Bank Soal Biologi SMA Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan

Soal

Pilgan

Perbedaan panjang penyinaran antara satu daerah dengan daerah lainnya dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan tumbuhan. Respons tumbuhan terhadap lama penyinaran tersebut dinamakan ....

A

fotoperiodisme

B

geoperiodisme

C

short day plant

D

long day plant

E

neutral day plant

Pembahasan:

Respon tumbuhan terhadap lama penyinaran tersebut dinamakan fotoperiodisme. Fotoperiodisme merupakan respon tumbuhan terhadap panjang penyinaran yang meliputi masa dormansi, pertumbuhan dan perkembangan akar, reproduksi tumbuhan serta kemampuan berbunga. Respon ini dikendalikan oleh pigmen fitokrom yang mengabsorbsi cahaya. Pada daerah beriklim tropis, panjang penyinaran sekitar 12 jam. Berbeda halnya dengan daerah Eropa yang memiliki panjang penyinaran selama 16-20 jam.


*Short day plant (tumbuhan berhari pendek), merupakan tumbuhan yang akan berbunga jika periode gelap lebih panjang daripada periode terang.

*Long day plant (tumbuhan berhari panjang), merupakan tumbuhan yang akan berbunga jika periode terang lebih panjang daripada periode gelap.

*Neutral day plant (tumbuhan berhari netral), merupakan tumbuhan yang akan berbunga jika sudah mencapai tingkat kematangan tertentu, tidak bergantung dengan panjang penyinaran.

K13 Kelas XII Biologi Biologi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan Skor 1
LOTS Mengetahui
Video
28 Februari 2022
Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan | Biologi | Kelas XII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal