Bacalah penggalan paragraf berita berikut!

RS Jiwa Cisarua, Jawa Barat melaporkan mereka menangani ratusan pasien anak-anak berusia 7-15 tahun yang mengalami gangguan kecanduan gawai. "Ada remaja yang menonton YouTube seharian hingga muncul gejala psikologis," tutur sub spesialis kesehatan jiwa anak dan remaja, dr Lina Budiyanti, kepada detikcom. Padahal kecanduan gawai bisa berdampak buruk pada kondisi fisik dan mental anak. Mudahnya anak mendapat akses teknologi dan internet membuat mereka jadi kecanduan gawai hingga bisa alami masalah mental.

(Sumberhealth.detik.com, dengan penyesuaian)


Pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan paragraf berita tersebut adalah ....

A

dr Lina Budiyanti adalah sub spesialis kesehatan jiwa orang dewasa

B

masalah mental yang dialami anak umur 7-15 tahun didapat karena kecanduan gawai

C

ratusan pasien berusia anak (3-6 tahun) mengalami masalah kesehatan mental

D

YouTube dapat mengakibatkan gejala psikologis bagi orang dewasa

Pembahasan:

Mari kita mencermati pilihan jawaban satu per satu.

  • dr Lina Budiyanti adalah sub spesialis kesehatan jiwa orang dewasa.

Pernyataan tersebut salah karena di dalam paragraf tersebut dr Lina Budiyanti adalah sub spesialis kesehatan jiwa anak dan remaja. Kalimat bukti terdapat pada kalimat kedua yaitu: ...tutur sub spesialis kesehatan jiwa anak dan remaja, dr Lina Budiyanti, kepada detikcom.

  • ratusan pasien berusia anak (3-6 tahun) mengalami masalah kesehatan mental.

Pernyataan ini salah karena pasien berusia anak di dalam paragraf berita tersebut berumur 7-15 tahun. Kalimat bukti terdapat pada kalimat pertama yaitu: ...menangani ratusan pasien anak-anak berusia 7-15 tahun ...

  • YouTube dapat mengakibatkan gejala psikologis bagi orang dewasa.

Pernyataan ini salah karena pada kutipan paragraf tersebut Youtube memang dapat mengakibatkan gejala psikologis namun terhadap remaja, bukan bagi orang dewasa. Kalimat bukti terdapat pada kalimat kedua yaitu: "Ada remaja yang menonton YouTube seharian hingga muncul gejala psikologis,"

  • masalah mental yang dialami anak umur 7-15 tahun didapat karena kecanduan gadget.

Pernyataan ini sesuai dengan isi kutipan paragraf tersebut karena ditunjukkan dengan kalimat bukti yang terdapat dalam kalimat keempat paragraf tersebut yaitu: Mudahnya anak mendapat akses teknologi dan internet membuat mereka jadi kecanduan gawai hingga bisa alami masalah mental.- Kalimat yang dicetak miring dan tebal tersebut menunjukkan bahwa masalah mental yang dialami anak (anak di sini merujuk pada paragraf satu yang menyebutkan mereka berumur 7-15 tahun) adalah akibat dari kecanduan gawai.

Sehingga jawaban yang benar dari pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan paragraf berita tersebut adalah masalah mental yang dialami anak umur 7-15 tahun didapat karena kecanduan gawai.

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 40.638 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini