Perhatikan teks ulasan berikut!

(1) Disney mempersembahkan film live-action petualangan terbaru berjudul "Christoper Robin". (2) Film ini mengangkat cerita lama dengan sentuhan baru, seolah melanjutkan kisah Christopher Robin dengan teman-temannya, Pooh, Piglet, Eeyore dan Tiger yang tinggal di hutan Hunded Acre. (3) Diketahui, Christopher Robin dan Winnie The Pooh pertama kali muncul dalam buku karangan A. A. Milne yang berjudul When We Were Very Young tahun 1924. (4) Kisah A.A Milne tentang imajinasinya semasa kecil kemudian diangkat menjadi film dokumenter tentang dirinya. (5) Kumpulan cerita karangan Milne ini kemudian dipublikasikan tahun 1926 dan menjadi salah satu buku anak-anak terpopuler sepanjang masa.

(disadur dari: www.tabloidbintang.com)


Kalimat sumbang yang terdapat pada teks ulasan tersebut ditandai dengan nomor ....

A

(2)

B

(3)

C

(4)

D

(5)

Pembahasan:

Kalimat sumbang adalah kalimat yang tidak mendukung atau bertolak belakang dengan kalimat utamanya. Kalimat sumbang disebut pula dengan kalimat tidak padu. Secara umum, kalimat ini merupakan penggalan kalimat penjelas yang tidak mengacu pada informasi utama yang disampaikan oleh penulis.

Berdasarkan teori tersebut, kalimat sumbang pada penggalan teks ulasan tersebut ditandai dengan nomor (4) "Kisah A.A Milne tentang imajinasinya semasa kecil kemudian diangkat menjadi film dokumenter tentang dirinya", Hal ini dikarenakan kalimat tersebut tidak mendukung kalimat ke (3) tentang tulisan karya A.A Milne

Bahasa Indonesia Kelas 8 Menulis Teks Ulasan Struktur dan Kebahasaan Teks Ulasan
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 44.579 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini