Cermati penggalan drama berikut!

Suasana jalanan tampak lenggang. Lampu-lampu taman menyala temaram dalam kegelapan malam. Suara jangkrik sampai terdengar karena jalanan sangat sepi. Langkah kaki dua orang yang berjalan santai di malam hari tiba-tiba terdengar diiringi gelak tawa.

Parti: Bahkan aku nggak menyangka dia akan mengatakan hal tersebut!

Dono: (tertawa) Betul! Kupikir dia hanya akan diam saja! Benar-benar akhir yang tidak tertebak!


Kata tidak baku dan pembenarannya yang tepat dalam penggalan naskah drama tersebut adalah ....

A

lenggang → lengang

B

menyangka → meyangka

C

temaram → termaram

D

gelak → galak

Pembahasan:

Kata baku adalah salah satu unsur kebahasaan yang penting dalam drama. Kata baku memiliki pengertian yaitu kata yang sudah sesuai dengan kaidah kebahasaan bahasa Indonesia yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kata baku sering digunakan dan diperhatikan saat menulis suatu tulisan yang bersifat resmi.Mari kita melihat pilihan jawaban tersebut dan mencocokkannya dengan pengertian yang ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

  • Menyangka (bentukan kata dari kata dasar sangka dan awalan me-) berarti 1 menduga; mengira; 2 mencurigai; menaruh syak. Sehingga menyangka merupakan kata baku.
  • Temaram berarti remang-remang. Sehingga temaram merupakan kata baku.
  • Gelak berarti suara tertawa yang keras. Di dalam kalimat tersebut gelak tawa merupakan suatu rangkaian frasa. Sehingga gelak termasuk kata baku.
  • Lenggang tidak memiliki pengertian di KBBI sehingga lenggang tidak termasuk kata baku. Kata baku dari lenggang adalah lengang yang berarti 1 sunyi sepi; tidak ramai; tidak banyak orang (tentang dusun, pesta, dan sebagainya); 2 sepi; sunyi; tidak sibuk.

Sehingga apabila kita simpulkan berdasar analisis tersebut, kata tidak baku dan pembenarannya yang tepat dalam penggalan naskah drama tersebut adalah lenggang → lengang.

Bahasa Indonesia Kelas 8 Menulis Drama Struktur dan Kebahasaan Teks Drama KD3.18
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 43.923 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini