Rangkuman IPA SD Pernapasan pada Manusia

Pernapasan pada Manusia | IPA | Kelas 5 | KD 3.2 & KD 4.2

Biologi Organ Pernapasan Pernapasan pada Manusia Kurikulum 2013 K13 IPA Mengetahui LOTS
(Pernapasan pada Manusia)
(IPA Kelas 5)

Kompetensi Dasar:
3.2 Menjelaskan organ pernapasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia
4.2 Membuat model sederhana organ pernapasan manusia

Manusia bernapas untuk mengambil oksigen dari udara dan melepaskan karbon dioksida ke udara.



Organ Pernapasan
Hidung berfungsi sebagai jalan masuk udara. Di dalam hidung terdapat rambut-rambut halus yang berfungsi untuk menyaring dan menangkap kotoran yang masuk bersama udara. Udara yang masuk juga akan dilembapkan dan dihangatkan di dalam hidung.
Faring merupakan persimpangan antara saluran pernapasan pada bagian depan dan saluran pencernaan pada bagian belakang.
Laring atau tekak (jakun) terdapat di bagian belakang faring. Pada laring, terdapat pita suara dan epiglotis yang berfungsi menutup trakea jika sedang menelan makanan.
Trakea (batang tenggorokan) memiliki silia pada permukaannya yang berfungsi mendorong keluar debu-debu dan benda asing yang masuk.
Bronkus merupakan percabangan dari trakea, terdiri atas bronkus kiri dan bronkus kanan.
Bronkiolus merupakan percabangan dari bronkus.
Alveolus adalah ujung dari bronkiolus. Alveolus terdapat di dalam paru-paru dan berfungsi sebagai tempat terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida.

Mekanisme Pada Sistem Pernapasan

Jalur yang dilalui udara ketika bernapas sebagai berikut: Hidung → Faring → Laring → Trakea → Bronkus → Bronkiolus → Alveolus.



Saat menghirup udara, tulang rusuk terangkat dan diafragma mendatar sehingga paru-paru mengembang. Di dalam paru-paru, oksigen terserap ke dalam pembuluh darah kapiler untuk diedarkan ke seluruh tubuh.
Saat mengembuskan udara, tulang rusuk mengecil dan diafragma kembali melengkung sehingga paru-paru mengecil. Di dalam paru-paru, karbon dioksida dari pembuluh darah masuk ke dalam alveolus dan selanjutnya dibuang saat mengembuskan napas.

Gangguan Pada Sistem Pernapasan
Influenza (flu), merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. Penyakit ini timbul dengan gejala bersin-bersin, demam, dan pilek.
Asma merupakan penyakit penyumbatan saluran pernapasan sementara yang disebabkan oleh udara dingin, rambut, bulu, kotoran, debu, atau tekanan psikologis.
Bronkitis, merupakan gangguan pada cabang batang tenggorokan akibat infeksi. Gejalanya adalah penderita mengalami demam dan menghasilkan lendir yang menyumbat batang tenggorokan. Akibatnya penderita mengalami sesak napas.
Emfisema adalah kerusakan pada alveolus dalam bentuk lubang-lubang pada dindingnya.
Tuberkulosis (TBC), merupakan penyakit paru-paru yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Bakteri tersebut menimbulkan bintil-bintil pada dinding alveolus. Bakteri ini dapat menyebar melalui pembuluh darah dan menginfeksi organ tubuh lainnya.
Pneumonia merupakan peradangan paru-paru sehingga alveolus berisi banyak cairan. Pneumonia dapat disebabkan oleh bakteri atau virus.
Kanker paru-paru. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit paling berbahaya. Sel-sel kanker pada paru-paru terus tumbuh tidak terkendali. Salah satu pemicu kanker paru-paru adalah kebiasaan merokok.

Cara Memelihara Organ Pernapasan

Makan makanan bergizi agar daya tahan tubuh bagus.
Berolahraga teratur dan istirahat yang cukup.
Tidak merokok dan menghindari paparan asap rokok.
Menggunakan masker saat berada di kerumunan atau lingkungan yang kotor.
Berada di dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik dan tidak lembap.
Menjaga kebersihan lingkungan.
Menanam tanaman hijau agar udara menjadi segar.
Kuis
5 Soal Level: Reguler
08 Juni 2020
Bilangan Cacah dan Pecahan Sederhana
Lihat
Rangkuman
16 Maret 2020
Komponen dan Interaksi Ekosistem

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Read the text below. Then, fill in the blank with a correct verb to be.

Boy and Girl clipart

Source: creazilla.com

My name is Claire. I live in Arizona. I am in fifth grade. I have a brother. His name is Peter. He is in fourth grade.

Based on the text, we know that Claire and Peter ... students.

Bahasa Inggris Level 5 Bahasa Inggris Friendship Self-Introduction

Penumpukan jumlah karbon dioksida di atmosfer akan menyebabkan terjadinya pemanasan global (global warming). Kondisi ini dapat memengaruhi siklus air yaitu .... (Pilih semua jawaban yang benar!)

IPA Level 5 Biologi Siklus Air Proses Daur Air

Cermati teks berikut!

Kancil dan Siput Adu Lari

Pagi itu, kancil berpapasan dengan seekor siput di pinggir sungai. Melihat langkah siput yang sangat lambat, terbitlah rasa sombong sang kancil. "Hei siput, jalanmu lambat sekali! Coba lihat, aku bisa berlari ke ujung jalan di sana dan kembali lagi sebelum kamu selesai satu langkah!" Siput seperti tidak mendengar ujaran sang kancil dan terus berjalan dengan santai. Panas hati sang kancil karena tidak ditanggapi oleh si siput. "Siput bodoh, kamu pasti tidak akan bisa mengalahkanku dalam adu lari!" hina sang kancil.

Tak disangka-sangka, kali ini siput menjawab,"Ayo saja, kita buktikan siapa yang menang adu lari. Kalau aku menang, kamu harus mengaku kalah dan minta maaf kepadaku." Kancil tercengang mendengar keberanian sang siput, lalu menyetujui tantangan itu,"Baik, kalau begitu mari kita adu lari besok pagi di tempat ini juga."

Setelah kancil pergi, siput segera mengumpulkan saudara-saudaranya sesama siput. Ia menjelaskan rencananya untuk mengalahkan sang kancil. Sepanjang sisa hari itu semua siput akan bergerak menempatkan diri di sepanjang sungai, sehingga terdapat seekor siput setiap jarak tertentu. Lalu mereka menunggu di tempatnya masing-masing hingga pertandingan dimulai esok paginya. Beberapa siput sisanya ia tugaskan untuk menyebarkan berita lomba ini ke seluruh hutan.

Waktu pertandingan telah tiba. Banyak hewan hutan telah datang untuk menonton adu lari ini. Dengan tenangnya si siput berujar,"Hai kancil, hewan-hewan hutan akan menjadi saksi pemenang adu lari ini. Bersiap-siaplah untuk mengaku kalah!" Sang kancil jadi merasa gugup karena siput begitu percaya diri.

Begitu tanda mulai diberikan, kancil langsung melesat jauh di depan siput. Ketika kancil mulai merasa lelah, ia berhenti sebentar dengan niat mau beristirahat. Dengan ragu-ragu ia memanggil,"Put, siput?" "Ya, aku di sini," jawab salah satu siput yang berada di dekatnya. Merasa panik, kancil tidak jadi istirahat dan segera lanjut berlari seperti kesurupan. Setelah beberapa kali mendengar jawaban siput seperti itu, ia pun menyerah karena tidak kuat berlari lagi. Seluruh isi hutan pun terkejut dan bersorak sorai melihat kancil mengaku kalah dan meminta maaf pada siput.

Berdasarkan cerita dongeng di atas, adu lari antara kancil dan siput terjadi karena ....

Bahasa Indonesia Level 5 Membaca Teks Fiksi dan Nonfiksi-Urutan Peristiwa Menguraikan Urutan Peristiwa KD3.8 Teks Fiksi dan Nonfiksi - Urutan Peristiwa

Perpindahan panas secara konveksi disebut juga perpindahan panas secara…

IPA Level 5 Fisika Kalor Perpindahan Kalor

Pemberontakan rakyat Singaparna terhadap Jepang disebabkan karena ....

IPS Level 5 Sejarah Perjuangan Melawan Penjajah Pendudukan Militer Jepang

Berikut ini merupakan cara memelihara kesehatan rangka, kecuali ...

IPA Level 5 Biologi Alat Gerak Gangguan dan Penyakit Tulang

Udara terdiri dari berbagai macam unsur, kecuali ....

IPA Level 5 Kimia Materi Zat Tunggal

Berikut adalah tabel dari hobi siswa-siswa kelas 6 SD Mulya.

Diagram lingkaran yang tepat sesuai dengan data di atas adalah ....

Matematika Level 5 Statistika Pengumpulan dan Penyajian Data Menyajikan Data AKM Numerasi Level 3 Data dan Ketidakpastian Personal Penerapan Menyatakan/Membuat Model

58×710×914=...\frac{5}{8}\times\frac{7}{10}\times\frac{9}{14}=...

Matematika Level 5 Bilangan Operasi Hitung Pecahan Operasi Hitung Pecahan Biasa dan Campuran

Bacalah teks berikut dengan cermat!

Peristiwa pertempuran Ambarawa

Pada tanggal 20 Oktober 1945, pasukan sekutu dipimpin oleh Brigadir Jenderal Bethel mendarat di Semarang. Namun, kedatangannya diboncengi oleh tentara NICA (Netherland Indies Civil Administration). Tujuan kedatangannya untuk membebaskan para tawanan.

Saat sekutu dan NICA membebaskan tawanan tentara Belanda, para tawanan justru dipersenjatai. Ketegangan dimulai ketika tawanan Belanda bertindak sombong, serta mengabaikan kedaulatan pemerintah dengan terang-terangan berusaha untuk menduduki kembali Indonesia. Hal ini menimbulkan kemarahan rakyat Indonesia sehingga terjadilah pertempuran.

Pejuang Indonesia dipimpin oleh Letnan Kolonel M. Sarbini. Pada pertempuran tersebut, Letnal Kolonel Isdiman gugur sehingga Kolonel Sudirman turun langsung ikut bertempur. Siasat yang dipakai adalah mengadakan serangan serentak dari berbagai jurusan. Pada tanggal 12 Desember 1945 pasukan Indonesia melancarkan serangan serentak ke Ambarawa. Pada tanggal 15 Desember 1945 pasukan sekutu berhasil dibuat mundur kembali ke Semarang. Untuk mengenang pertempuran itu, setiap tanggal 15 Desember diperingati sebagai hari Infanteri dan didirikan monumen Palagan Ambarawa.

Makna kata gugur dalam paragraf ketiga pada teks tersebut adalah ....

Bahasa Indonesia Level 5 Membaca Teks Narasi Sejarah Menggali Informasi KD3.5

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal