Bank Soal IPS SD Pengaruh Interaksi Manusia

Soal

Pilgan

Eko mengajak Daniel bergabung dalam kelompoknya untuk melawan anak-anak dari sekolah lain. Jika Daniel menerima ajakannya, maka situasi yang akan timbul adalah ....

A

merugikan lingkungan sekitar dengan aksi tersebut

B

sekolah Daniel dan sekolah lainnya menjadi lebih damai

C

Eko dan Daniel dapat bermain dengan anak-anak sekolah lain

D

ikatan persaudaraan antara sekolah Daniel dan sekolah lain semakin kuat

Pembahasan:

Interaksi adalah hal umum yang dilakukan oleh manusia dan sesama dalam kehidupan sehari-hari. Interaksi dapat terjadi setiap saat antara manusia dan lingkungannya.

Eko mengajak Daniel untuk melakukan aksi perlawanan terhadap anak-anak sekolah lain. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor iri, sakit hati atau kesalahpahaman terhadap sesama. Jika Daniel menerima ajakannya dan aksi mereka terjadi, maka ini termasuk dalam interaksi yang memberi dampak negatif yaitu merugikan lingkungan sekitar dengan aksi tersebut.

Tidak hanya merugikan lingkungan sekitar, namun juga dapat merugikan Eko, Daniel dan anak-anak sekolahan, misalnya mengalami luka atau cedera. Situasi masyarakat yang awalnya aman, menjadi terancam akibat aksi tersebut. Ini merupakan salah satu contoh interaksi yang sangat dilarang dan tidak diperbolehkan, karena akan menimbulkan pertikaian dan perpecahan antar sesama manusia.


*Sementara itu, jika Daniel dan Eko memiliki hubungan baik dengan sekolah lain, maka dampak positif yang timbul adalah sekolah Daniel dan sekolah lainnya menjadi lebih damai, Eko dan Daniel dapat bermain dengan anak-anak sekolah lain dan ikatan persaudaraan antara sekolah Daniel dan sekolah lain semakin kuat.

K13 Kelas V IPS Sosiologi Interaksi Manusia dengan Lingkungan Pengaruh Interaksi Manusia Skor 3
KurMer Kelas IV IPAS Interaksi sosial di tempat tinggal dan sekolah Skor 3
Mengaplikasikan LOTS
Video
27 Juli 2020
Pengaruh Interaksi Manusia | IPS | Kelas V
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal