Perhatikan kalimat-kalimat berikut!

  1. Proses terjadinya efek rumah kaca dimulai saat panas matahari merambat dan masuk ke permukaan bumi, kemudian panas matahari tersebut akan dipantulkan kembali oleh permukaan bumi ke angkasa melalui atmosfer.
  2. Setelah hujan terjadi, terkadang akan muncul lengkungan cahaya di langit yang terdiri dari berbagai warna atau yang biasa disebut sebagai pelangi.
  3. Pelangi terbentuk karena adanya pembiasan sinar matahari yang dibelokkan.
  4. Polusi udara dapat bersumber dari berbagai macam substansi, antara lain asap kendaraan bermotor, asap pabrik, limbah industri, limbah rumah tangga, dan lain-lain.

Kalimat yang mengandung konjungsi kronologis adalah kalimat bernomor ....

A

1 saja

B

1 dan 2

C

1, 2, dan 3

D

semua kalimat mengandung konjungsi kronologis

Pembahasan:

Konjungsi kronologis adalah jenis konjungsi yang menggabungkan dua kalimat yang menggambarkan adanya urutan kejadian. Contoh konjungsi kronologis adalah kemudian, lalu, setelah itu, pada akhirnya, dan sebagainya.

Mari kita cermati kalimat-kalimat tersebut.

  1. Proses terjadinya efek rumah kaca dimulai saat panas matahari merambat dan masuk ke permukaan bumi, kemudian panas matahari tersebut akan dipantulkan kembali oleh permukaan bumi ke angkasa melalui atmosfer. Pernyataan ini mengandung konjungsi kronologis dengan kata konjungsi kemudian.
  2. Setelah hujan terjadi, terkadang akan muncul lengkungan cahaya di langit yang terdiri dari berbagai warna atau yang biasa disebut sebagai pelangi. Pernyataan ini mengandung konjungsi kronologis dengan kata konjungsi setelah.
  3. Pelangi terbentuk karena adanya pembiasan sinar matahari yang dibelokkan. Pernyataan ini tidak mengandung konjungsi kronologis.
  4. Polusi udara dapat bersumber dari berbagai macam substansi, antara lain asap kendaraan bermotor, asap pabrik, limbah industri, limbah rumah tangga, dan lain-lain.Pernyataan ini tidak mengandung konjungsi kronologis.

Sehingga, kalimat yang mengandung konjungsi kronologis adalah kalimat bernomor 1 dan 2.

Bahasa Indonesia Kelas 8 Menulis Teks Eksplanasi Isi, Struktur, dan Kaidah Bahasa Teks Eksplanasi KD3.10
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 44.164 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini