belalang merasa gembira karena ia hangat dan kenyang. Ia pun memainkan biola kesayangannya sambil bernyanyi dan menari. Begitulah yang dilakukan Belalang setiap harinya. Tidak pernah terlintas dalam benaknya untuk bekerja dan mengumpulkan bekal musim dingin. Padahal musim panas akan segera berakhir, dan musim dingin akan datang. Makanan akan lebih sulit didapatkan ketika musim dingin.

Di saat Belalang asyik bermain biola, ia melihat Semut melintas di depan rumahnya. Sang semut sedang bersusah payah memanggul makanan yang dikumpulkannya dari hutan. Ia ingin punya bekal musim dingin yang cukup untuk keluarganya. Melihat semut yang sibuk bekerja, Belalang lantas berseru,”Mut, Semut, yuk istirahat dulu! Mari sini, aku jamu dengan makanan dan nyanyian!”

“Maaf Belalang, aku tidak bisa berkunjung ke rumahmu! Aku masih banyak pekerjaan. Sebelum musim dingin mulai, aku ingin menumpuk cadangan makanan sebanyak-banyaknya. Aku juga mesti menyiapkan penghangat di rumahku supaya keluargaku tidak kedinginan. Aku sibuk sekali!”

Belalang terkejut karena Semut menolak undangannya.

“Ah, jangan begitu, Semut! Masih banyak waktu kok! Yang penting kita nikmati dulu hidup ini dengan bernyanyi dan bersenang-senang!”

Semut tetap menolak dengan santun sambil berlalu. Belalang menggeleng-gelengkan kepalanya lalu kembali bersenang-senang seperti sebelumnya.

Ternyata tahun ini musim panas berakhir lebih cepat dari biasanya. Tiba-tiba suhu menjadi sangat dingin. Belalang yang belum mempersiapkan apa-apa lantas panik bukan main. Gudangnya kosong tanpa persediaan makanan, dan rumahnya terasa dingin, belum disiapkan untuk ditinggali di musim dingin.

Sembari menggigil, Belalang berjalan menuju ke rumah Semut.

“Mut, Semut, bolehkah aku tinggal di rumahmu dan berbagi makananmu?” tanya Belalang dengan malu-malu.

“Maafkan aku, Belalang, aku tidak bisa membantumu. Rumahku terlalu kecil untukmu, dan bekalku hanya cukup untuk keluargaku saja,” jawab Semut.

Belalang pun meninggalkan rumah Semut dengan rasa sesal dan cemas. Dalam hati ia berpikir,”Andai saja aku mengikuti nasihat Semut saat itu untuk bekerja keras. Pasti saat ini aku sudah kenyang dan tidur nyenyak di dalam rumah.”

(Sumber: woazy.com, dengan penyesuaian)

Berdasarkan cerita fabel di atas, jika Semut mengikuti ajakan Belalang untuk bersenang-senang, maka yang akan terjadi adalah ....

Bahasa Indonesia Level 5 Membaca Teks Fiksi dan Nonfiksi-Urutan Peristiwa Menguraikan Urutan Peristiwa KD3.8 Video

Sifat bahan yang tepat untuk membuat pegangan pada alat memasak adalah ....

IPA Level 5 Fisika Kalor Sifat Benda

Perhatikan gambar Pangeran Diponegoro berikut ini!

sumber: www.jagad.id

Belanda berhasil menangkap Pangeran Diponegoro dengan cara ....

IPS Level 5 Sejarah Perjuangan Melawan Penjajah Perjuangan Tokoh dan Perlawanan Rakyat Terhadap Penjajah

Penyakit yang menyerang pergelangan tangan, kaki, dan siku serta menyebabkan rasa nyeri pada persendian akibat pembengkakan sendi yaitu ...

IPA Level 5 Biologi Alat Gerak Gangguan dan Penyakit Tulang

Perhatikan peristiwa perubahan zat berikut!

(1) Daun yang tua menjadi kuning

(2) Air yang dipanaskan akan menguap

(3) Kertas yang dibakar berubah menjadi abu

(4) Beras yang ditumbuk berubah menjadi tepung

Perubahan fisika ditunjukkan oleh nomor ….

IPA Level 5 Kimia Materi Perubahan Benda

Diagram di bawah berisikan fluktuasi harga bensin dari bulan Januari hingga bulan Juni.

Berdasarkan diagram di atas, harga bensin mencapai titik tertingginya pada bulan....

Matematika Level 5 Statistika Pengumpulan dan Penyajian Data Membaca Data Diagram Garis Diagram

Hasil dari 1,75+1121,75+1\frac{1}{2} adalah ....

Matematika Level 5 Bilangan Operasi Hitung Pecahan Operasi Hitung Berbagai Bentuk Pecahan

Cermati teks narasi sejarah berikut.

Soetomo

Soetomo lahir pada tanggal 30 Juli 1888 di Desa Ngepeh, Nganjuk, Jawa Timur. Ia pernah menempuh pendidikan di sekolah rendah. Setelah lulus, sosok yang akrab disapa Pak Tom ini melanjutkan ke sekolah dokter di Jakarta. Pada tahun 1911, Soetomo berhasil lulus dari sekolah dokter tanpa ujian. Ia kemudian diangkat sebagai dokter di Semarang.

Semasa belajar di sekolah dokter, Soetomo bersama teman-temannya mendirikan organisasi Budi Utomo. Budi Utomo menjadi organisasi pergerakan nasional pertama. Budi Utomo didirikan pada 20 Mei 1908. Awalnya, Budi Utomo hanya bertujuan untuk memajukan pendidikan. Budi Utomo kemudian berkembang menjadi organisasi yang bergerak di bidang politik, ekonomi, dan sosial.

Kelahiran Budi Utomo membangkitkan semangat perjuangan melawan penjajah. Oleh karena itu, setiap tanggal 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Soetomo pun mendapat julukan Bapak Kebangkitan Nasional.

(Sumber: Buku Dr. Soetomo dengan penyesuaian)

Tempat lahir Soetomo adalah ….

Bahasa Indonesia Level 5 Membaca Teks Narasi Sejarah Menggali Informasi

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal