Rangkuman IPA SD Pencernaan Pada Manusia

Sistem Pencernaan Manusia | IPA | Kelas 5 | KD 3.3 & KD 4.3

Biologi Organ Pencernaan Pencernaan Pada Manusia Mengetahui LOTS
(Sistem Pencernaan Manusia)
(IPA Kelas 5)

Kompetensi Dasar:
3.3 Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia
4.3 Menyajikan karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan atau manusia

Organ Pencernaan dan Fungsinya
Rongga Mulut

Kerongkongan
Kerongkongan (esofagus) merupakan saluran makanan yang menghubungkan mulut dengan lambung. Kerongkongan berfungsi mendorong makanan masuk ke lambung dengan melakukan gerak peristaltik (gerakan seperti meremas-remas dari otot-otot dinding kerongkongan).
Lambung
Lambung berbentuk seperti kantong yang terletak di dalam rongga perut agak ke sebelah kiri, tepat di bawah sekat diafragma. Fungsi lambung sebagai berikut.
Pencernaan fisika. Dinding lambung yang penuh dengan otot-otot, berkontraksi mengaduk-aduk makanan.
Pencernaan kimiawi. Dinding lambung mengeluarkan getah lambung yang mengandung asam klorida, enzim pepsin, enzim lipase, dan enzim renin.
Usus Halus
Usus halus merupakan saluran pencernaan terpanjang yang terdiri dari 3 bagian, yaitu usus 12 jari, usus kosong, dan usus penyerapan. Usus 12 jari dan usus kosong berperan dalam pencernaan kimiawi dengan bantuan beberapa enzim. Setelah dicerna menjadi zat yang lebih sederhana, sari-sari makanan diserap di dalam usus penyerapan.

Usus Besar
Usus besar memiliki tambahan usus yang disebut usus buntu. Pada ujung usus buntu terdapat umbai cacing (apendiks). Fungsi usus besar sebagai berikut.
Membusukkan sisa-sisa pencernaan dari usus halus menjadi feses dengan bantuan bakteri Escherichia coli.
Mengatur kadar air dalam feses
Anus
Anus berfungsi untuk mengeluarkan feses dari dalam tubuh. Proses pengeluaran feses disebut dengan defekasi.

Proses Pencernaan Makanan
Kuis
5 Soal Level: Reguler
08 Juni 2020
Bilangan Cacah dan Pecahan Sederhana
Lihat
Rangkuman
16 Maret 2020
Komponen dan Interaksi Ekosistem

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Pay attention to the pictures below.

Match the pictures to the correct greetings and leave taking.

Bahasa Inggris Level 5 Bahasa Inggris Friendship Greeting & Leave Taking

Selain air laut atau air sungai, uap air yang berada di atmosfer juga berasal dari .... (Pilih semua jawaban yang benar!)

IPA Level 5 Biologi Siklus Air Proses Daur Air

Cermati teks berikut!

Siasat Bangau Tua

Alkisah hiduplah seekor bangau tua di pinggir sebuah telaga. Karena usianya sudah tua, ia tidak dapat lagi menangkap mangsanya di telaga sebanyak dulu lagi. Akibatnya, tubuhnya mengurus. Ia pun mencari akal untuk mendapatkan makanan supaya ia tidak mati kelaparan.

Pagi itu ia melaksanakan rencana yang sudah dipikirkannya semalaman. Ia duduk termenung di pinggir telaga dengan raut muka sedih. Ikan-ikan yang lewat di dekatnya pun tidak berusaha ditangkap seperti biasanya. Tindak tanduknya ini pun jadi pembicaraan hewan-hewan yang hidup di telaga. Akhirnya seekor katak penasaran dan menghampirinya,"Mengapa kamu terlihat sangat sedih dan tidak lagi memburu kami?" Jawab bangau,"Aku bersedih karena para manusia yang tinggal di sekitar telaga berencana untuk menimbun telaga dengan tanah. Kalau itu terjadi, semua makhluk dalam telaga akan mati. Aku pun akan mati kelaparan karenanya. Karena itu aku merasa sangat sedih."

Katak sangat terkejut mendengar hal ini dan segera memberitahukannya ke hewan-hewan lainnya di dalam telaga. Tak lama kemudian semua hewan di telaga telah mendengarnya dan merasa panik. Mereka mendatangi bangau untuk minta bantuan. Usul bangau,"Aku tahu ada telaga lain di dekat sini. Aku bisa mengantar kalian ke sana sebelum telaga ini ditimbun tanah. Tapi karena sudah tua, aku hanya bisa mengangkat satu hewan sekali jalan." Segera para hewan telaga menyetujuinya.

Sore itu ia mulai membawa hewan telaga satu per satu, dimulai dari ikan. Begitu sampai di tempat aman yang tak terlihat dari telaga, segera ia telan ikan itu. Lalu ia kembali lagi untuk mengambil ikan berikutnya hingga ia merasa kenyang. Hari demi hari tubuhnya semakin gemuk.

Suatu hari seekor kepiting meminta bangau untuk membawanya ke telaga sebelah. Bangau pun menyanggupinya. Ia terbang dengan membawa kepiting di paruhnya. Namun ketika akan hinggap di tempat biasanya, sang kepiting melihat tulang-tulang ikan yang berserakan. Ia langsung menyadari apa yang terjadi, dan mengancam bangau dengan melingkari lehernya dengan capitnya yang besar. Lalu ia usir sang bangau dan ia ceritakan jebakan bangau kepada hewan-hewan telaga. Para hewan telaga berterima kasih pada kepiting dan mengusungnya sebagai pahlawan.

Berdasarkan cerita dongeng di atas, yang terjadi setelah bangau menyampaikan berita tentang rencana manusia untuk menimbun telaga dengan tanah adalah ....

Bahasa Indonesia Level 5 Membaca Teks Fiksi dan Nonfiksi-Urutan Peristiwa Menguraikan Urutan Peristiwa KD3.8 Teks Fiksi dan Nonfiksi - Urutan Peristiwa Video

Perhatikan pernyataan berikut!

  1. Merupakan isolator.
  2. Mempunyai sifat elastisitas yang tinggi.
  3. Biasa digunakan sebagai bahan pembuat ban.

Pernyataan di atas merupakan ciri-ciri dari…

IPA Level 5 Fisika Kalor Sifat Benda

Anggota organisasi Perhimpunan Indonesia adalah ....

IPS Level 5 Sejarah Perjuangan Melawan Penjajah Organisasi Pergerakan Nasional

Alat gerak aktif pada manusia yaitu ...

IPA Level 5 Biologi Alat Gerak Otot

Udara terdiri dari berbagai macam unsur, kecuali ....

IPA Level 5 Kimia Materi Zat Tunggal

Berikut adalah diagram yang menunjukan berat tas yang dibawa oleh 6 siswa di kelas.

Siswa yang membawa tas dengan bobot terberat adalah ...

Matematika Level 5 Statistika Pengumpulan dan Penyajian Data Membaca Data Diagram Batang Diagram

Budi memiliki sebuah bambu sepanjang 57\frac{5}{7} m. Karena terlalu panjang, bambu itu dipotong dan dibuang 16\frac{1}{6} m . Panjang bambu itu sekarang adalah ...

Matematika Level 5 Bilangan Operasi Hitung Pecahan Operasi Hitung Pecahan Biasa dan Campuran

Bacalah teks berikut dengan cermat!

Perjanjian Renville

Pada tanggal 1 Agustus 1947, PBB memerintahkan agar Indonesia dan Belanda menghentikan peperangan di antara mereka. Akhirnya, pada tanggal 4 Agustus 1947 Belanda mengumumkan gencatan senjata terhadap Indonesia. Setelah itu, pihak PBB pun turut membantu untuk menyelesaikan persengketaan yang terjadi antara Indonesia dan Belanda. PBB membentuk Komisi Tiga Negara (KTN) sebagai wadah untuk menyelesaikan persengketaan tersebut. Anggota KTN terdiri atas tiga negara yang masing-masing dipimpin oleh seorang delegasi, yakni Australia yang dipimpin oleh Richard C. Kirby, Belgia yang dipimpin oleh Paul van Zeeland, dan Amerika Serikat yang dipimpin oleh Frank Porter Graham.

Komisi Tiga Negara yang telah terbentuk menjadi pemrakarsa terjadinya perundingan antara Indonesia dan Belanda. Setiap pemimpin delegasi KTN beserta delegasi Indonesia, yaitu Mr. Amir Syarifuddin, dan delegasi Belanda, yaitu R. Abdul Kadir Wijoyoatmojo kemudian melakukan perundingan untuk menyelesaikan persengketaan antara Belanda dan Indonesia di atas kapal Renville (kapal angkatan laut Amerika Serikat). Hasil Perjanjian Renville sangat merugikan Indonesia. Wilayah kekuasaan Republik Indonesia menjadi semakin sempit.

Sumber: BSE IPS Kelas V

Kesimpulan teks di atas adalah ...

Bahasa Indonesia Level 5 Membaca Teks Narasi Sejarah Kesimpulan Teks KD4.5

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal