Bank Soal Bahasa Indonesia SMP Struktur dan Kebahasaan Teks Eksposisi

Soal

Pilgan

Cermati penggalan teks eksposisi berikut!

(1) Jepang adalah negara modern yang kultur masyarakatnya masih bersifat patriarkis. (2) Ciri utamanya adalah masih maraknya anggapan bahwa perempuan harus didomestikasi. (3) Perempuan dibebani kewajiban mengurus anak dan rumah, sementara pekerjaan di luar diurus sepenuhnya oleh suami. (4) Pandangan seperti itulah yang melahirkan sikap bias gender dari para pejabat eksekutif di Tokyo Medical School soal karier dokter perempuan, ketakutan akan kekurangan staf kesehatan perempuan jika mereka memutuskan untuk punya anak, hingga munculnya praktik manipulasi skor ujian masuk.

(Sumber: tirto.id, dengan penyesuaian)


Kata teknis domestikasi pada kalimat kedua paragraf tersebut berarti ....

A

pembatasan ruang gerak perempuan ke area dalam bidang domestik saja atau bidang kerumah tanggaan

B

pemberian kebebasan bagi perempuan untuk berpendapat

C

dominasi wanita setelah emansipasi wanita

D

pembatasan ruang gerak laki-laki dalam bekerja di rumah

Pembahasan:

Kata teknis merupakan suatu istilah di dalam topik yang dibahas. Semisal kita memiliki topik mengenai media sosial, maka kata teknis yang bisa digunakan antara lain database, server, akun, hacker, dan sebagainya.

Di soal ditanyakan mengenai kata teknis domestikasi. Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), domestikasi berarti penjinakan hewan liar atau hewan buas dan sebagainya. Namun, di dalam penggalan teks tersebut, kata domestikasi digunakan untuk menggambarkan kondisi housewifization atau pengiburumahtanggaan kaum perempuan. Istilah domestikasi yang berarti proses pembatasan ruang gerak perempuan ke area dalam bidang domestik perempuan saja. Istilah ini diperkenalkan oleh salah satu tokoh yaitu Maria Miez dan sudah jarang digunakan pada era saat ini. Menurut Mies, pengiburumahtanggaan merupakan proses pendefinisian sosial perempuan sebagai ibu rumah tangga terlepas dari apakah mereka memang ibu rumah tangga atau bukan. Implikasi pendefinisian semacam ini ialah bahwa mereka dianggap secara ekonomis tergantung pada suami. Hal ini sangat cocok dengan konteks budaya patriarki Jepang yang terdapat di dalam teks.

Sehingga, kata teknis domestikasi pada kalimat kedua paragraf tersebut berarti pembatasan ruang gerak perempuan ke area dalam bidang domestik saja atau bidang kerumah tanggaan.

K13 Kelas VIII Bahasa Indonesia Menulis Teks Eksposisi Struktur dan Kebahasaan Teks Eksposisi Skor 2
KD3.6 LOTS Memahami
Video
10 Mei 2022
Struktur dan Kebahasaan Teks Eksposisi | Bahasa Indonesia | Kelas VIII
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4 | Tema 1 Indahnya Kebersamaan | Subtema 1 Keragam...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal